Benarkah Bisnis Online Semudah Membalik Telapak Tangan?

Lho kok bisa? Bisnis internet atau sering disebut bisnis online anda tentu sudah  memahami semua, yaitu aktifitas jual beli yang memanfaatkan media internet sebagai sarana  transaksi.

Ada bahkan banyak kita jumpai iklan yang mengatakan bahwa ebook ini, software itu  atau apapun namanya bisa menghasilkan uang melimpah dalam satu malam dan seterusnya. Betulkah demikian?

Aktifitas seperti pemasaran lewat internet itu  tidak gampang. Kenapa saya bilang seperti itu? Lha wong memasarkan langsung (offline) saja belum tentu semua orang bisa. Apalagi lewat internet (bukan maksud saya meremehkan anda). Padahal pemasaran offline itu nyata-nyata kita hadapi orangnya, memperlihatkan produknya dan dijelaskan langsung tentang segala sesuatu tentang barang itu dihadapannya.

Lha ini lewat internet, yang mana kita tidak atau belum pernah ketemu langsung dengan orang yang kita hadapi, pasti orang akan sulit mempercayainya. Belum lagi diperintah untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening kita. Gubraaakkkk!!! Siapa yang mau? Enak aja transfer uang pada orang yang tidak dikenal. Mending untuk makan bakso traktir teman-teman di café, deh.

Menjelaskan barang atau produk atau apalah namanya lewat tulisan  itu tidak gampang. Contohnya menjelaskan tentang soto itu enak, tidak hanya sekedar menulis enak rasanya, tapi harus kita jelaskan sedetil mungkin definisi enak, seperti aromanya yang khas, warna kuahnya yang menggoda, rasanya yang bikin lidah bergoyang, dan sebagainya. Sehingga pembaca bisa membayangkan, dan akhirnya pembaca menyimpulkan bawah soto itu memang enak.

Belum cukup sampai di situ, setelah pembaca percaya bahwa soto itu enak, tidak serta merta  ia langsung mau membeli. Harus pula dijelaskan tentang kegunaannya, keuntungannya, kelebihannya, sehingga apabila ia mengeluarkan sejumlah uang ia akan merasa menerima sesuatu yang lebih besar dari uang yang telah dikeluarkannya. Belum cukup sampai disitu, adalah kewajiban kita untuk  meyakinkan bahwa produk yang dibelinya pasti  akan diterima segera.

Pusiiing!!!!

Lalu bagaimana kita bisa seperti itu, kalau menulis saja jarang, apalagi akan menjelaskan pada orang yang tidak tahu siapa orangnya, dimana tempatnya dan apa kegemarannya.

Anda tentunya sudah tahu bagaimana seorang JS, MH atau yang lain sukses dalam bisnis online? Saya yakin, mereka memperolehnya tidak dalam hitungan hari, apalagi jam. Mandi keringat, bercucuran air mata pasti mereka telah mengalami di balik kesuksesannya. Mereka juga manusia seperti kita, butuh waktu untuk belajar, butuh belajar untuk bisa, butuh berlatih untuk terampil.

Saya pun yakin anda tidak menganggap bisnis online itu gampang. Terbukti tiap hari banyak rekan blogger yang selalu berlatih untuk bisa menuangkan perasaannya lewat blog. Untuk berlatih, agar lebih trampil menggambarkan sesuatu sejelas-jelasnya.

Lewat blog, seseorang bisa setiap saat mengerakkan jarinya di atas keyboard, untuk berlatih menyusun kata menjadi serangkaian kalimat, sehingga mempermudah seseorang untuk membayangkan sesuatu yang kita maksudkan.

Sekali lagi seorang pebisnis online butuh waktu dan tenaga untuk bisa eksis bak seorang JS ataupun MH. Dengan blogging salah satu jawabannya.

Salam hangat,

Joko Santoso

5 Replies to “Benarkah Bisnis Online Semudah Membalik Telapak Tangan?”

  1. sewaktu pertama kali terjun ke bisnis internet saya berpendapat kalau bisnis di internet itu lebih gampang, tapi beriring dengan berjalannya waktu ternyata ternyata bisnis di internet lebih susah daripada bisnis konvensional biasa, kenapa??

    Karena ranah dunia maya orang tidak bisa begitu saja percaya dengan apa yang kita tawarkan, banyak mereka yang berpendapat kalau di internet itu hanya tempat mencari informasi sebanyak-banyaknya, jadi kalau kita tawarkan untuk langsung membeli banyak yang ogah, kalau dikasih bonus, bonusnya aja diambil sedangkan bisnisnya tidak dijalankan.

    Banyak iming-iming bisnis di internet hanya membutuhkan waktu 2 – 3 jam aja sehari, tapi kenyataannya saya melakoninya tidak kurang dari 10 jam sehari untuk mempopulerkan bisnis tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *