Bebasan: Pitik Trondhol Diumbar Ing Padaringan

PAUD Ar-Rahman Jombang Kembangkan Pendidikan Berbasis Karakter
PAUD Ar-Rahman Jombang Kembangkan Pendidikan Berbasis Karakter

Arti bebasan Jawa “Pitik trindhol diumbar ing padaringan” adalah “Wong ala dipasrahi tunggu barang aji”. Pitik trondhol dalam bahasa Jawa adalah anak ayam yang berumur kurang dari satu bulan. Sedangkan padaringan adalah tempat penyimpanan gabah dan beras yang menjadi cadangan makanan bagi sebuah keluarga. Ketika sekumpulan ayam kecil dibiarkan berada di gudang makanannya, besar kemungkinan mereka akan menghabiskan beras tersebut.

Dalam kehidupan di masyarakat, seringkali kita mendapatkan kenyataan penguasa kecil yang hidup di daerah tertentu berperilaku tidak amanah dalam mengelola kekayaan negara. Mereka yang masih muda-belia mudah tergoda harta, tahta dan wanita sehingga tidak mampu bekerja dengan profesional dan bertanggungjawab. Anak ayam yang mendapatkan kemudahan hidup sejak kecil tidak akan merasakan makna perjuangan bertahan hidup.

Ibarat memelihara sekumpulan anak ayam, kita hendaknya bijak menempatkan mereka dalam situasi yang tepat. Pengawasan intensif diperlukan agar mereka mampu mengendalikan tingkah-laku efektif dan tidak membiasakan diri berperilaku destruktif. Generasi muda tetaplah menjadi bagian penting dari harapan masa depan bangsa. Memberikan kepercayaan kepada mereka juga penting dilakukan agar terbentuk mental bertanggungjawab. Semoga terinspirasi.

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *