Contoh Pidato Dua Bahasa, Bahasa Indonesia dan Basa Jawa

Kesenian tradisional Jombang
Kesenian tradisional Jombang

Berbicara di depan umum menggunakan bahasa daerah saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi generasi muda. Makin rendahnya minat remaja untuk mempelajari bahasa daerah menyebabkan makin pudarnya budaya berbahasa dengan santun. Salah satu bahasa daerah yang berkembang di Indonesia adalah Basa Jawa. Basa Jawa masih sering digunakan penduduk Pulau Jawa dalam aktifitas kehidupan sehari-hari maupun dalam acara resmi di sekolah. Berikut ini contoh pidato dua bahasa yang menggunakan Bahasa Indonesia dan Basa Jawa. Semoga bermanfaat.

—– 0 ——

Assalammu’alaikum wr. wb.

Bapak Kepala Sekolah ingkang kinurmatan

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah,

Bapak/ Ibu guru ingkang satuhu luhuring budi

Yang kami hormati Bapak/Ibu guru,

Ugi mboten kesupen rencang-rencang ingkang kawula tresnani

Tak lupa, kawan-kawan yang saya cintai,

Sumangga langkung rumiyin sami ngaturaken puji syukur dumateng Gusti Maha Kuasa ingkang kepareng paring rahmat lan hidayahipun sehingga kita sedaya tasih saget kempal ing adicara menika kanthi mboten wonten alangan setunggal punapa. Sholawat saha salam senantiasa kita haturaken ndumateng Nabi Muhammad SAW ingkang kita tengga–tengga syafa’atipun mbenjang ing dinten akhir. Kanti ucapan Allahumma Sholli ‘Alaa Sayyidina Muhammad wa ‘alaa ali sayyidina Muhammad.

Pertama-tama, marilah kita mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita masih bisa berkumpul di acara ini tanpa suatu halangan apapun. Sholawat dan salam selalu kita sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW yang syafa’atnya selalu kita nantikan di hari akhir nanti. Dengan ucapan Allohumm sholli ‘alaa sayyidina Muhammad wa ‘alaa ali sayyidina Muhammad.

Para rawuh ingkang kinurmatan,

Hadirin yang kami hormati,

Kaping pisan ingkang kita sedaya perlu sadari lingkungan kuwi panggenan kangge kita sedaya nggantungake urip. Amargi menika kita sedaya kudu njagi lingkungan sae-sae, supados bumi ngasilaken keuntungan kangge kita sanes kerugian utawi bencana kangge kita.

Hal pertama yang perlu kita sadari adalah lingkungan merupakan tempat bagi kita semua dalam menggantungkan hidup. Oleh karena itu kita semua harus menjaga lingkungan sebaik-baiknya supaya bumi menghasilkan keuntungan untuk kita, bukan kerugian atau bencana untuk kita.

Para rawuh ingkang kinurmatan,

Para hadirin yang kami hormati,

Salah swijine cara supados lingkungan mboten maringi bencana kangge kita yaiku, njaga kebersihan lingkungan. Ategesipun kebersihan lingkungan ingkang salerese ya kuwi lingkungan kang layak kagem dipanggoni manungsa lan kesehatan manungsa saget terjaga. Amarginipun menika kita sedaya kudu njaga kebersihan lingkungan supados nyiptakaken urip ingkang layak lan sejahtera.

Salah satu cara agar lingkungan tidak memberikan bencana kepada kita adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan. Artinya, kebersihan lingkungan yang benar adalah lingkungan yang layak untuk ditempati manusia dan kesehatan manusia bisa terjaga. Oleh karena itu, kita semua harus menjaga kebersihan lingkungan supaya menciptakan hidup yang layak dan sejahtera.

Para rawuh ingkang kawula tresnani,

Hadirin yang kami cintai,

Njaga kebersihan lingkungan ya kuwi, cara kang becik kangge nyegah penyakit–penyakit ingkang teka ing musim udan kaya saiki. Njaga kebersihan lingkungan saget diwiwiti saking ngresiki sekolah ingkang kita tresnani SMA Islam Ngoro. Menawi sekolah kita resik tiyang sanesipun mboten sungkan kangge nyontoh kebiasaan becik kita sedaya. Kangge ngresiki sekolah kita iki, akibat sae ingkang saget kita petik ya kuwi sinau murid-murid dados nyaman amargi lingkunganipun resik.

Menjaga kebersihan lingkungan adalah cara yang baik untuk mencegah penyakit-penyakit yang datang di musim hujan seperti saat ini. Menjaga kebersihan lingkungan bisa dimulai dengan membersihkan sekolah yang kita cintai, SMA Islam Ngoro. Jika sekolah kita bersih, orang lain pun tidak ragu untuk mencontoh kebersihan bersih kita semua. Manfaat yang bisa kita petik dari aktifitas membersihkan sekolah kita adalah siswa-siswa merasa nyaman saat belajar karena lingkungannya bersih.

Cekap semanten ingkang saget kawula aturaken. Mbok bilih wonten klinta–klintunipun kula nyuwun agungin samudro pangapunten.

Cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Mohon  maaf apabila terdapat kesalahan dalam berbicara.

Wassalammu’alaikum Wr.Wb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *