Wong Kang Ora Gelem Ngudi Kebecikan Iku Prasasat Setan

ondel-ondel-jakarta-yang-ganteng
ondel-ondel-jakarta-yang-ganteng

Bagaimana kabar sobat blogger Jombang hari ini? The Jombang Taste kembali hadir menyapa Anda dengan artikel kata-kata bijak Bahasa Jawa. Kalimat bijak Bahasa Jawa kali ini berbunyi wong kang ora gelem ngudi kebecikan iku prasasat setan. Kata-kata mutiara Bahasa Jawa ini berarti bahwa orang yang tidak mau berbuat kebaikan adalah perbuatannya hampir mirip dengan setan.

Manusia diciptakan diatas muka bumi sebagai khalifah Alloh. Dan sebagai khalifah Alloh sungguh sepatutnya manusia mencerminkan nilai-nilai mulia ketuhanan. Dan setan adalah makhluk yang telah mendapatkan legitimasi dari Tuhan untuk menyesatkan manusia. Karena ia bertugas sebagai makhluk yang menyesatkan manusia.

Maka sifat-sifat yang dibawanya adalah anti-tesa dari apa yang diajarkan oleh Tuhan dan anti-tesa dari segala sifat kemuliaanNya, demikian Sudjono berpendapat. Kebaikan adalah ajaran Tuhan, dan para pelakunya adalah hambaNya. Dan setan, sebagai anti-tesa dari apa yang diajarkan oleh Tuhan tentu mengajarkan sebaliknya.

Manusia yang tidak mau berlaku baik berarti ia telah berada dalam pengaruh setan. Karena setan tak akan mau berbuat baik. Setan kerjanya buruk, perusak. Dalam pandangan psikologi, orang yang gemar berbuat jahat jelas otak kanannya tidak berkembang, bila diberi pengajaran otak depan prefrontal-nya tidak menerima norma baik maka akan berlanjut terus, tindakan jahat dan kasar berakibat melemahnya otak kanan.

Demikian artikel kata-kata bijak Bahasa Jawa bersama The Jombang Taste. Semoga tulisan ini bermanfaat dalam menambah semangat hidup Anda.

Daftar Pustaka:

Sudjono. 2013. Nguri-uri Pitutur Luhur Falsafah Adi Luhung. CV. Karya Mandiri Sentosa: Ngawi

5 Replies to “Wong Kang Ora Gelem Ngudi Kebecikan Iku Prasasat Setan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *