Hambatan Start Up Lokal dan Freelancer Online Dalam Bekerja

Gambar wanita membuang kertas kerja - Resign Kerja Bukan Mengundurkan Diri, Justru Memajukan Diri
Gambar wanita membuang kertas kerja – Resign Kerja Bukan Mengundurkan Diri, Justru Memajukan Diri

Hambatan start up lokal dan freelancer online dalam bekerja merupakan hal kompleks yang melibatkan banyak hal. Mulai dari aspek internal freelancer, peralatan kerja, hingga lingkungan sekitar tempat tinggal freelancer dan bekerja. Hambatan start up lokal dan freelancer online dalam bekerja akan mampu dihadapi bila start up lokal dan freelancer tersebut memiliki motivasi diri dan komitmen yang kuat dalam menekuni profesi kreatif yang dijalankan di internet ini.

Hambatan start up lokal dan freelancer online dalam bekerja yang berasal dari dalam diri sendiri pada umumnya berupa sikap moody. Kalau kondisi kejiwaanya sedang bagus maka freelancer dan start up tersebut bisa bekerja optimal. Sebaliknya, bila ada satu hal saja yang merisaukan hati maka produktifitas kerja freelancer akan menurun. Idealnya, freelancer tidak boleh moody dalam bekerja sehingga dampak buruk hambatan start up lokal dan freelancer online dalam bekerja bisa dikurangi.

Sama seperti petani yang tiap pagi pergi ke ladang bercocok tanam, maka freelancer harus memiliki ketekunan untuk menjalakan kebiasaan efektif setiap hari. Hal ini akan mengurangi efek buruk hambatan start up lokal dan freelancer online dalam bekerja yang timbul di masa lalu. Bila sulit meninggalkan kebiasaan buruk di masa lalu, maka freelancer harus bekerja keras memupuk motivasi diri untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Dari segi peralatan, hambatan start up lokal dan freelancer online dalam bekerja disebabkan karena minimnya daftar inventaris yang dimiliki. Namun hambatan ini sebenarnya bisa diakali asal start up dan freelancer tersebut bisa memutar otak untuk lebih kreatif. Freelancer bisa memakai jasa rental atau penyewaan alat-alat kerja. Kalaupun harus membeli, maka ada pilihan membeli barang bekas maupun membeli secara kredit.

Hambatan start up lokal dan freelancer online dalam bekerja dari lingkungan berupa opini negatif terhadap profesi yang berhubungan dengan internet. Kita memaklumi bahwa sebagian masyarakat masih menganggap internet adalah biang kejahatan yang merusak moral generasi bangsa. Hambatan start up lokal dan freelancer online dalam bekerja yang datang dari lingkungan tempat tinggal bisa kita kurangi efeknya dengan melakukan komunikasi aktif dengan orang-orang sekitar sehingga mereka memahami profesi start up lokal dan freelancer dengan bijak.

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

5 thoughts on “Hambatan Start Up Lokal dan Freelancer Online Dalam Bekerja”

  1. Ia betul mas, berkarya nanti kl pas mood bagus, tapi dengan belajar terus menerus maka hambatan itu bisa di lewati, semua perubahan tergantung dari dalam diri, semoga kita menjadi agen perubahan,.. lanjout.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *