Bagaimana Cara Memulai Pekerjaan Penulis Lepas?

Manajemen Penyaluran Dana Zakat, Infaq, Shadaqah Dan Wakaf Lembaga Zakat Yatim Mandiri Kantor Cabang Jombang
Manajemen Penyaluran Dana Zakat, Infaq, Shadaqah Dan Wakaf Lembaga Zakat Yatim Mandiri Kantor Cabang Jombang

Ada banyak cara memulai profesi freelance sebagai penulis lepas. Yang Anda perlukan hanyalah konsisten dengan pilihan profesi dan pantang menyerah mencoba berbagai apeluang.

Pertanyaan yang paling umum muncul dalam sesi chatting adalah bagaimana memulai profesi freelancer, khususnya bidang penulisan, sehingga bisa menjadi sebuah pekerjaan tetap. Terdapat beragam pengalaman para freelancer yang sukses di bidang mereka masing-masing. Namun secara umum terdapat tiga hal yang perlu Anda coba.

1. Mencari job dengan bergabung dalam broker penulisan.

Untuk di Indonesia sendiri terdapat beberapa broker iklan penulisan artikel. Yang paling populer saat ini adalah jaringan IdBlogNetwork yang mampu membayar komisi di atas rata-rata program Paid Per Review. Masing-masing broker memiliki kualifikasi yang berbeda menerima blogger yang akan mengerjakan tugas penulisan. Namun secara umum mereka akan menilai dari blog pribadi dan kemampuan menulis secara spontan saat melakukan fit and proper test.

2. Membuka sebanyak mungkin peluang.

Kelemahan utama para blogger dalam menekuni profesi freelancer adalah tidak kreatif mencari peluang mendapatkan job. Disini saya tekankan, selama website masih online dan membutuhkan update artikel, selama itulah peluang mendapat order terbuka lebar. Anda hanya perlu membuka diri untuk menjalin relasi seluas-luasnya. Peluang tidak akan muncul kalau Anda hanya duduk sebagai pengamat. Anda harus ambil bagian secara aktif dan dapatkan manfaatnya jangka panjang.

3. Bangun kebiasaan efektif sejak kini.

Tantangan utama bagi semua jenis pekerjaan freelancer adalah disiplin diri. Seringkali karena alasan bekerja di rumah lalu tanpa sadar menjadi terlena oleh keadaan dan suka menunda-nunda. Seperti telah saya tuliskan beberapa waktu lalu, kebiasaan yang baik adalah pelayan setia yang akan terus melayani Anda meski tanpa diminta. Sebaliknya, kebiasaan buruk ibarat majikan kejam yang akan memaksa Anda bertindak brutal dan di luar kendali.

Salah satu kebiasaan baik yang harus dilakukan freelancer online bidang penulisan adalah ngeblog secara rutin. Ini bukan saja menjadi media personal branding building yang bagus, namun bisa menjadi alat untuk melatih kemampuan menulis Anda agar semakin terampil mengeksekusi berbagai topik artikel yang menantang. Ingat tulisan yang ada di buku tulis SIDU sejak jaman SD: Practise Makes Perfect. Latihan secara rutin mampu menyempurnakan keahlian Anda.

Tetap semangat ngeblog! Enjoy Blogging, Enjoy Writing!

14 Replies to “Bagaimana Cara Memulai Pekerjaan Penulis Lepas?”

  1. makasih atas sarannya mas
    sampai saat ini tulisan saya masih gratisan belum ada penghasilan dari ngeblog. Suatu saat nanti mungkin bisa mendapatkan sesuatu dari hobi ini. Amien

  2. Keren…. saya pasti gak bisa..
    Bahasa inggrisnya masih ancur.. 😀

    Kayaknya jarang ada yg minta bahasa Indonesia..

  3. apakah kalau ikut PTR termasuk freelance writing mas ?
    mas, cara menadapatkan job review di idblognetwork bagaimana yah ?

  4. sebelum na saya minta maaf kalau komentar saya agak sedikit lancang, saya cuma mau ingatkan kalau ada tulisan na yang kurang enak dibaca “Peluang tidak akan muncul kalau Anda hanya duduk sebaai pengamat. “

  5. masalah klasik adalah mengubah mindset menuju pebisnis online yang andal. tidak semua masyarakat mampu menerima pekerjaan internet marketer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *