3 Keuntungan Memiki Blog WordPress Dengan Domain dan Hosting Berbayar

Tempat Bekerja Seniman di Belakang Layar
Tempat Bekerja Seniman di Belakang Layar

Pada saat baru memulai ngeblog, para blogger pemula biasanya lebih suka ngeblog gratisan di blogspot.com, wordpress.com, multiply.com dan beragam platform blogging gratisan lainnya. Namun seiring dengan berkembangnya aktifitas blogging maka kebutuhan ngeblog makin instens. Mungkin Anda mulai tertarik ikutan kontes blogging dan memikirkan membangun personal branding untuk dasar-dasar bisnis online mendatang. Untuk itulah Anda membutuhkan blog berbayar.

Blog berbayar disini maksudnya domain dan hostingnya nggak gratis. Kita butuh beli domain dan sewa hosting. Harganya bervariasi sesuai jenis paket hosting yang Anda pilih. Harga domain juga macam-macam tergantung ekstensinya. Lalu yang kedua adalah memilih platform ngeblog. CMS manakah yang sesuai dengan perkembangan dunia blogging? Hal ini sifatnya relatif dan tergantung kebiasaan Anda. Bagi yang suka dengan tampilan sederhana dashboard blogspot, mungkin Anda akan pakai CMS blogspot. Fitur blogspot telah mengalami banyak perkembangan dan menarik Anda coba.

Namun bila Anda berkepentingan dengan optimasi web dan kemudahan mengelola artikel, Anda bisa memakai CMS dari WordPress.Org. Banyak yang sudah pakai WordPress, bahkan sejumlah portal berita Amerika juga pakai WordPress. Mengapa harus WordPress dan versi berbayar? Blog WordPress berbayar memiliki sejumlah keunggulan, diantaranya adalah:

1. Memiliki ribuan plugin dengan ribuan manfaat.

Plugin WordPress adalah tool yang sangat bermanfaat bagi blogger dalam mengelola blog. Manfaat plugin WordPress bermacam-macam tergantung tujuan Anda. Misalnya, untuk tujuan SEO, kemudahan berbagi ke social media, menampilkan artikel yang terkait dnegan yang Anda baca, mencegah copy paste artikel, melakukan backup database secara otomatis, menampilkan galeri foto dan lain-lain. Jumlah plugin yang ada dalam galeri WordPress.Org tiap hari selalu bertambah. Anda tinggal memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan tidak menimbulkan crash.

2. Bebas menampilkan iklan dan link affiliasi.

Meski saat ini WordPress.Com mulai berbenah diri dengan memperbolehkan blogger menayangkan iklan, namun WordPress berbayar tetap unggul dalam keleluasaan blogger menjadi publisher iklan. Kita bebas melakukan monetasi web dengan cara menampilkan iklan banner, info website layanan ghost writer, iklan baris, paid review, link affiliasi, jual beli backlink dan lain-lain. Pendapatan yang Anda peroleh akan diterima utuh dan tidak akan dibagi dengan WordPress.Org Lain halnya jika memakai WordPress.com Anda akan dikenai pembagian hasil income.

3. Lebih baik dalam membangun kepercayaan publik.

Dengan memiliki blog berbayar maka Anda akan lebih mudah membangun personal branding di internet. Hal ini penting dilakukan terutama bagi Anda yang memiliki minat membangun bisnis online jangka panjang. Penjelasan sederhananya adalah orang akan melihat keseriusan kita dalam berjualan produk atau jasa di internet. Jika jualan saja tidak mau keluar modal apakah itu artinya dia serius dengan bisnisnya? Orang yang baru kenal akan bertanya-tanya. Meski hal ini tidak menjadi alasan utama mengapa banyak pebisnis online sukses, namun dengan memiliki blog berbayar akan memudahkan Anda membangun persepsi bagus di mata masyarakat.

Itulah beberapa keunggulan memiliki blog pribadi dengan memakai WordPress, domain berbayar, dan hosting berbayar. Bagaimana dengan pengalaman Anda selama ini ketika ngeblog memakai WordPress? Silakan berbagi di ruang komentar.

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

53 thoughts on “3 Keuntungan Memiki Blog WordPress Dengan Domain dan Hosting Berbayar”

  1. Assalamu’alaykum mas agus… 🙂

    wah blognya makin mantabs nih… mengenai pengalaman ngeblog saya masih “nol puthul” nih apalagi wordpress, maklum pemula jadi ya masih harus banyak belajar dan silaturahmi terutama ke bloger yang udah master seperti sampeyan. Sebelum menggunakan blogspot saya pernah juga pake wordpress, tapi karena yang gratisan fiturnya terbatas jadi jarang diupdate. Tapi insya Allah itu proyek beberapa bulan kedepan, khususnya untuk aktifitas ngeblog sebagai “personal branding” sebagaimana mas Agus singgung diatas.. 🙂

    mantabs mas…

  2. kalau manfaat dari WP salah satu na adalah, untuk menampilakan sesuatu ngga perlu menghafal koding njlimit tp tinggal menginstal plugin. lain hal na dengan blogger, klo ngga ngerti mah harus menggunakan koding yg lumayan rumit bagi pemula [ just pendapat qu loh, klo salah harap diperbaiki ]…

  3. saya pernah pake dua platform, blogspot untuk onlinejaya.com dan wordpress untuk fileindo.com
    tapi, permasalahan terjadi ketika kita ingin mendesain pada wordpress kita, saya sangat kesulitan untuk kodingnya, beda dengan blogspot yang full access untuk desainnya. dan juga tergantung ketangguhan hostingnya, terkadang, hosting yang tidak tangguh akan menyebabkan blog kita sering down. tapi ada hal baiknya juga, blog dengan hosting lokal, lebih cepat proses loadingnya, dan permalinknya yang bisa diubah, bagus untuk SEO. salam dari Newbie. hehehe.

  4. Sekedar sharing, kita pernah pake plugin macem-macem. Waktu visitor “mbludak”, malah blog disuspend sama yg punya hosting. Ngabisin resources katanya…
    Saran saya, gunakan plugin secukupnya aja…

    salam kenal

  5. Hm.. pernah liat di situs wordpress, ada keuntungan pake yang gratis atau yang berbayar. Kalau yang gratis (nebeng domain wordpress.com) datanya akan aman, dan server tidak akan down karena ada banyak server yang dijamin top kualitasnya, dijamin sendiri sama WordPress nya.

    Tapi saya juga tetep pake yg hosting sendiri :p

  6. Saya sangat setuju dengan anda. Bahwa blog berbayar memang lebih dipercaya dari pada blog gratisan. Terbukti dengan smakin banyak pengunjung yang datang ke blog berbayar yang saya kelola. Tapi tentu saja tidak hanya berbayar saja yang jadi fokus kita. Tetap rajin posting juga kunci kepercayaan public.

  7. This is the smart weblog. I mean the software. You have a great deal knowledge about this, and so a great deal passion. You will also know how to make people rally associated with it, certainly from the side effects. Youve became a style here it is really not too flashy, but is really a statement the size of what you happen to be saying. Best wishes, indeed.

  8. Menggunakan hosting memang memiliki keunggulan lebih jika dibandingkan dengan gratisan dari wordpress.com. Namun, jika Anda ingin ber-eksperimen dan tidak memiliki hosting sendiri, silahkan gunakan layanan hosting gratis dari idhostinger. Silahkan cek di
    Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

  9. Good post. I study something more difficult on totally different blogs everyday. It would always be stimulating to learn content material from other writers and practice just a little something from their store. I’d favor to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll offer you a hyperlink on your web blog. Thanks for sharing.

  10. Good post. I study something more difficult on totally different blogs everyday. It would always be stimulating to learn content material from other writers and practice just a little something from their store. I’d favor to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll offer you a hyperlink on your web blog. Thanks for sharing.

  11. kalau boleh tau wordpress berbayar selama setahun berapa ya harga nya + hosting berbayarnya???
    mau buat blog berbayar takut banyak pengeluaran….
    tolong dibalas ya

    *CAH kab.TULUNGAGUNG

      1. Coba ganti dengan file yg baru mas. atau update wp-includes nya. soale bahaya itu filenya kelihatan di publik 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *