Apakah Kita Butuh Melakukan Riset Keyword?

Gambar diambil dari medium.com
Gambar diambil dari medium.com

Riset keyword adalah sebuah cara yang biasa digunakan oleh seseorang, untuk mendapatkan kata kunci yang tertarget, untuk mendatangkan traffic kedalam sebuah website.

Penggunaan Riset Keyword sendiri, biasa digunakan dalam beberapa hal. Bisa untuk sebuah website yang menjual produk, atau bahkan untuk meningkatkan SEO didalam sebuah blog.

Singkatnya, manfaat dari Riset Keyword adalah untuk mengetahui apa saja kata kunci yang di cari pengguna di google, supaya nantinya bisa dimanfaatkan oleh pemilik website sebagai bahan artikel di website.

Lantas, bagaimana cara melakukan Riset Keyword untuk sebuah website?

1. Menggunakan Google Trends

Kalian bisa menggunakan layanan Google Trends untuk mencari kata kunci yang sedang naik daun. Google trends juga menyediakan berbagai macam kategori, sehingga kalian bisa memilih pada topik apa kalian ingin melihat trends tersebut.

2. Menggunakan Tools Riset Keyword Gratis

Memangnya Google Trends berbayar ya? – nggak kok, Google Trends sendiri juga gratis, hanya saja terbatas dengan fitur nya. Seperti yang di kutip dari aksesdigital.com, selain menggunakan Google Trends, kalian bisa menggunakan Tools untuk riset keyword gratis, seperti Ubersuggest, SEMRush, dan masih banyak lagi. Sebagian memang ada yang menyediakan gratis, namun untuk mendapatkan full fiturnya, kalian harus melakukan pembayaran.

Information overload. Conceptual image of male and female figures with an array of television images that are breaking over them in a wave. This image may represent the concept of information overload, where too much information is provided and it becomes difficult to select what is needed.
Perusahaan keuangan berbasis teknologi kini makin memudahkan transaksi manusia modern.

3. Menggunakan Google Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah layanan gratis dari Google Ads, yang berguna untuk para pengiklan awam, atau bahkan professional. Keyword Planner biasa digunakan untuk membuat sebuah campaign search network baru. Kalian bisa menggunkana Keyword Planner, untuk melakukan penelusuran kata kunci, dan melihat performa dari kata kunci tersebut.

4. Melihat Kompetitor

Ketika melakukan riset keyword, kita tidak cukup selesai sampai sini saja. Tidak cukup hanya sekedar mendapatkan kata kunci yang memang di targetkan. Kalian juga harus melihat seberapa sulit kah kata kunci tersebut untuk mendapatkan rank-up pada pencarian Google.

Gunakan keyword atau kata kunci yang memiliki potensi yang cukup, untuk mendapatkan rank up di Google, terutama pada halaman pertama. Hal ini bisa menjadi langkah awal untuk melakukan Riset Keyword.

5. Menggunakan LSI Keyword dan Keyword Ideas

Selain terfokus pada kata kunci yang sudah di Riset, kita juga harus mengetahui kata kunci turunan atau yang berkaitan dengan kata kunci utama. Dan juga memperhatikan keyword ideas, yang mana keyword ideas adalah saran dari kata kunci yang kita riset.

LSI (Latent semantic indexing) adalah sebuah cara dimana kita bisa melihat, kata kunci apa yang berkaitan atau berhubungan dengan kata kunci utama nya, sehingga kita bisa memasukkan keyword yang berkaitan, didalam artikel yang kita buat.

Kesimpulan

Melakukan riset keyword merupakan sebuah strategi SEO yang sangat berguna untuk mendapatkan audiences yang tertarget, untuk mendatangkan traffic kedalam sebuah website, dan memungkinkan seorang yang menjual produknya lewat website, meningkatkan presentase penjualannya.

6 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Bagikan tulisan ini:

5 Replies to “Apakah Kita Butuh Melakukan Riset Keyword?”

  1. Aku sih nulis enggak perlu pakai riset keyword dulu. Apapun yang ingin aku tulis ya aku tulis aja nggak perlu pakai penelitian dulu macam bikin skripsi saja.

  2. Research keyword itu hukumnya wajib utk setiap pebisnis online. Kecuali klo anda menulis utk suka2 not for money ya terserah mau pake riset apa gak.

  3. Jangan percaya software riset keyword. Menurutku itu hanya akal-akalan pebisnis online luar negeri sono untuk mencari peluang mendapatkan uang dengan cara membodohi orang lain.

  4. Biar promosi kita nggak menghabiskan banyak dana tentu saja kita butuh riset keyword terlebih dulu supaya kegiatan bisnis online tidak sia-sia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *