Bisnis Online Tidak Bohong

Saya tergelitik ambil suara saat membaca salah satu artikel KunciBlogging.Com yang mempertanyakan kebenaran bisnis online dalam pandangan orang awam. Mari kita bahas langsung pada pokok pemikiran utama. Saya telah merasakan hasil dari bisnis internet, meskipun tidak se-massive para dedengkot IM Indonesia. Oleh karena itu saya berani ancang-ancang menggantungkan hidup dari bisnis yang berbasis koneksi internet ini.

Mungkin sudah beberapa kali saya menulis artikel tentang anggapan-anggapan miring yang beredar di kalangan masyarakat terhadap pelaku bisnis online. Anda pun pasti sudah bosan membaca jenis artikel begini. Saya yakin itu. Lha wong yang nulis saja sebenarnya males bahas topik ginian kok.

Bisnis online ibarat sebilah pisau. Ia akan memberikan manfaat saat dipegang seorang koki restoran. Lewat keterampilan mengolah bahan-bahan sayuran dan rempah-rempah alami, maka terlahirlah sajian yang menggoda selera makan siapa saya yang lewat di dapur koki.Β Hal yang berbeda akan terjadi bila pisau tersebut jatuh ke tangan seorang pembunuh berantai asal Jombang.

Maka, saya cenderung mengembalikan semuanya kepada para pembeli ebook. Tindakan apa yang telah mereka ambil setelah menjadi member sebuah produk affiliasi. Kalau habis beli ebook lalu baca sampai habis dan ditinggal tidur, maka kegagalan adalah harga yang pantas buat dia.

Lain halnya jika setelah itu diiringi tindakan nyata sesuai anjuran isi ebook. Kemungkinan berhasil selalu ada. Entah itu menjadi seorang affilliate, membangun bisnis affiliasi sendiri, membangun web iklan baris, main Google Adsense, jualan link ataupun menjadi freelancer bidang web design. Kalaupun nanti belum berhasil, Anda memiliki nilai lebih dibanding mereka yang tak berani mencoba. Pihak pengelola pun pastinya tidak akan ragu membantu mencarikan solusi alternatif.

Jeli Membaca Sales Letter

Mungkin ada beberapa produk informasi yang memang terbukti melakukan penipuan. Tapi percayalah, jumlah mereka tidak seberapa dibanding program yang benar-benar menawarkan manfaat. Apalagi makin kesini perkembangan bisnis online tidak melulu jualan ebook. Pelaku bisnis UKM pun turut ambil bagian memadukan marketing online sebagai salah satu strategi bisnis mereka.

Bahkan kalau saya amati, sebenarnya potensi ‘merasa tertipu’ itu berasal dari diri sendiri. Saya menilai hal ini tidak lebih dari kurangnya pemahaman secara menyeluruh terhadap isi sales letter sebuah produk. Kita semua maklum bahwa hampir semua kalimat-kalimat sales letter memang diciptakan sedemikian rupa agar Β mempengaruhi prospek segera order saat itu juga.

Yang lucu nih, meski sudah ada tulisan “Ebook ini berisi panduan…” tapi tetap saja prospek menuntut hasil instant. Ingatlah kata “panduan”. Jadi fungsinya hanya memandu langkah-langkah ke arah yang dituju. Masalah hasil itu sepenuhnya tergantung usaha dan doa yang telah Anda lakukan.

Perubahan itu dimulai dari otak kita. Nah, mari menata mindset masing-masing. Mau selamanya berprasangka buruk dan no action? Atau melihat peluang dengan jeli dengan tetap berprasangka baik? Selamat memilih.

Enjoy blogging, enjoy writing!

28 Replies to “Bisnis Online Tidak Bohong”

  1. Semuanya memang kembali pada diri masing-masing. Tidak selayaknya mengatakan "demikian dan demikian" dengan hanya mengukur sesuatunya dengan kemampuan diri sendiri. Padahal di luar sana banyak yang lebih mampu dan sukses.

  2. Nah yang jadi masalahnya sekarang bukan soal penipu lagi mas menurut saya sih masalahnya sekarang lebih banyak menonjol bisnis penipu daripada yang bener-bener pengen jualan. Jadi kalo gini terus tentu saja pembeli jadi kurang percaya dengan bisnis online. Hehe

    1. bisnis menipu itu yang berbahaya om … saya sebenarnya pengen bisnis online tapi masih cari info yang spesifik biar ga tertipu dan bisnisnya efektif … pertimbangan2 itu perlu sebelum memulai bisnis πŸ™‚

  3. Pingback: Bisnis Online Tidak Bohong - Index-of Iklan Baris Gratis Selamanya
  4. just action….
    hal yang membuat orang terasa malas bangkit dari kursi nyamannya untuk menghadapi kerasnya persaingan yang membuat mereka pada akhirnya memiliki pemikiran negatif tentang bisnis online….

  5. Sebenarnya, menurut saya, ebook yang dijual itu lebih kepada panduan jalur cepat, sebenernya kalau mau cari di google juga ada semua, tapi kan kalau beli ebook bisa menghemat waktu, jadi ya cuma panduan aja, semua tergantung kita, mau praktek apa nggak

  6. Bagi saya mencari uang itu ngga ada bedanya dengan mencari uang di dunia nyata, semuanya butuh usaha dan kerja keras…. Ngga ada yang namanya instan, dan ngga ada yang namanya GRATIS.

  7. bisnis online hanyalah "siasat" untuk menemukan satu "gaya" berbisnis. dimanapun dan bagaimanapun, judulnya sama.

    saya termasuk orang yang memberi porsi cukup terhadap bisnis online. tidak berlebihan tapi juga tidak antipati.

    yang perlu digaris bawahi, ini adalah jalur tersendiri untuk memetik manfaat profit didalamnya. selebihnya tinggal bagaimana mengolah saja..

  8. Thanks banget ya Mas atas review tentang artikel saya.
    MAkasih banyak ya Mas atas kebaikannya.
    Sebenarnya itu adalah Judul "pembunuh" yang keluar dari kepala saya.
    Dengan sedikit pengolahan kata, jadilah artikel itu. hehehe

  9. yang paling penting itu pikir pikir sebelum beli, cari info sana sini, sipenjual sich akan berupaya gimana produknya terjual, jadi sebagai pembeli kita harus hati hati

  10. Bahkan kalau saya amati, sebenarnya potensi ‘merasa tertipu’ itu berasal dari diri sendiri.

    sependapat mas..

    Beli2 aja semuanya… Beli buku/ilmu dalam bentuk apapun nggak mungkin dan nggak bisa keliru πŸ˜€
    Masa buku 100-200 halaman nggak ada satupun yang bisa kita ambil pelajarannya πŸ˜€
    Katakanlah dapet satu, masa iya nggak bisa di manfaatkan?
    Ilmu dapet, dimanfaatkan, diterapkan secara konsisten, masa iya masi tetep nggak dapet apa2?
    Kalopun bener nggak dapet apa2, mungkin karna baru pertama kali nyoba.
    Soalnya kabar2nya lampu *yang terang2 dirumah kita itu* hasil percobaan yang ke beberapa ratus kali. πŸ˜€

    : peace : mas Agus, saya numpang latihan memforce diri saya untuk berpikir positif di kolom komentar blog dikau πŸ˜€

  11. saya tertarik dengan kata-kata "merasa diri tertipu" sebab utama kenapa user berpikir demikian karena dia tidak sabar, ingin cepat membuahkan hasil…padahal dia sendiri tahu, bahwa member lain ada yang berhasil…

  12. kalau menurut saya tidak semua bisnis online bohong, semuanya tergantung cara menikapinya saja, dulu sebelum kenal blog, saya sempat beberapa bulan mengikuti berbagai macam bisnis online, tp pada akhirnya saya mundur, saya mundur bukan karena bisnis online yang saya ikuti bohong tp lebih karena saya merasa belum mampu

  13. Lucunya sales ebooknya sendiri seolah-olah menyatakan bahwa pembeli ebook bisa menjadi pakar dalam satu hari… πŸ˜›

  14. masalahnya adalah sering terjadi bias antara bisnis online dengan ppc…ini yang rancu dan sering di salah artikan oleh newbie seperti saya…
    kalau bisnis online jelas,ada product,ada harga,tranksaksi deal,barang di kirim…
    kalau PTC /PTC menurut saya bukan bisnis..dan saya juga nggak bisa menyalahkan pihak penyedia layanan PPC/PTC,justru yang salahkan blogger itu sendiri,ngapain juga mau di kibulin PPC/PTC?

  15. posting terakhir kunciblogging menawarkan ebook.
    Lucunya untuk download, ternyata harus daftar ke cafebisnis.

    Saya hanya ingin membaca ebook tanpa harus mendaftar ke cafebisnis. Saya tidak tahu, dan sudah terlanjur memasukkan alamat email (asli) dengan resiko "kemungkinan" akan mendapatkan notifikasi yang tidak diinginkan.

    Yeah, inikah trik internet marketing yang "mungkin" diajarkan dalam ebook-ebook tersebut? πŸ˜›

  16. Sobat… sy setuju kalo tidak semua Bisnis Online "PENIPU"… pasalnya sy juga pernah membeli produk dr beberapa penjaja produk OnLine…, tadinya juga merasa kecewa…tapi… akhirnya sadar juga… bahwa Bisnis Online itu sama dgn Bisnis Nyata… kita harus TELITI SEBELUM MEMBELI… ingat untuk menjadi SUKSES & KAYA …pasti butuh "PENGORBANAN"…. Bagi yang baru mau memulai Bisnis Online…. maju terus jangan takut karena semua perlu dicoba… SELAMAT MENCOBA… Salam hangat buat semua…& Salam kenal buat tuan rumah (Mas Agus)…

  17. Yang bikin gondok semakin banyak penipu-penipu online bertebaran di dunia maya. Calon buyer pun menjadi ragu dan takut untuk memulai gara–gara mereka-mereka ini. Mengaburkan ketulusan pemilik usaha online yang jujur.

  18. Memang sih di dunia maya ada bisnis yg menipu tetapi ada juga yg bertujuan bukan utk menipu…Hanya saja sangat disayangkan sekali jika kejadian yg menimpa mereka ketika tertipu di dunia maya dijadikan sbg landasan yg bersifat menyeluruh dg mengatakan bahwa bisnis online itu bisnis yg penuh dg kebohongan…

    Saya sangat setuju dg apa yg dikatakan mas agus bahwa salah satu faktor yg membuat seseorg tertipu itu karena kurangnya pemahaman yg utuh dalam diri si pembeli ketika ingin membeli suatu produk…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *