Bisnis Online Tak Lebih Dari Permainan Angka dan Huruf

Apa kabar blogger Indonesia? Kita bertemu lagi dengan artikel motivasi diri bersama Catatan Motivasi Blogging Indonesia. Semoga bisnis online Anda hari ini makin lancar jaya dan sukses selalu.

Ada salah satu kalimat unik yang selalu saya ingat sampai sekarang. Kalimat ini berhubungan dengan bisnis online, yaitu: bisnis online tak lebih dari permainan angka dan huruf. Jargon mujarab ini sudah saya kenal sejak tahun 2008 saat bisnis SMUO sedang booming. Dan anehnya, semakin menekuni bisnis internet, kebenaran slogan bisnis online ini makin tampak nyata. Setidaknya, permainan bisnis online semakin fleksibel.

Kata kunci dalam tagline ini adalah: permainan angka dan huruf. Permainan? Apakah bisnis online tak ubahnya sebuah permainan anak-anak? Menurut saya ya. Ketika anak-anak sedang bermain dengan teman mereka, mereka bisa menikmati setiap tawa, berjalan, meloncat, dan berteriak bersama. Semua terjadi secara alami tanpa pernah mereka rencanakan mau bermain sampai jam berapa dan dengan siapa saja.

Menikmati Proses Bisnis Online

Joko Susilo
Joko Susilo

Begitu pula dengan upaya yang dilakukan oleh seorang pebisnis internet. Kesuksesan bisnis internet salah satunya ditentukan oleh algoritma Google. Secara berkala Google mengubah algoritma mereka sehingga tidak mudah ditebak oleh para webmaster. Dan disinilah letak permainan bisnis online yang sesungguhnya. Kita akan selalu disibukkan oleh proses kreatif berlomba menempatkan artikel web pada halaman pertama hasil pencarian mesin pencari (SERP).

Apa bahan mainan para internet marketer? Tak lain huruf dan angka. Walaupun gambar dan video turut menentukan keberhasilan bisnis online, namun yang lebih banyak berperan adalah teks huruf dan angka. Sama seperti halnya permainan anak-anak di lapangan bola. Mereka ada yang bermain secara fair, ada juga yang main curang. Permainan curang yang melanggar TOS Google beresiko terkena penalti dari Google.

Sebagai sebuah permainan, bisnis online memerlukan kreatifitas, kealamian melangkah, kelenturan bersikap, ketepatan mengambil keputusan, dan tentu saja menikmati setiap fase dalam permainan. Ketidakmampuan menikmati setiap langkah bermain dalam bisnis online akan menghasilkan stress dalam hidup. Bagaimana dengan Anda, sudah siap bermain dalam bisnis internet? Seberapa bagus nilai fairplay Anda?

Enjoy blogging, enjoy writing!

One Reply to “Bisnis Online Tak Lebih Dari Permainan Angka dan Huruf”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *