Motivasi Diri Dan Kerja Keras Menekuni Bisnis Online di Indonesia

bisnis online
bisnis online

Kerja keras hendaknya dilakukan oleh blogger dan pebisnis online dalam batas-batas sebagaimana seharusnya. Kadar ‘sebagaimana seharusnya’ mengandung pengertian bahwa kerja keras yang dimaksudkan di atas hendaknya memiliki parameter yang jelas. Tidak berkurang, tetapi juga tidak berlebihan.

Karena itu pula, kerja keras sebaiknya dibatasi pada ruang lingkup yang sudah ada dan tidak diperlebar ke manapun. Hal ini merupakan konsekuensi daripada hubungan blogger dan pebisnis online dengan pengguna internet awam yang memiliki tujuan berbeda dalam mengakses informasi di internet. Perbedaan tujuan bersosial di dunia maya inilah yang kerap kali menimbulkan perselisihan paham.

Semangat ngeblog dan berbisnis online di Indonesia kini sedang berkobar berkat dukungan iklim bisnis internet, misalnya dengan kehadiran Google Adsense untuk Bahasa Indonesia. Yang menjadi masalah adalah penyalahgunaan semangat atau motivasi berbisnis online yang diarahkan menuju sektor-sektor yang kurang produktif, atau bahkan tidak ada sangkut-pautnya dengan kewajiban dalam berbisnis.

Hindari Target Berlebihan

Selain beberap hal penting di atas, setiap blogger dan pebisnis online hendaknya menghindari target berlebihan dalam kerja keras. Terlebih target yang berada di luar kemampuan diri sendiri. Oleh karena itu, introspeksi diri dan paham kemampuan seharusnya selalu disadari benar. Target seperti itu, di tengah kondisi bisnis yang dipenuhi pemaksaan kehendak akibat kobaran semangat serta tekad membaja, bisa saja berprospek menurun.

Selain berpotensi menguras segala daya dan kemampuan yang sebelumnya telah terbina baik, memiliki target yang berlebihan juga dikhawatirkan merusak kerangka berpikir dalam masa-masa selanjutnya. Motivasi diri jangka panjang merupakan hal yang perlu diperhatikan sejak sekarang. Untuk itu, setiap blogger dan pebisnis online perlu menyikapi segalanya dengan low profile.

Hindari Target Bercabang

Blogger dan pebisnis online yang memiliki keahlian dalam beberapa niche bisnis memang memiliki lebih banyak kesempatan mendulang uang dari internet. Pada umumnya, blogger dan pebisnis online seperti itu tidak akan pernah kekurangan peluang walaupun semuanya memiliki kadar yang terbatas.

Kendati demikian, pebisnis online dan blogger tersebut dalam jangka panjang akan sulit meraih sukses yang diimpikannya. Dalam era jangka pendek, dikhawatirkan akan menimbulkan masalah dalam sektor keuangan karena disadari ataupun tidak disadari akan melahirkan ekonomi biaya tinggi.

Hindari Kepercayaan Berlebih

Di lain pihak, menipisnya aspek naluri sosial yang bisa berakibat fatal justru dikarenakan sikap blogger dan pebisnis online yang terlalu percaya diri (over confidence). Walaupun bertindak ekspansif tidak dilarang dan didukung oleh iklim bisnis online yang semakin kondusif, bukan berarti bahwa kendali bisnis boleh diserahkan sepenuhnya ke tangan orang lain.

Pada awal artikel ini telah dijelaskan bahwa kerja keras merupakan keharusan bagi setiap blogger dan pebisnis online walaupun bersifat terbatas. Oleh karena itu, walaupun dalam keadaan terpaksa, misalkan karena sesuatu hal Anda harus berada di belakang layar, maka fungsi kontrol atau pengawasan tidak boleh dilalaikan. Kendali usaha bisnis online harus berada pada level yang stabil.

Semoga artikel motivasi diri ini bisa berguna bagi blogger dan pebisnis online di Indonesia. Potensi mendapatkan uang dari internet bukanlah mitos dunia khayal. Setiap blogger dan pebisnis online bisa mendapatkan kesuksesan di internet berkat kerja keras dan kerja cerdas. Ayo bersemangat berbisnis di internet! Enjoy blogging, enjoy writing!

3 Replies to “Motivasi Diri Dan Kerja Keras Menekuni Bisnis Online di Indonesia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *