Ojo Gebyah Uyah Podho Asine

Ride with the sun by Roger Duvoisin - a doodle art for the Asian folk tale
Ride with the sun by Roger Duvoisin – a doodle art for the Asian folk tale

Halo kawan blogger Jombang! Anda berjumpa lagi dengan The Jombang Taste. Masih membahas kata-kata bijak Bahasa Jawa, kali ini kita ulas nasehat bijak Boso Jowo yang berbunyi ojo gebyah uyah podho asine. Arti kalimat bijak Bahasa Jawa ini adalah agar Anda jangan asal menggeneralisir sebuah tindakan sama dengan tindakan pada umumnya. Kalimat bijak Bahasa Jawa ini juga bisa berarti bahwa perilaku seseorang belum tentu mencerminkan keadaan lingkungan tempat tinggalnya.

Jangan hanya karena satu kejadian lalu kita menyamaratakan semuanya. Gebyah-uyah itu adalah logika yang terbalik yang salah, makanya gebyah uyah disebut sebagai sebuah kesalahan. Dalam filsafat Yunani kita mengenal: bola itu bulat dan yang bulat itu menggelinding Sehingga menjadi: Bola itu menggelinding. Tapi logika ini tidak bisa dibalik dengan berkata semua yang menggelinding itu adalah bola.

Seperti itupun seharusnya penilaian kita pada orang lain, jangan hanya karena pengalaman jelek kita dengan etnis tertentu kemudian kita mencap bahwa semua orang dalam etnis tertentu itu jelek, jangan hanya karena punya masalah dengan seseorang di kampung sebelah lalu kita berkata bahwa semua orang kampung disebelah itu kurang ajar.

Jangan hanya karena beberapa orang murid ramai didalam kelas, lalu seorang guru menghukum semua murid yang ada didalam kelas. Itu namanya gebyah uyah. Sifat gebyah uyah ini adalah sesuatu yang tidak baik dan tidak diperbolehkan. Sifat gebyah uyah ini juga menandakan bahwa orang dengan sifat ini adalah orang yang suka grasa grusu, tidak mencoba meneliti terlebih dahulu sebelum memutuskan.

Padahal jelas sekali jika kita salah mengambil tindakan maka sungguh kita berada dalam kedzaliman yang nyata. Sifat gegabah atau grusa grusu adalah sesuatu yang jelek, sifat ini menandakan bahwa kita tidak berhitung tepat atas apa tindakan kita dan bagaimana tindakan kita. Semoga artikel kalimat bijak Bahasa Jawa ini bisa bermanfaat untuk Anda. Nantikan terus ulasan nasehat-nasehat bijak Bahasa Jawa hanya blog The Jombang Taste!

Daftar Pustaka:

Sudjono. 2013. Nguri-uri Pitutur Luhur Falsafah Adi Luhung. CV. Karya Mandiri Sentosa: Ngawi

2 Replies to “Ojo Gebyah Uyah Podho Asine”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *