gambar ilustrasi internet

Benarkah Bisnis Internet Cuma Permainan Transfer Uang?

Hallo blogger Indonesia! Apa kabar bisnis internet Anda hari ini? Semoga bisnis online yang sedang Anda tekuni membawa prospek yang cerah. Lalu, ada apa dengan judul artikel bisnis online di atas?

Ceritanya nih beberapa hari lalu seorang kawan saya mengirim SMS pagi-pagi sekali, kurang lebih pukul 07.00 WIB. Saya heran kenapa nih orang ngebet tanya ini itu tentang bisnis online padahal dia lulusan S1 dan sekarang kerja di bidang medis. Ternyata dia penasaran dengan yang namanya bisnis online. Pertanyaan pertama yang diajukan oleh dia adalah benarkah bisnis online cuma main transfer-transferan duit?

Wow, pertanyaan yang menohok sekali. Ternyata sampai detik inipun masyarakat masih menganggap bisnis di internet itu tak lebih dari permainan transfer uang empat puluh ribu rupiah lalu menghasilkan keuntungan sampai milyaran rupiah. Mungkin mereka masih berpikiran bisnis online tak jauh dari arisan online, MLM member get member, skema ponzi, dan sejenisnya. Perspektif negatif bisnis online nggak mudah dihapuskan di benak masyarakat.

Menjual Produk dan Layanan Jasa

Joko Susilo
Joko Susilo

Padahal bisnis online yang sebenarnya bermakna luas dan tidak terbatas pada money game. Bisnis online tidak selamanya buruk. Ada banyak kelompok UKM yang memasarkan produk atau layanan jasa mereka lewat internet dan menuai kesuksesan. Misalnya jasa pasang tenda untuk hajatan, jasa rias pengantin, kerajinan mebel ukir, lembaga bimbingan belajar, bahkan jasa paranormal. Semua itu merupakan bagian dari internet marketing.

Kalaupun ada sebagian pihak yang menyalahgunakan nama bisnis online untuk menipu manusia-manusia lugu, itu jumlahnya tidak seberapa. Saya kenal banyak pengusaha di desa yang menjual produk mereka melalui bisnis online. Bisnis online mampu meledakkan daya beli produk sehingga masyarakat yang tinggal jauh di belahan bumi lain akan kenal dan tertarik membeli produk mereka. Teknik pemasaran ini akan sulit dilakukan oleh UKM dengan pendanaan bidang marketing yang berjumlah minim.

Anda pun harus berpikiran cerdas dalam menyikapi trend bisnis online 2012 dan seterusnya. Jika ada orang yang menawarkan skema cepat kaya dengan mentransfer beberapa ribu uang, maka Anda patut berhati-hati barangkali itu sebuah tindak penipuan. Mari bijak menentukan langkah dalam hidup. Penipuan tidak selalu datang karena penipu itu memiliki niat jahat. Penipuan bisa terjadi karena kebodohan dan keterbelakangan kita dalam mengakses informasi. Waspadalah!

Enjoy blogging, enjoy writing!

One thought on “Benarkah Bisnis Internet Cuma Permainan Transfer Uang?

Leave a Reply