Kang Becik Iku Lamun Ngerti Anane Bebrayanan Agung

Kegiatan Belajar Mengajar Guru dan Murid di Kelas II SDN Latsari Mojowarno Jombang Tahun 2016-2017 (23)Kegiatan Belajar Mengajar Guru dan Murid di Kelas II SDN Latsari Mojowarno Jombang Tahun 2016-2017
Kegiatan Belajar Mengajar Guru dan Murid di Kelas II SDN Latsari Mojowarno Jombang Tahun 2016-2017 (23)Kegiatan Belajar Mengajar Guru dan Murid di Kelas II SDN Latsari Mojowarno Jombang Tahun 2016-2017

Bagaimana kabar kawan blogger Jombang hari ini? The Jombang hadir ke hadapan Anda dengan artikel kata-kata mutiara Bahasa Jawa. Nasehat bijak Bahasa Jawa kali ini berbunyi: kang becik iku lamun ngerti anane bebrayanan agung, ing ngarso sung tulodho, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani. Kata-kata bijak Bahasa Jawa ini berarti bahwa orang yang baik mengerti adanya sesuatu yang agung yaitu didepan memberi contoh, ditengah memberi semangat, dari belakang memberi dorongan.

Pepatah ini dipopulerkan oleh Budi Utomo sebagai tokoh pendidikan di Indonesia. Pikiran Budi Utomo ini kemudian hari selalu dikutip untuk menciptakan sebuah gagasan pendidikan yang ideal tidak saja di sekolah tapi juga di masyarakat. Seorang guru harus memberi teladan tetapi dia harus tetap menyemangati dan mendorong murid untuk maju.

Seorang guru rela murid untuk maju. Seorang guru rela muridnya menjadi orang yang lebih hebat dari dirinya karena kebaikan pikirannya yaitu otak kanan yang berkembang dengan baik, selalu ingin lebih baik tanpa pamrih. Sifat ikhlas guru diuji saat masih mengajar murid di sekolah sampai dengan memberikan kesempatan bagi murid untuk mengaktualisasikan diri di tengah kehidupan masyarakat.

Guru yang kreatif akan disegani oleh murid sampai kapanpun. Tetapi apa jadinya jika guru memaksa menjadi guru tetapi tidak punya niatan untuk kebaikan dan kemajuan murid, otak kanan sang guru yang demikian tidak berkembang karena niatnya bukan lagi kebaikan murid. Semoga artikel kata-kata bijak Bahasa Jawa ini bermanfaat untuk Anda.

Daftar Pustaka:

Sudjono. 2013. Nguri-uri Pitutur Luhur Falsafah Adi Luhung. CV. Karya Mandiri Sentosa: Ngawi

3 Replies to “Kang Becik Iku Lamun Ngerti Anane Bebrayanan Agung”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *