Peran Blog Intelijen Dalam Perang Kreatifitas Era Digital

Apa yang Anda pikirkan begitu mendengar nama blog intelijen? Saya bisa menebak bahwa isi kepala Anda tidak akan jauh dari tugas pengintaian dan penangkapan yang dijalankan oleh TNI dan Polri dalam usaha menangkap teroris. Arti kata intelijen terlanjur melekat dalam aktifitas militer berupa penangkapan orang-orang yang dianggap membahayakan keamanan dan kedaulatan sebuah negara.

Lebih dari itu, intelijen bisa bermakna lebih luas. Cakupan makna kata intelijen bukan hanya dalam bidang militer dan pertahanan dan keamanan. Penerapan fungsi intelijen telah mengarah kepada penguasaan bidang ekonomi, bisnis global, politik dan kekuasaan diplomatis sebuah negara atas negara lain.

Pihak yang menjalankan kegiatan memata-matai dan menganalisa bukan lagi terbatas kepada para aparat TNI-Polri. Warga sipil pun bisa menjadi agen intelijen yang membahayakan pihak lain. Bahkan seorang blogger pun mampu menjalankan tugas intelijen melalui pengumpulan berita, menganalisa sebuah peristiwa dan publikasi artikel melalui newsletter.

Membutuhkan Inovasi dan Gerak Cepat

Foto Robert Oppenheimer
Foto Robert Oppenheimer

Itulah gambaran sekilas mengenai fungsi intelijen yang telah saya amati selama beberapa bulan terakhir. Dalam hubungannya dengan fungsi ekonomi dan bisnis, keberadaan blog intelijen adalah salah satu pihak penting dalam menentukan kebijakan sebuah korporasi. Mengapa? Karena era digital membutuhkan kecepatan inovasi. Tanpa inovasi, kejayaan sebuah bisnis akan segera tumbang dan tergantikan oleh The Creative Young Guy.

Contoh mudah adalah kejatuhan beberapa perusahaan raksasa Jepang. Toshiba, Sanyo, Sharp, Sony, dan Panasonic sedang dalam kondisi sekarat. Siapa yang tak kenal Jepang. Teknologi Jepang yang telah mengglobal begitu dominan selama dua dekade terakhir ini. Saat ini para analis menyebut Jepang sebagai pesawat terbang berusia tua yang sedang terbang di langit dalam kondisi mesin sudah mati. Kita tinggal tunggu waktu yang tepat untuk kejatuhannya.

Menurut saya, para perusahaan raksasa Jepang tidak menjalankan fungsi intelijen dengan baik. Mereka terlalu kaku dalam menjaga langkah demi sebuah harmoni dan senioritas. Mereka lupa memanfaatkan informasi intelijen sehingga Samsung dan LG dari Korea berhasil meluluh-lantakkan kekuasaan mereka. Kalau mau gerak cepat, Jepang bisa memantau perkembangan blog intelijen yang selalu rajin mengabarkan update terkini terkait geliat bisnis secara global.

Peran Intelijen Dalam Dunia Bisnis

Saat ini telah hadir beberapa perusahaan dot com yang ‘menjual’ informasi hasil kerja agen intelijen mereka. Ya, mereka benar-benar menjual informasi seperti isi ebook Formula Bisnis. Saya sudah berlangganan salah satu layanan Global Strategic Intelligence sub-divisi Maghreb Confidential sejak beberapa bulan lalu. Dari newsletter yang mereka kirimkan setiap tiga hari sekali itu saya bisa menyimpulkan bahwa peran intelijen dalam dunia bisnis sangat penting.

Misalnya, volume perdagangan minyak bumi di Afrika akhir-akhir ini mengalami gejolak yang memprihatikan akibat kerusuhan di sejumlah wilayah. Newsletter tersebut membahas langkah-langkah rahasia yang dilakukan para petinggi perusahaan minyak Aljazair dengan melakukan rencana diplomasi dengan negara Perancis. Informasi ini tentu berpengaruh bagi banyak kalangan pebisnis terkait negara yang bersangkutan.

Pada North America Section, topik paling hangat hasil analisa layanan intelijen adalah usaha Pentagon dalam mengatasi masalah perang menghadapi cracker di dunia maya. Beragam upaya dilakukan badan pertahanan Amerika tersebut sebagai bagian keamanan perusahaan di era digital. Tak kalah menarik disimak, China bersaing ketat dengan Amerika dalam segala bidang kehidupan, termasuk industri teknologi digital.

Jadi, bila Anda saat ini sedang menjalankan usaha yang berhubungan dengan kreatifitas bekerja dan kecepatan mengambil keputusan, maka jangan lupakan peran blog intelijen. Ada banyak website badan intelijen negara maupun swasta yang menawarkan informasi gratis maupun berbayar. Dengan mengantongi kabar terkini dan tercepat, Anda bisa lebih gesit bertindak selangkah lebih maju dibanding kompetitor Anda.

Semoga terinspirasi. Enjoy blogging, enjoy writing!

2 Replies to “Peran Blog Intelijen Dalam Perang Kreatifitas Era Digital”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *