3 Cara Menginvestasikan Waktu Anda untuk Blogging dan Bisnis Online

Word Blog with colourful letters. 3D concept
Word Blog with colourful letters. 3D concept – Industri kreatif jaman now menuntut inovasi, passion, komitmen dan kepercayaan diri.

Hampir semua jenis profesi jaman now melibatkan teknologi internet agar dapat beroperasi secara optimal. Penting bagi kita semua untuk meluangkan waktu sejenak secara rutin agar melakukan aktifitas blogging dan bisnis online. Saya paham Anda termasuk orang sibuk dan memiliki jadwal kerja yang pasti. Namun sesibuk-sibuknya manusia, pasti ada waktu luang untuk beristirahat sejenak dan menginvestasikan waktu untuk hal-hal produktif dalam mengonlinekan bisnis. Itulah kunci sukses manusia modern yang orientasi berpikirnya sudah dipengaruhi oleh media dan informasi.

Perkembangan bisnis online di Indonesia tak terlepas dari kreatifitas para anak muda dalam industri kreasi. Bisnis online bukan hanya Google Adsense, tetapi semua jenis transaksi jual-beli barang dan jasa yang beroperasi menggunakan koneksi internet. Sekali online di internet, bisnis Anda akan dikenal orang selamanya. Ini sudah menjadi kebutuhan nyata bisnis jaman now. If you are not in Google search result, you are nothing. Jika bisnis Anda tidak ada dalam hasil pencarian Google, bisnis Anda dianggap tidak ada. Terdengar agak berlebihan bukan? Tapi itulah fakta yang terjadi saat ini.

Sementara orang lain asyik berhura-hura di waktu senggang mereka, Anda seharusnya memilih berinvestasi di bisnis online. Bisnis online tidak melulu berlangsung di situs blog pribadi. Bisnis yang berbasis di internet ini bisa juga terjadi di sosial media dan situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube maupun ratusan aplikasi belanja online yang kini menjamur di jagat dunia maya. 3 cara yang perlu Anda lakukan dalam berinvestasi waktu untuk membangun bisnis online adalah:

1. Rajin posting

Rajinlah posting artikel blog, update status WA, upload foto di Instagram, maupun membuat halaman penggemar di Facebook dan Google Maps. Ketekunan membangun dasar-dasar bisnis online berawal disini dan akan menjadi karakter Anda seterusnya. Jangan takut posting Anda dicontek. Lawan pencurian ide dengan balasan karya yang lebih inovatif lainnnya. Satu artikel blog setiap hari sudah cukup untuk memberi makan mesin spider Google. Tidak perlu khawatir tulisan Anda terlihat jelek. Teruslah tulis satu artikel baru setiap hari sampai Anda benar-benar menjadi ahli di bidangnya.

Gambar globe dengan tumpukan uang emas - gambar diambil dari Pinterest dot com
Gambar globe dengan tumpukan uang emas – gambar diambil dari Pinterest dot com sebagai ilustrasi investasi dalam bisnis online yang mengglobal.

2. Komitmen Tujuan

Lakukan kebiasaan efektif nomor satu di atas secara terus-menerus. Hal ini akan menguji komitmen Anda untuk mencapai tujuan sebenarnya dalam era bisnis kreatif di internet. Apakah tujuan Anda hanya untuk mendapatkan uang? Atau Anda ingin membangun personal branding dan kepercayaan publik terhadap profesi yang saat ini Anda tekuni? Tentukan tujuan blogging Anda. Semakin cepat Anda rangkai tujuan itu, semakin fokus langkah Anda dalam menggunakan waktu ngeblog. Fokus menjadi hal mahal sekarang karena banyak aplikasi Android yang menawarkan permainan seru dan menguras waktu Anda.

3. Manfaatkan Teknologi

Meski banyak orang menyebut dirinya sebagai pelaku bisnis online, namun tidak semuanya mampu memanfaatkan teknologi ini secara bijak dan tepat. Hal ini bisa terjadi dalam kesempatan waktu yang diabaikan orang. Misalnya Anda menulis draft artikel blog pribadi dalam notes smartphone sambil mengantre di depan petugas customer service bank. Kejenuhan menunggu antrean tidak akan Anda alami. Sebaliknya, Anda malah mempunyai cadangan sebuah artikel blog. Mungkin Anda terpikir untuk menggunakan jasa penulisan ghost writer, tapi itu pilihan terakhir saat Anda sudah terjebak dalam situasi pelik sehingga tidak ada waktu untuk ngeblog.

Waktu tidak dapat dibeli. Anda dan saya sama-sama memiliki jatah waktu 24 jam. Namun penggunaan waktu secara tepat mampu membedakan blogger satu dan blogger lain dalam mencapai sukses yang diharapkan. Ingatlah bahwa kesuksesan bisnis online tergantung durasi waktu yang Anda investasikan. Semakin banyak waktu yang Anda pakai untuk ngeblog, harapan sukses ngeblog dan bisnis online juga semakin besar. Berlaku juga sebaliknya. Investasi waktu Anda mungkin tidak langsung tampak hasilnya. Percayalah, hasil tidak akan mengkhianati proses yang Anda bangun dengan susah-payah.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda dalam menekuni blogging dan mengembangkan bisnis berbasis teknologi internet. Mari berkarya di jagat blogging!

Bagikan artikel ini melalui:

24 Replies to “3 Cara Menginvestasikan Waktu Anda untuk Blogging dan Bisnis Online”

  1. Ujung-ujungnya kok mengarah ke ghost writer. Hmmm…. profesi lama bersemi kembali nih. It’s oke. Ghost writer jaman skrg sdh pada pinter kok. Mereka nggak cuma nulis tp jualan juga.

  2. Semua jenis pekerjaan butuh komitmen dan pengorbanan. Bukan hanya blogging yg mampu menghasilkan uang, bahkan pengamen jalanan di lampu merah pun pakai manajemen kerja yg rapi.

  3. Blog pribadi adalah ladang online yg bisa menghasilkan uang. Kita harus sabar menanam dan memupuknya dgn konten yg berkualitas. One post per day sangat baik diterapkan jika kita ingin dpt hasil terbaik dari ngeblog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *