Sing Sopo Seneng Ngrusak Ketenteramane Liyan Bakal Dibendu Dening Pangeran

Cerita Rakyat Sumatera Utara: Dongeng Asal Usul Danau Toba
Cerita Rakyat Sumatera Utara: Dongeng Asal Usul Danau Toba

Bagaimana kabar sobat blogger Indonesia? The Jombang Taste mengajak Anda untuk mengenal kata-kata mutiara Bahasa Jawa yang berbunyi: Sing Sopo Seneng Ngrusak Ketenteramane Liyan Bakal Dibendu Dening Pangeran Lan Diwelehake Dening Tumindake Dhewe. Artinya, barang siapa senang merusak ketenteraman orang lain, akan disiksa oleh Tuhan dan dipermalukan oleh perbuatannya sendiri. Kalimat bijak bahasa Jawa ini bisa Anda temukan dalam buku Falsafah Adi Luhung karya Sudjono.

Adakalanya, baik sengaja maupun tidak sengaja, kita terjatuh dalam sebuah perbuatan menyakiti orang lain. Dan sering kali bercanda yang keterlaluan menjadi awal mulanya. Oleh karena itu, kurangi bercanda yang tidak perlu. Waktu yang telah berlalu tidak akan pernah kembali. Sadarkah Anda bahwa segala hal yang Anda lakukan akan mendapatkan balasan dari Tuhan, dan sering kali balasan itu spontan dan adakalanya dalam jangka waktu yang lama. Balasan atas perbuatan kita dapat diberikan di dunia ini maupun kelak di akhirat.

Orang yang suka menyakiti orang lain maka hatinya akan merasa sakit diawal kalinya, jika terus dilakukan maka rasa sakit itu akan semakin sedikit, dan jika terus dilakukan maka ia akan terasa sebagai hal biasa saja. Dan saat itu terjadi maka hatinya telah berubah menjadi batu. Oleh karena itu, jangan membiasakan diri menyakiti hati orang lain. Janganlah berbuat sesuatu untuk memberikan pelajaran yang menyakitkan kepada orang lain meski Anda sebenarnya sangat menginginkan hal itu.

Jika tak ingin dipermalukan oleh Tuhan maka jangan sampai Anda mempermalukan sesama, jika tak ingin dimurkai Tuhan maka jangan menyakiti sesama. Dipermalukan adalah hal yang sangat tidak menyenangkan, apalagi jika Tuhan yang mempermalukan kita. Maka bagaimanakah kita bisa menghindar dariNya, maka jawabannya tidak bisa. Jika tak ingin disakiti jangan menyakiti, jika tak ingin dipermalukan jangan mempermalukan. Air di lempar memercik ke muka sendiri.

Demikian ulasan singkat The Jombang Taste terkait salah satu kat-kata mutiara Bahasa Jawa mengenai motivasi hidup. Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan Anda untuk meluangkan waktu lebih banyak dalam menggali khazanah budaya Nusantara.

Daftar Pustaka:

Sudjono. 2013. Nguri-uri Pitutur Luhur Falsafah Adi Luhung. CV. Karya Mandiri Sentosa: Ngawi

3 Replies to “Sing Sopo Seneng Ngrusak Ketenteramane Liyan Bakal Dibendu Dening Pangeran”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *