Sing Sopo Salah Bakal Seleh

Ilustrasi manusia berburu macan - Gambar diambil dari Kompasiana.com
Ilustrasi manusia berburu macan – Gambar diambil dari Kompasiana.com

Halo kawan blogger Jombang! The Jombang Taste hadir kembali melalui artikel nasehat bijak dalam Bahasa Jawa. Siapapun tahu bahwa Bahasa Jawa adalah salah satu bahasa dengan struktur paling rumit sekaligus keindahan pesan moral yang terkandung di dalamnya. Kata-kata bijak Bahasa Jawa yang akan diulas The Jombang Taste kali ini berbunyi sing sopo salah bakal seleh. Kalimat bijak Boso Jowo ini kurang lebih berarti bahwa siapa saja yang salah akan segera tampak.

Bolehlah kita menyimpan bangkai tapi baunya akan tercium juga, bolehlah kita menampakkan kepura-puraan tapi kepura-puraan itu akan segera terungkap dan tersibaklah siapa diri kita sebenamya. Seseorang bisa saja berpura-pura dalam suatu masa tertentu tapi tak akan bisa berpura-pura secara terus menerus. Kepura-puraan adalah hal yang bersifat sementara dan mempunyai efek sementara pula.

Menurut Sudjono (2013), jati diri kita adalah siapa diri kita sebenarnya. Kepura-puraan dalam bahasa agama biasa disebut sebagai kemunafikan. Tapi selayaknya kepura-puraan, kemunafikan adalah sesuatu yang palsu pula, dan sesuatu yang palsu tak akan pernah sama dengan yang asli. Akan ada perbedaan kualitas di antara keduanya. Apalagi perkembangan internet saat ini memungkinkan bagi setiap orang untuk mengulik sisi rahasia orang lain dari kacamaa publik.

Semoga tulisan singkat mengenai kata-kata bijak Bahasa Jawa ini bisa memberi manfaat dan menginspirasi Anda untuk hidup lebih baik setiap hari.

Daftar Pustaka:

Sudjono. 2013. Nguri-uri Pitutur Luhur Falsafah Adi Luhung. CV. Karya Mandiri Sentosa: Ngawi

4 Replies to “Sing Sopo Salah Bakal Seleh”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *