Keunggulan Bisnis Online dibanding Bisnis Konvensional

Liburan seru karena booking kamar hotel murah dengan fasilitas memadai di AiryRooms dot com
Liburan seru karena booking kamar hotel murah dengan fasilitas memadai di AiryRooms dot com

Artikel ini saya cuplik dari materi Formula Bisnis yang sudah legendaris. Saya sengaja repost untuk lebih meyakinkan kita bahwa masa depan yang lebih baik berada di bisnis online. Apa saja keunggulan bisnis online dibanding bisnis offline? Keunggulan tersebut adalah:

  1. Modal yang diperlukan relatif kecil. Mana ada bisnis yang bisa dijalankan hanya dengan modal 200 ribu kalau nggak disini. Modal ini sebenarnya bukan modal utama, masih ada moda tambahan kalau Anda mau beriklan dan melakukan kerjasama dengan blogger lain.
  2. Tidak membutuhkan inventaris mahal. Cukup dengan satu komputer yang terkoneksi internet, meja, kursi dan alat tulis. Kalaupun Anda mau berinvestasi dengan membangun sebuah kantor bisnis online, itu bisa saja Anda lakukan dengan tujuan meyakinkan masyarakat bahwa bisnis yang Anda kelola itu real dan bukan abal-abal.
  3. Pembeli sudah menunggu diluar, kita tinggal mencarinya dan membuatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Nah, Anda hanya perlu memberi umpan maka pembeli akan datang sendirinya. Anda perlu membuat halaman penjualan melalui sebuah website yang ramah terhadap Google. Setelah itu Anda akan menikmati hasil dari maintenance berkala yang Anda lakukan.
  4. Mudah diproduksi dan diperbanyak. Tidak butuh biaya produksi tambahan. Hal ini berlaku untuk jenis produk informasi. Jika Anda menjual produk nyata, misalnya makanan kering, maka Anda perlu membuat persediaan yang cukup sehingga ketika ada pengguna internet order Anda tinggal mengirimnya saja.
  5. Keuntungan bersih mencapai 100%. Tidak ada food cost, shipping cost dll. Sekali lagi, itu berlaku untuk produk informasi. Jika produk Anda adalah real maka perlu biaya produksi dan ongkos kirim.
  6. Pengiriman produk ke konsumen secepat kilat. Tidak membutuhkan waktu berhari-hari untuk menunggu kiriman.
  7. Waktu operasional lebih sedikit. Cukup 1-2 jam per hari. Tidak perlu kerja 9 to 5 seperti kebanyakan orang.
  8. Ide baru datang silih berganti. Ide bermunculan sesuai perkembangan jaman.
  9. Bisnis bisa berjalan otomatis. Dengan memanfaatkan sebuah panduan, semua proses bisa ditangani computer.
  10. Bisa dioperasikan sendiri. Tanpa perlu merekrut pegawai. Keterliatan manusia memang minim karena hampir semua proses dilakukan oleh mesin.
  11. Kita memegang kontrol sepenuhnya. Tidak perlu takut adanya intimidasi dari pihak manapun.
  12. Bisa dioperasikan dari mana saja. Hanya butuh koneksi internet yang memadai maka Anda bisa bekerja.
  13. Bebas dari birokrasi dan perijinan. Untuk memulai bisnis tidak perlu akta dari notaris, SIUPP, IMB dan sejenisnya.
  14. Bebas dari iklim politik. Biar di luar sana heboh kasus cicak vs buaya, bisnis jalan terus…
  15. Bebas kondisi cuaca dan lalu lintas. Biar jalanan macet total, bisnis tetap lancar jaya.

Itulah beberapa keunggulan yang dapat saya sampaikan. Mungkin teman-teman ada yang mau menambahkan?

24 Replies to “Keunggulan Bisnis Online dibanding Bisnis Konvensional”

  1. yang paling sy suka kita bisa kerjain dari kamar tidur aja tuh. GUling-guling di kasur utek-utek laptop dikit aja…. dollar / Rp. masuk.

    Mas… Sioarjo mana? Next time ketemuan yuuk. Sharing-sharing gitu, sapa tau dapet ide bisnis.

    1. Hati-hati kalau berguling ria, mas. Jatuh nggak bisa bangun lho. Hehehe… 😀

      Saya tinggal di Wisma Tropodo mas. Saya juga penasaran pengen ketemu mas Arief. Kalau ada waktu, saya pasti kontak mas Arief. (itupun kalau mas Arief sempat).

  2. wah! dari bisnis online ini kita bisa tebar silaturahmi menembus batas negara dan wilayah, saling berbagi ilmu (dan curhat).

  3. Kalau modal uang di bisnis internet memang relatif lebih kecil. Tapi tidak semua orang bisa mewujudkannya kecuali mau kerja keras, mau belajar, ulet dan tekun dan tidak mudah menyerah dalam persaingan di bisnis ini.

  4. Besar kecilnya modal itu relatif, ya memang dibanding bisnis offline, online lebih ringkas, kaya setan aja tetangga aja tidak bisa melihat, tahu-tahu kaya.

    1. Memang, yang tidak paham pola kerja pebisnis internet bisa dikira yang macam-macam. Pesugihan-lah, tuyul-lah.

      Tapi semua itu bukan masalah besar kalau kita bisa menjalin berkomunikasi dengan tetangga.

  5. Bisnis online memang bisnis dengan potensi luar biasa…namun saya sepakat dengan komen Mas Sumartono…ada beberapa rambu-rambu yang harus diperhatikan sebelum atau sedang menjalankan bisnis online.

  6. Yup bisnis online memang praktis dan mendatangkan banyak keuntungan.. selama ini bisnis desain web 'n expor kecil-kecilan cinderamataku di bali juga mengandalkan sarana online..

  7. keunggulan diatas itu untuk bisnis jual ebook ya mas.

    Tapi untuk bisnis online yang lain, malah ga usah punya komputer, ga usah pake meja, ga usah pake internet. Ini maksudnya untuk pebisnis online yang sudah sukses. Mereka tidak perlu lagi berhubungan dengan komputer atau internet. Karena yang mengurus itu semua adalah pegawainya… 🙂

    Salam Kreatif,

    Octa Dwinanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *