Cara Membangun Kekuatan Fokus Dalam Bisnis Online

app_sphere_adsense

online worker
online worker

Dalam menjalankan bisnis online hendaknya kita tidak kehilangan fokus dan kepedulian yang kini jauh lebih penting untuk kita perhatikan. Kekuatan fokus jauh lebih penting daripada ambisi dan tujuan yang akan tumbuh dengan sendirinya.

Agar sikap atau tindakan kita dapat berjalan sesuai koridor yang semestinya, aspek pengalaman berbisnis akan memegang peran penting dalam setiap keputusan bisnis online. Dengan berpegang pada pengalaman dan belajar dari kesalahan di masa lalu, maka kecenderungan kehilangan fokus dapat diatasi sebaik mungkin. Bukankah pengalaman merupakan guru terbaik dalam kehidupan?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh blogger dan pebisnis online untuk mendapatkan manfaat dari kekuatan fokus dalam bekerja. Anda bisa mencoba dengan memperhatikan tiga tips motivasi diri berikut ini.

1. Hindari kecerobohan.

Pada paragraf awal telah disebutkan bahwa aspek ambisi pada dasarnya dapat tumbuh secara alami pada setiap orang. Hal ini tentu lebih memudahkan langkah kita untuk menggeluti berbagai aktifitas bisnis, termasuk bisnis internet. Yang perlu diperhatikan adalah kita perlu siasat untuk mengarahkan energi dan motivasi agar terfokus. Jagalah semangat diri agar tidak berlebihan sehingga tidak sampai menciptakan kondisi besar pasak daripada tiang.

Dalam kondisi bisnis online yang terbuka, dimana segala sesuatu tampak demikian mudah untuk dijalani, menggampangkan segala hal bisa jadi gaya hidup yang tidak bagus. Meremehkan hambatan-hambatan kecil akan melahirkan kecerobohan dalam bekerja. Kecerobohan juga bisa berkembang menjadi kebiasaan buruk yang memaksa kita menjadi pelayan bagi alur bisnis online.

2. Hindari sikap skeptis.

Berhati-hatilah! Tujuan yang bercabang-cabang dan banyak maunya merupakan bagian dari wujud keserakahan manusia. Tujuan bercabang bisa berarti kita membutuhkan banyak waktu dalam pertimbangan sehingga menjadi orang yang mudah ragu. So far, sifat ini sebenarnya alamiah. Siapa saja bisa terkena dualisme ingin melaju cepat tapi cara berpikirnya lambat.

Kondisi ini memang tampak dilematis. Pada suatu saat kita bisa jadi orang yang over confident, bahkan menjadi ceroboh, namun pada waktu yang lain kita berubah jadi peragu. Peragu yang kemudian berpikir keras mencari siasat yang tidak biasa dan berada di luar kebiasaan. Oleh karena itu bersikap wajar dan tidak khawatir merupakan modal utama, khususnya untuk menepis kecenderungan sikap ragu-ragu.

pekerja bisnis online
pekerja bisnis online

3. Hindari sikap kepala batu.

Kepercayaan diri yang berlebih (over confident) dan sikap peragu merupakan ciri-ciri yang dimiliki oleh blogger dan pebisnis online pemula. Mereka bersemangat untuk maju namun belum memiliki pengalaman yang cukup berarti untuk menghadapi tantangan bisnis online. Kondisi ini kalau tidak segera diatasi nanti bisa membuat ribet langkah kita karena akan berakibat munculnya sikap keras kepala.

Sikap ragu-ragu bisa melahirkan sikap kepasrahan pada nasib, bukannya berusaha untuk memperbaiki keadaan. Oleh karena itu kita perlu memiliki kawan dan penasehat yang andal dan bisa diajak bertukar pikiran mengenai arah laju bisnis online ke depannya. Mereka bisa berasal dari teman kerja, pasangan hidup, anggota keluarga, maupun jasa konsultan profesional. Percaya deh, memendam masalah sendiri tidak akan menyelesaikan persoalan.

Semoga artikel motivasi diri ini memberi manfaat untuk Anda. Masa depan adalah untuk mereka yang bersedia bekerja keras dan bekerja cerdas sejak sekarang. Ayo bangkitkan semangat diri Anda hari ini!

Enjoy blogging, enjoy writing!

One Reply to “Cara Membangun Kekuatan Fokus Dalam Bisnis Online”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *