Review Buku: Sukses Berbisnis di Internet Dalam 29 Hari

Posting kali ini adalah review buku best seller yang berjudul Sukses Berbisnis di Internet Dalam 29 Hari karya Sukarto dan Hianoto Santoso. Keduanya adalah praktisi dan pengusaha bisnis internet sekaligus pendiri website BelajarBisnisInternet.com

Kalimat ‘dalam 29 hari’ memang terdengar berlebihan. Yang sudah berbulan-bulan pantengin laptop saja masih merasa belum sukses. Tapi jangan terburu-buru menilai buku sampai Anda membaca tuntas halaman demi halaman yang dicetak. Buku ini adalah panduan, sekali lagi panduan, seperti halnya SMUO yang mengajarkan cara bikin ebook yang baik dan benar.

Buku yang saya dapat dari mas Budhi K. Wardhana ini adalah versi panduan bisnis online terlengkap yang pernah saya baca. Banyak hal yang dibahas. Dari memilih niche, membangun website, membuat toko online dengan WordPress, membangun list, riset keyword, optimasi SEO hingga strategi memanfaatkan website lain yang high traffic.

Pentingnya Menemukan Alasan Untuk Membangun Bisnis Internet yang Sukses

Kalau mau dibahas semuanya pasti tidak cukup satu artikel ini. Salah satu hal menarik yang diungkapkan di halaman depan adalah pentingnya membangun mindset pebisnis sukses. Lebih spesifik lagi adalah mengetahui alasan mengapa Anda ingin membuat bisnis internet yang sukses. Begitu menemukan alasan yang kuat, maka Anda akan dipaksa menemukan cara untuk mencapainya.

Di sini disajikan contoh latihan yang diharapkan bisa membantu kita menemukan alasan tersebut. Kalau ada waktu, silakan dipraktekkan hal berikut:

Tutup mata Anda dan rileks. Buat tubuh Anda rileks. Tenangkan pikiran hingga bisa focus. Mendengarkan lagu instrument yang lembut juga dapat membuat tubuh Anda rileks. Tarik napas panjang dan hembuskan pelan-pelan. Lakukan tiga kali. Buat tubuh Anda rileks dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Setelah mencapai kondisi tubuh yang rileks, tanyakan: “Mengapa saya ingin membuat bisnis internet yang sukses?”

Temukan alasan/sebab yang emosional dan kuat. Visualisasikan arti dari memiliki sebuah bisnis online yang sukses. Visualisasikan website/blog anda menghasilkan penjualan setiap hari dan pelanggan anda senang memberikan uang mereka untuk ditukarkan dengan produk, informasi atau jasa Anda.

Visualisasikan bagaimana hidup Anda berubah menjadi jauh lebih baik dengan bisnis online Anda yang sukses. Rasakan perasaan senang, bangga dan percaya diri saat mengetahui begitu banyak uang masuk ke rekening Anda. Rasakan perasaan senang dan nyaman ini untuk beberapa saat.

Sekarang tarik napas panjang lagi dan hitung dari angka 1 sampai 5 secara perlahan dan bukalah mata Anda secara perlahan.

Kalau latihan di atas sukses, Anda akan menemukan alasan kuat mengapa ingin terjun ke bisnis online. Apapun bayangan yang muncul, tuliskan saja di selembar kertas. Dari situ akan dapat Anda buat sasaran jangka pendek ataupun jangka panjang yang masih terkait dengan alasan yang telah Anda ciptakan sendiri.

Kalimat yang muncul bisa bermacam-macam. Misalnya, Anda ingin keluar dari pekerjaan offline saat ini dan full di bisnis online sehingga semakin banyak waktu untuk dihabiskan bersama keluarga. Atau bagi yang masih lajang berkeinginan mengumpulkan sebanyak mungkin dana untuk persiapan pernikahan dan bulan madu ke Bali selama satu minggu.

Kalau goals dia atas sudah di tulis, cobalah secara rutin dibaca dan dibayangkan telah menjadi kenyataan setiap malam sebelum tidur. Mengapa sebelum tidur? Sebelum tidur adalah waktu yang tepat agar visualisasi di atas masuk ke pikiran bawah sadar.

Setelah menemukan alasan-alasan tersebut, bisa kita lanjutkan dengan membuat sasaran jangka pendek untuk 3 bulan ke depan yang masih terkait dengan alasan yang telah ditulis. Apakah langkah  ini menjamin kita bisa sukses? Tidak juga.

Tapi saya pribadi berpendapat: bagaimana bisa punya sesuatu yang riil kalau bayangin saja belum bisa. Ibarat seorang manusia pedalaman yang tinggal terasing dari peradaban modern, pasti nggak akan punya impian asyiknya mengendarai mobil Ferrari 999 GTO. Lha bentuknya saja belum tahu, gimana bayanginnya.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah menemukan alasan tersebut? Asal jangan cari alasan untuk tidak berkomentar di artikel kali ini…

2 thoughts on “Review Buku: Sukses Berbisnis di Internet Dalam 29 Hari”

  1. Pingback: Chaussures Nike Free Run
  2. Pingback: parka canada goose femme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>