Kopdar Komunitas Blogger Jarak di Islamic Center Wonosalam Jombang

Wajah-wajah baru tampak di hadapan penulis dalam pertemuan rutin Komunitas Blogger Jarak hari ini di Wonosalam Jombang. Penulis menyapa beberapa orang diantara mereka. Dua orang ibu dan beberapa anak berjalan riang menuju rumah panggung Pondok Pesantren Al-Azhar Wonosalam. Sebuah kantong plastik berisi penuh makanan ringan tergenggam di tangan mereka. Pagi yang cerah menyelimuti sudut Sungai Embag di bawah rumah panggung ini.

Minggu, 27 September 2020 merupakan pertemuan keempat bagi penulis dengan para anggota komunitas blogger dari Desa Jarak Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang. Kelompok penulis dan pengguna media sosial ini dibentuk oleh Yayasan Yatim Mandiri pada Juni 2020 lalu. Beragam kegiatan pelatihan telah diberikan kepada anggota Komunitas Blogger Jarak untuk mempromosikan aneka potensi sumber daya alam dan pariwisata di desa tersebut.

Kopi darat (kopdar) Komunitas Blogger Jarak sengaja mengambil lokasi di Pondok Pesantren (PP) Al-Azhar. PP Al-Azhar adalah salah satu lembaga pendidikan yang dikelola oleh Yayasan Islamic Center Wonosalam. Tempat ini diharapkan dapat menjadi pusat kegiatan pengembangan pendidikan agama, bisnis pariwisata, dan pengolahan lahan pertanian dan perkebunan di Wonosalam. Sebanyak 10 orang warga Jarak telah hadir sejak pagi hari disana.

Penulis mengawali sesi diskusi pembuka pada pukul sembilan pagi. Beberapa orang blogger pemula berkonsultasi mengenai cara membuat blog gratis melalui platform WordPress.com. Penulis membutuhkan waktu setengah jam untuk membimbing empat orang blogger pemula membuat akun WordPress dan mengaktifkan blog mereka. Beberapa permasalahan kecil hadir selama ngeblog karena koneksi internet tidak lancar.

Penulis hadir sebagai pemateri dalam kopdar Komunitas Blogger Jarak Wonosalam Jombang hari ini. Penulis menyampaikan materi cara menulis artikel fitur (feature writing). Tidak seperti kebanyakan artikel berita langsung, menulis fitur membutuhkan lebih banyak pemikiran dan ide kreatif dalam menumbuhkan human interest. Jenis artikel fitur antara lain biografi tokoh, tutorial melakukan sesuatu, cerita sejarah sebuah peristiwa, dan lain-lain.

Menulis artikel feature memberikan kesempatan bagi seorang penulis untuk membahas sebuah peristiwa lebih mendalam. Anda tidak terpaku pada format penulisan yang baku. Anda bisa mengabaikan format 5 W dan 1 H dalam menulis artikel feature meskipun Anda diperbolehkan menggunakannya. Aktifitas menulis artikel feature juga membebaskan Anda untuk menulis sesuai dengan gaya penulisan yang Anda kuasai.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan saat menulis artikel fitur adalah Anda tidak boleh berbasa-basi, namun langsung memaparkan sebuah peristiwa atau tokoh dengan jelas. Anda membutuhkan sedikit kemampuan menulis sastra agar tulisan Anda lebih mengena sisi kemanusiaan atau human interest pembaca. Kemampuan menulis artikel fitur tidak hadir begitu saja. Anda perlu berlatih secara berulang agar mahir melakukannya.

Pengelolaan Kawasan Mandiri dan Berdaya Desa Jarak Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang
Pengelolaan Kawasan Mandiri dan Berdaya Desa Jarak Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang

Beberapa orang anggota komunitas blogger Jarak telah mampu menulis artikel fitur bahkan sebelum penulis menjelaskan materi kopdar hari ini. “Belajar ngeblog itu menyenangkan. Menulis juga menyenangkan karena bisa memotivasi diri sendiri untuk maju,” ujar Evin Sudarwati, anggota komunitas blogger Jarak dari Jarak Tegalan.

Senada dengan Evin, Chanifatul Ma’rifah menambahkan bahwa menulis di blog pribadi memberikan kesempatan baginya untuk meraih penghasilan dari bisnis online. “Saat ini kami sedang memperkenalkan produk Kopi Sasab buatan petani kopi Desa Jarak. Kami berharap web blog bisa membantu kami memasarkan produk ini lebih luas,” ucap wanita yang akrab dipanggil Mbak Ifa ini.

Kopi Sasab adalah produk terbaru kelompok petani kopi Desa Jarak Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang. Komunitas petani kopi Jarak adalah salah satu kelompok yang dibina oleh Laznas Yatim Mandiri melalui Program Kampung Mandiri dan Berdaya. Kampung Mandiri dan Berdaya Desa Jarak telah diresmikan oleh Bupati Jombang di awal Februari 2020 lalu. Saat ini telah dilakukan pengembangan potensi desa melibatkan lintas disiplin ilmu.

Acara Kopdar Komunitas Blogger Jarak berakhir menjelang pukul dua belas siang. Penulis mengakhiri pertemuan hari ini dengan pengumuman pemenang kontes ngeblog bertema Merdeka di Tengah Keterbatasan yang telah dilaksanakan pada Agustus 2020 kemarin. Para pemenang bergembira menerima hadiah lomba. Kegiatan kopdar dilanjutkan dengan acara jalan-jalan mendaki salah satu spot menarik Gunung Anjasmoro, yaitu Puncak Kekep.

Nantikan ulasan perjalanan penulis ke Puncak Kekep dalam artikel The Jombang Taste berikutnya. Semoga Anda selalu bersemangat menjalani hari-hari di tengah pandemi ini.

Bagikan tulisan ini:

2 Replies to “Kopdar Komunitas Blogger Jarak di Islamic Center Wonosalam Jombang”

  1. Pembentukan komunitas-komunitas kecil penggiat bisnis online di desa harus tetap dilakukan meskipun nanti ada seleksi alam terhadap anggota yang berminat dan tidak berminat menekuninya. Insya Allah pasti ada hikmah dibalik rutinitas membangun B
    blog pribadi bagi masyarakat desa.

  2. acara yg keren mas. salut utk konsistensi mas agus dalam menekuni dunia blogging. yang lain sdh menyerah tapi mas agus masih bertahan ngeblog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *