Apakah Kerja Keras Bisnis Online Memerlukan Sikap Santai?

Bukan saatnya untuk mengadu otot apalagi pikiran dalam bekerja keras di bisnis online. Oleh karena itu, mengalah merupakan jurus terakhir yang ampuh. Kendati suara kita mampu membelah bumi, janganlah kita menjadi orang yang arogan. Perlu kita hindari prasangka buruk namun tegakkan kewaspadaan. Dengan demikian kerugian akan terhindar, peluang masih mampu ditingkatkan.

Trend bisnis online tahun ini amat berbeda dengan tahun lalu. Jika tahun lalu bisnis online terasa sangat mudah dijalankan, maka tahun ini memerlukan pengorbanan dan inovasi yang lebih besar. Mengapa? Karena Google sebagai search engine terpopuler telah mengubah sejumlah ketentuan mendasar, baik dalam hal hal kebijakan privasi maupun algorithma yang mereka gunakan.

Kerja keras masih menjadi kebutuhan utama dalam membangun pondasi bisnis internet yang berkelanjutan. Dari sudut pandang motivasi bisnis, kerja keras merupakan aktifitas banting-tulang dengan segenap kemampuan dan modal bisnis internet. Semangat dan motivasi diri menjadi energi terbesar bagi pertumbuhan bisnis di internet. Peran motivasi diri jauh lebih besar daripada kemampuan intelijensi seseorang.

Di lain pihak, ada sebagian pebisnis online yang tidak mengidentikkan arti kerja keras dengan membanting-tulang dan meniadakan aspek refreshing. Bagi mereka, refreshing hanya dapat dinikmati bila pekerjaan benar-benar selesai. Gambaran ini merupakan contoh kecil daripada perbedaan atau konflik pandang dari dua type pebisnis online yang ada saat ini.

Kendali Diri Ketika Bersikap Santai

Bukan langkah bijaksana untuk membuat sikap yang menimbulkan pertentangan bisnis online pada tahun ini. Meski demikian, berleha-leha di tengah kondisi tidak selaras akan menyebabkan resiko yang buruk. Apalagi bila ditambah dengan kondisi motivasi diri yang naik-turun, maka sikap terlalu santai akan membawa dampak negatif. Terlalu asyik dengan kenyamanan hidup akan menghilangkan sikap waspada pada kemungkinan buruk di masa depan.

Jadi, apakah kerja keras perlu melibatkan sikap santai dalam hidup? Jawabnya tergantung karakter masing-masing orang. Ada sebagian orang yang memiliki kemampuan mengelola motivasi diri dengan baik tanpa memerlukan dukungan dari lingkungan. Sebaliknya, ada orang yang membutuhkan dorongan motivasi dari luar untuk memberikan semangat dalam hidup. Kelompok kedua ini memiliki kemampuan mengendalikan diri yang lemah sehingga sikap santai bukan cara yang tepat untuk mengimbangi kerja keras.

Kemampuan mengendalikan diri dan bersikap fleksibel pada waktunya akan menghasilkan ketepatan pengambilan keputusan dalam bisnis online. Sikap santai ada waktunya tersendiri untuk mengimbangi kepenatan hidup. So, be wise with your own time! Mudah-mudahan artikel ini bisa memberi tambahan motivasi bagi perkembangan bisnis online Anda. Enjoy blogging, enjoy writing!

One Reply to “Apakah Kerja Keras Bisnis Online Memerlukan Sikap Santai?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *