Artikel Ghost Writer – Hematlah Waktu dan Uang Anda Dengan Menyewa Penulis Artikel

Apakah benar dengan menyewa jasa penulis lepas, penulis artikel, atau ghost writer bisa menghemat waktu dan uang Anda? Sepertinya kalimat ini hanya jargon iklan bagi penyedia jasa penulisan artikel supaya para blogger dan pebisnis online berbondong-bondong order tulisan. Oke, tahan dulu argumen Anda sampai Anda selesai membaca artikel ini. Setelah selesai membaca, Anda boleh berkomentar mengupas plus dan minus menyewa seorang ghost writer untuk perkembangan bisnis di internet.

Tulisan ini terinspirasi ketika saya berkenalan dengan salah satu pelaku bisnis online dari Banyuwangi lewat chat room. Dia seorang pengusaha perkebunan kopi yang memasarkan produk Kopi Luwak melalui website. Istilah ngetopnya UKM Goes Online. Khusus untuk promosi lewat internet, dia memegang sendiri semua kendali. Dari membangun website, desain web, optimasi web, manajemen konten, setting publikasi dan lain-lain. Hampir semua waktunya terkuras buat ngurus websitenya, sementara proses produksi dan pengembangan produk dia tidak awasi lagi.

Seperti biasa, kalau saya buka chat room pasti diisi acara curhat permasalahan. Hehehe. Dia mengaku pusing mengelola waktunya, serasa terkejebak rutinitas online. Lalu saya sarankan untuk membagi-bagi tugas menjadi beberapa bagian dan harus ada seseorang yang bertanggungjawab di bagian masing-masing. Segmentasi bisnis online itu banyak. Saya yakin Anda pun nggak bakalan mampu menguasai web building, web design, SEO, list building, marketing campaigne, article writing, dan lain-lain sendirian.

Artikel Ghost Writer – Hematlah Waktu dan Uang Anda Dengan Menyewa Penulis Artikel

Serahkan Kepada Ahlinya

Jika Anda seorang pelaku UKM sekaligus pebisnis online memaksakan diri memegang semua, saya yakin Anda tidak akan mempunyai waktu yang cukup untuk memikirkan pengembangan produk dan rencana jangka panjang usaha. Sebagai gambaran saja, membangun jaringan backlink andal tidak cukup seminggu, menulis artikel web yang SEO friendly tidak bisa dilakukan sambil lalu, serta banyak kegiatan lain yang membutuhkan konsentrasi dan fokus. Solusinya? Serahkan kepada ahlinya. Biarkan uang membantu kerja Anda, bukan sebaliknya.

Khusus untuk penulisan artikel web yang SEO Friendly, Anda harus memiliki ide dasar tentang topik bisnis online yang Anda tekuni. Pada umumnya, saat seorang klien menghubungi ghost writer dia telah memiliki daftar keyword (kata kunci) yang telah dibidik. Selain itu, klien hendaknya menyertakan detail tujuan yang akan dicapai. Sedikitnya informasi klien yang diberikan kepada ghost writer seringkali menjadi penyebab terbesar bagi kegagalan proses penulisan artikel yang tepat guna. Jadi, antara klien dan ghost writer hendaknya memiliki komunikasi yang baik dalam menciptakan artikel-artikel berkualitas.

Artikel Ghost Writer – Hematlah Waktu dan Uang Anda Dengan Menyewa Penulis Artikel 2

Peranan Artikel Teks Dalam Optimasi Web

Mengapa saya membahas artikel? Apakah hal lain tidak perlu bagi pelaku UKM Goes Online? Semuanya sih perlu juga, namun hal utama bagi pebisnis adalah order penjualan melalui toko online atau jenis halaman penjualan lain. Pada umumnya orang melakukan Googling dulu untuk mencari produk yang diinginkan. Nah, syarat utama agar pengunjung bisa sampai ke toko online adalah website tersebut harus sudah terindeks oleh Google. Indeks Google sendiri berlaku untuk konten website yang berupa teks, gambar dan video. Dan kalau sudah bicara indeks Google, kita nggak bisa lepas dari ilmu optimasi web atau Search Engine Optimization (SEO).

Disini teks memegang peran penting dalam SEO karena waktu online pengunjung didominasi oleh kegiatan membaca. Konon katanya, membaca memegang 80 persen aktifitas manusia di internet. Sisanya diisi dengan mendengarkan (suara) dan melihat (video). Artikel yang SEO Friendly mendukung keyword yang diincar dan tampil di halaman pertama hasil pencarian. Jika Anda tidak memiliki kemampuan menulis artikel yang bagus, atau memiliki tapi tidak punya waktu menulis, maka sudah selayaknya Anda mempercayakan kepada ghost writer untuk menuliskan untuk Anda.

Intinya adalah habiskan waktu dan uang Anda dengan bijaksana sehingga akhirnya Anda dapat menghabiskan sedikit waktu bekerja dan menghasilkan lebih banyak uang. Tentu semua pemilik bisnis online menginginkan hal tersebut, bukan? Bekerjasama dengan layanan penulis artikel membuat Anda dapat bersantai dan tahu-tahu konten web Anda tertangani dengan baik. Mencapai kesuksesan tidak cukup dengan kerja keras, tapi juga harus kerja cerdas. Semangat Berjuang!

Enjoy Blogging, Enjoy Writing!

32 Replies to “Artikel Ghost Writer – Hematlah Waktu dan Uang Anda Dengan Menyewa Penulis Artikel”

    1. @Cahyo: Ya, tetap kita yg memesan tulisan itu. Kan tadi juga sudah dijelaskan oleh Mas Agus, bahwa harus ada komunikasi yg baik antara kita dengan penyedia jasa…

      Bukannya seperti itu, Mas Agus…???

      Oia, salam kenal dari rumah baru saya, mencoba ke WP, Mas,

      Hehe…

  1. bener sekali mas agus… kalau deadline jadwal buat kepentingan yang lain masih buanyak… tidak ada ruginya menyisihkan uang menyewa jasa proffesional. Saya sendiri pakai jasa kalau soal desain. yah, gak ada waktu buat jadiin blog cantik dan menarik kalau desain saja saya gak ngerti. hehehe, masih banyak yang bisa saya kerjakan dan lebih mendesak. ngomong-ngomong saya suka jargonnya.

  2. Iya..
    saya juga sudah mulai berkerja malas tetapi ckup kerja keras..
    serahkan kepada ahlinya,sdikit demi sedikit..
    pasti kalo disatukan hasilnya akan sangat baik

  3. Dengan Ghost Writter menghemat waktu untuk mengisi web UKM ya mas, tapi produktivitas berkurang :mrgreen:
    Tapi lebih banyak menguntungkan memang, sesuai dengan yang dikeluarkan…

  4. Salam, kunjungan pertama 🙂

    Ghost writer ya??
    Saya hanya mengisi waktu luang saja untuk blogging..
    bisa dibilang saat ini 1/6 waktu saya saya luangkan dengan internetan dan blogging. Memang sih ghost writer berguna tapi itu untuk kelas yang lebih tinggi mungkin 🙂

  5. promosi lewat blog cuma 1 dari sekian ribu cara perusahaan untuk berpromosi. dan setahu saya, gak ada perusahaan perkebunan yang punya bengkel sablon sendiri, atau digital printing sendiri atau koran dan majalah sendiri. mereka selalu membayar pihak lain untuk iklan. kalo blog juga sebuah lahan iklan, tentu saja perusahaan besar akan menyewa blog (daripada menyewa ghost writer) untuk mengiklankan produk mereka.

    idblognetwork bisa menangkap peluang ini, oleh sebab itu IBN menjadi “makelar” antara perusahaan dan blogger. belum tentu perusahaan perkebunan menyewa ghost writer, karena belum tentu perusahaan segede itu punya sebuah blog. lagipula, kalo bisa merekrut 10.000 blogger, ngapain perusahaan capek2 membuat 1 blog dan menyewa ghost writer?

    semoga jelas.

    1. Tambahan yang bagus dari juragan Paypal… Tapi untuk bisnis kecil menyewa IBN untuk mempromosikan blog/produk yang dipasarkan mungkin bisa merupakan sebuah masalah bagi pemilik produk mas

  6. Tiap bisnis memang memiliki kendalanya masing2, ada yang kendalanya di modal, ada yang kendalanya di sistem, ada pula yang memiliki kendala lainnya. Nah bagi pebisnis yang memiliki kendala dalam hal pemasaran bisnis melalui internet tapi memiliki cukup modal, ada baiknya mempertimbangkan jasa Ghost Writter. Dengan demikian dia bisa memaksimalkan waktunya untuk hal lain yang dia kuasai.

  7. Thank you a bunch for sharing this with all folks you really realize what you are speaking about! Bookmarked. Kindly additionally talk over with my site =). We could have a link alternate arrangement between us

  8. bagus nih artikel, mungkin begitu ya mas kiat suksesnya situs besar seperti “Kaskus”, semuanya udah terakomodir di bagian masing2, jadi g repot mikirin ini itu..
    tinggal nungguin page rank naik aja, hehe

    salam blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *