CPNS Vs CPNB

Hari Sabtu kemarin (21 November 2009), beberapa teman saya mengikuti tes CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) di departemen yang berbeda-beda. Ada yang dibidang kesehatan, pendidikan dan perhubungan.

Komentar yang muncul di antara mereka pun beraneka ragam. Ada yang sudah yakin dengan berbagai materi soal latihan yang sudah mereka lahap sejak beberapa bulan sebelumnya. Ada juga yang masih belum yakin pada kemampuan diri.

blogger dan aktifitas menulis
blogger dan aktifitas menulis

Hingga pada hari pelaksanaan tes, jam 07.15 saya masih sempat menerima SMS dari salah satu mereka.

“Gus, rumus volume tabung itu apa? Cpt bls. GPL”

Saya sebenarnya ingin mengerjai dia dengan mengirim SMS balasan yang lucu-lucu. Namun buru-buru saya urungkan. Nggak etislah bersenang-senang di atas orang yang minta bantuan. Kata orang tua, nanti kualat. Hehehe…

Itulah sekelumit cuplikan peristiwa seputar tes CPNS. Kembali ke blogosphere..

Apa sih yang mereka kejar dalam tes tersebut? Jawabannya bisa macam-macam. Misalnya: kebanggaan, prestise, pengabdian kepada negara, harga diri dan jaminan hari tua. Namun pada umumnya, jawaban terakhir itu yang bisa menjadi alasan terbesar mereka berepot-repot diri dengan birokrasi yang rumit. Yap! Jaminan hari tua alias dana pensiun.

Lalu muncul pertanyaan penting di pikiran saya. Memangnya jadi pebisnis online tidak bisa mendapat dana pensiun?

Henrik Lundqvist Wallpaper - Kata-kata Bijak Tentang Pakaian
Henrik Lundqvist Wallpaper - Kata-kata Bijak Tentang Pakaian

Dengan berbagai keunggulannya, saya yakin taraf hidup pebisnis online tidak akan kalah dengan mereka yang masuk jajaran PNS. Tentunya dibarengi dengan sikap pantang menyerah, kreasi dan inovasi dan manajemen pribadi yang handal.

Contoh nyata sudah ada. Coba Anda kontak para IM senior seperti Oom Joko, Mas Lutvi dan Mas Hengky. Anda bisa tanyakan berapa penghasilan per bulan mereka. Sangat jauh meninggalkan gaji PNS.

Melalui artikel ini saya tidak bermaksud melarang Anda mengambil jalur CPNS. Saya hanya memberi gambaran umum perbandingan pendapatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Negeri Blogosphere (PNB).

Tetapi, semua sudah pada porsinya masing-masing. Karena kalau tidak ada yang tertarik masuk CPNS, bisa berantakan juga negara ini. Lalu siapa yang berperan mengajar siswa sekolah, menangani pengurusan surat-surat administrasi, menyediakan pengobatan gratis bagi masyarakat miskin dan seabrek bentuk pengabdian lainnya.

Bagi yang belum berkesempatan menjadi PNS, tidak perlu putus asa dan patah semangat. Karena seleksi penerimaan CPNB (Calon Pegawai Negeri Blogosphere) dibuka setiap saat. Daftarnya disini atau disini.

Gajinya lebih heboh lho…!

24 thoughts on “CPNS Vs CPNB

  1. wah!PNB, sambil klak klik sana sini karo guyon dapat fulus ya mas, kalau PNS tahu sendirilah klak klik sana sini sssttt..(denger g mas Agus? hehe..)

  2. hehehe, sayah bukan pe-en-es, tapi ga jauh2 beda nasipnya sm yg pns, kadang dibuat jemu oleh rutinitas senin sampe jumat, eight to five, pfuhh…

    yah, tapi seperti yg mas agus bilang, semua sudah ada jalannya masing2. kalo semua orang berpikir untuk jadi pebisnis onlen, mas agus bakal dapat banyak saingan, hihih… :D

  3. Di kota saya juga yang ikut test berjumlah hampir 5000 orang, sedangkan formasi hanya 250, padahal honorer yang jumlahnya ribuan dan sudah bertahun-tahun tahun mengabdi ada didalamnya.. Gimana tuh ?

    Makasih atas kunjungannya ya..

    1. Lokasi tempat tinggal saya kebetulan lumayan juga dari Kalidami mas. Saya masuk wilayah Sidoarjo. Nggak kontak mas Arief Maulana mas?

    1. Asal bisa konsen dua-duanya nggak masalah mas…

      Tapi, setahu saya, blog mas Umar sekarang jarang di update ya?

      Hehehe… :P

  4. salam super…

    wah, oke banget artikelnya,,

    sangat terkait dengan artikel terbaru saya …

    sukses untuk anda !!!

  5. Kalau boleh memilih saya masih lebih senang kerja di swasta bro dari pada jadi PNS seperti sekarang…. Kalo di swasta kita dinilai berdasarkan kerja kita, kalau PNS, terlalu banyak birokrasi yang rumit..

  6. If you are willing to buy a car, you will have to receive it. Furthermore, my mother usually uses a secured loan, which supposes to be really useful.

Leave a Reply