Suro Diro Jayaningrat, Lebur Dening Pangastuti

Dongeng Anak Islami di Kabupaten Jombang
Dongeng Anak Islami di Kabupaten Jombang

Bagaimana kabar sobat blogger Jombang hari ini? The Jombang Taste berbagi inspirasi kehidupan melalui kalimat bijak Bahasa Jawa yang berbunyi suro diro jayaningrat, lebur dening pangastuti. Arti kata-kata bijak Bahasa Jawa tersebut adalah segala sifat keras hati, picik, angkara murka, hanya bisa dikalahkan dengan sikap bijak, lembut hati dan sabar.

Memadamkan api bukanlah dengan api tetapi dengan air. Api bertemu api akan menghasilkan ledakan bara api yang dahsyat. Mengubah keras hati bukanlah dengan sama-sama keras hati tapi dengan lembut hati. Mengubah angkara murka bukanlah dengan melakulan keangkaramurkaan yang lain tetapi dengan bersikap bijak.

Yakinlah bahwa segala yang bathil akan selalu kalah dengan yang benar, saat kebathilan merajalela maka pada suatu saat akan datang kebenaran dan saat itulah kebathilan akan selalu dikalahkan. Tuhan tidak pernah tidur. Dia akan selalu melihat segala perbuatan Anda, entah baik dan buruk, maupun besar dan kecil yang tidak terlihat dalam pandangan mata manusia.

“Dan katakanlah (wahai Muhammad) telah datang kebenaran dan hilanglah kebathilan, sesungguhnya kebathilan itu pasti akan lenyap.” (QS. Al-Isra’: 81). Demikian Alloh menggambarkan dalam kalimat-Nya.

Dunia memang selalu mempertontonkan kebathilan dan kebenaran, saat hilang satu kebathilan maka pada suatu saat akan muncul kebathilan yang lain. Akan tetapi pula akan selalu muncul kebenaran dan kebathilanpun akan dikalahkan. Bolehlah kita dibenci orang tapi tak boleh kita membenci orang lain.

Karena pada orang yang hatinya penuh dengan welas asih maka tak tersedia sedikitpun kebencian dalam hatinya untuk bertempat tinggal. Orang yang penuh kebaikan tak akan sempat berpikir untuk berbuat kejelekan, karena yang ada dalam pikirannya adalah berbuat baik pada sesama. Semoga artikel nasehat bijak Bahasa Jawa ini bisa memberi manfaat bagi Anda. Nantikan inspirasi kehidupan berikutnya hanya di blog The Jombang Taste.

Daftar Pustaka:

Sudjono. 2013. Nguri-uri Pitutur Luhur Falsafah Adi Luhung. CV. Karya Mandiri Sentosa: Ngawi

2 Replies to “Suro Diro Jayaningrat, Lebur Dening Pangastuti”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *