Contoh Teks Deskripsi Bertema Obyek Wisata

Contoh Teks Deskripsi

Struktur Teks Teks
Judul Pantai Jumiang Pemekasan
Pernyataan

Umum

Tuhan menciptakan alam semesta beserta isinya untuk dimanfaatkan oleh manusia. Salah satu ciptaan Tuhan yang yang bermanfaat bagi manusia adalah pantai. Pantai Jumiang merupakan salah satu pantai yang keberadaannya sangat bermanfaat bagi manusia disekitarnya.
Uraian  bagian- bagian Pantai Jumiang merupakan pantai yang ada di Pulau Madura, tepatnya di Desa Tanjung. Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan. Pantai ini berjarak sekitar 12 km dari pusat kota Pamekasan, Jalan menuju objek wisata ini kondisinya beraspal cukup baik. Kendaraan yang berlalu lalang     tidak    banyak,    sehingga  perjalanan     dengan menggunakan mobil dapat ditempuh dalam waktu 10 menit dari Kota Pamekasan.
Pantai Jumiang memiliki pemandangan alam yang tidak jauh berbeda dengan wisata Tanah Lot di Bali. Di pantai Jumiang banyak batu karang yang sangat kokoh walaupun berkali-kali diterjang ombak. Ombak yang menghantam karang-karang tersebut menyuguhkan pemandangan yang sangat indah untuk dilihat. Ombak yang bergulung- gulung berkejaran dari laut lepas.

Kalau berjalan mu;ai dari arah barat, kita akan menjumpai aneka pepohonan  yang mengitari Pantai Jumiang, mulai dari pohon mimba, kosambi, malandingan, bahkan semak- semak  yang  makin  menambah  uniknya  Pantai  Jumiang. Apabila  melihat  selatan,  kita  akan  terpesona  luas  dari indahnya laut, ombak bergulung-gulung saling berkejaran, serta bebatuan yang membentuk rongga yang eksotik. Lain halnya apabila pandangan kita arahkan ke Utara Pantai Jumiang. Kita akan menyaksikan hamparan sawah, para petani    yang    mengolah     sawah,    dan     burung-burung bertebangan yang melengkapi pesona Pantai Jumiang. Terdapat pemandangan yang cukup mencolok di Pantai Jumiang. Di tengah-tengah Pantai Jumiang terdapat sebuah makam    yang   disakralkan    oleh    masyarakat    setempat.

Makam tersebut banyak dikunjungi oleh orang-orang yang mempunyai  tujuan  tertentu.  Pada  malam  Jumat  manis makam tersebut lebih ramai daripada hari-hari biasanya.

(Sumber: Mahsun, 2018)

Sumber: Modul 1 Pendalaman Materi Bahasa Indonesia PPG PGSD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 2019

Bagikan tulisan ini:

Oleh Agus Siswoyo

Teacher in real life, story teller and Indonesian blogger.