Blogging Inside: Sisi Lain Menulis Artikel Blog

Word Blog with colourful letters.  3D concept
Word Blog with colourful letters. 3D concept

Untuk apa saya selalu berkoar-koar dan memotivasi kawan-kawan agar selalu update menulis artikel blog? Saya tidak punya kepentingan apapun dalam hal ini. Saya tidak punya hubungan bisnis dengan WordPress, Facebook, Google, dan situs online lainnya. Saya pun tidak sedang menjalankan bisnis warung internet (warnet) dan menyuruh kawan-kawan rajin nge-net di tempat saya. Semuanya free dan independen.

Bagi saya, menulis artikel blog adalah bagian dari gaya hidup. Ngeblog menjadikan saya lebih kuat secara mental karena saya menemukan terapi penyembuhan jiwa. Lainnya? Setidaknya terdapat tiga alasan mengapa sejauh ini saya masih rajin menulis artikel blog, yaitu:

1. Media berekspresi

Sebagai tempat berekspresi, Anda bisa menuangkan segala bentuk pemikiran murni Anda. Tidak peduli ide Anda tersebut termasuk wajar-wajar saja ataukah di luar kewajaran. Pemikiran yang saat ini dianggap gila oleh masyarakat kebanyakan, sangat mungkin akan dianggap sebagai sebuah kewajaran di masa depan. Ingat, kebudayaan manusia selalu berkembang mengikuti kebutuhan.

2. Media berpikir secara terstruktur

Berpikir secara acak adalah hal yang biasa dan bisa terjadi pada berbagai kalangan manusia. Namun membiasakan diri untuk berpikir secara terstruktur membutuhkan pelatihan yang berulang. Tidak peduli apakah Anda saat ini menjadi seorang akademisi ataukah seorang praktisi, semuanya membutuhkan kreatifitas dan inovasi yang terstruktur dan aplikatif.

3. Menghasilkan karya monumental

Siapa bilang seorang blogger hanya mampu menulis artikel curhat yang berisi kegalauan yang mengharu-biru. Di balik setiap celoteh yang terjadi dalam blogosphere, semuanya memiliki muatan makna. Pencatatan teratur peristiwa terkini di masyarakat melalui blog tak ubahnya buku online. Anda tidak perlu mencetak buku fisik agar pemikiran Anda mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat luas.

Semoga artikel ini bisa memberi inspirasi untuk Anda. Enjoy blogging, enjoy writing!

2 Replies to “Blogging Inside: Sisi Lain Menulis Artikel Blog”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *