5 Tips Memilih Program Kasir untuk Bisnis Anda

contoh program kasir…

Saat ini, teknologi khususnya teknologi informasi sudah semakin berkembang dan berpengaruh ke segala bidang. Salah satunya dalam bidang software. Software saat ini berkembang bukan hanya untuk OS komputer namun juga untuk yang lainnya. Salah satunya yaitu dalam penanganan transaksi dalam suatu toko ritel seperti supermarket, cafe, restoran, toko fashion, dan lainnya.

Program kasir atau software point of sale, diperkenalkan pertama kali pada tahun 1974 di Departemen Store Dillard dan toko Pathmark, New Jersey. Oleh William Brobeck and Associates disempurnakan dengan dilengkapi microprocessor untuk waralaba McDonald pada tahun tersebut.

Di Indonesia sudah banyak perusahaan yang mengembangkan program kasir ini untuk membantu ribuan bisnis yang membutuhkan software ini. Namun, untuk memilih program kasir yang tepat dan terbaik, Anda perlu mempertimbangkan tips dibawah ini agar bisnis Anda lebih berkembang.

1. Sesuaikan dengan Jenis Bisnis Anda

Program kasir ini berbeda untuk setiap jenis bisnis. Misal program untuk bisnis minimarket, tidak cocok dipakai untuk bisnis boat cushion. Program untuk bisnis boat cushion, tidak cocok untuk bisnis restoran. Jadi, usahakan Anda konsultasikan terlebih dahulu, apakah perusahaan tersebut menyediakan program kasir untuk jenis bisnis yang berbeda. Jika ada, maka perusahaan tersebut benar-benar serius mengembangkan program tersebut.

2. Perhitungan Transaksi Akurat

Hal ini jelas sangat penting bagi suatu bisnis. Perhitungan transaksi yang akurat dapat memetakan lebih jelas untung dan rugi dari bisnis tersebut. Apalagi jika transaksi bisnis Anda sudah mencapai ribuan lebih.

3. Mudah Digunakan

Program kasir yang baik yaitu program yang dapat dengan mudah dioperasikan oleh orang awam sekalipun. Semakin mudah pengoperasiannya maka akan semakin mempercepat pelayanan Anda kepada pelanggan sehingga dapat menambah citra bisnis Anda.

4. Berbasis Cloud System (internet)

Saat ini penyimpanan data dan lainnya sudah menggunakan sistem cloud dimana data dan software disimpan diinternet. Program kasir yang memiliki cloud system lebih cepat pengoperasiannya.

5. Harga yang Kompetitif

Cermati harga dengan fitur-fitur yang disediakan oleh pengembang program kasir tersebut. Apakah sesuai harga dengan fitur yang ditawarkan. Jangan sampai sudah membayar mahal namun fiturnya kurang lengkap.

Itulah kelima tips untuk memilih program kasir yang tepat dan terbaik bagi bisnis Anda. Program kasir yang tepat dapat meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan perkembangan bisnis Anda. Jadi, jangan sampai salah memilih yang berakibat menurunnya omset dan citra bisnis Anda.

Penulis oleh Fadli Firmansyah
Twitter : @fadfir

Published by

Fadli Firmansyah

Blogger yang sedang belajar untuk mendapatkan penghasilan di dunia online/internet marketing. :)

2 thoughts on “5 Tips Memilih Program Kasir untuk Bisnis Anda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *