Semakin Tinggi Pohon, Semakin Kencang Angin Menerpa

Pergilah kau dari hadapanku
Pergilah kau dari hadapanku

Saya turut prihatin atas nasib blog mashengky.com yang hingga tulisan ini saya ketik masih berjuang melawan serangan malware. Beberapa kali saya coba blogwalking kesana, pihak security terus-terusan memberi warning. Akhirnya saya mengalah. Daripada membahayakan system PC, lebih baik saya mundur sebentar.

Saat hal ini coba saya angkat dalam Facebook, komentar yang muncul bermacam-macam. Kalau Mas Hengky memprotes blog pribadi terkenal sumber virus, mas Arief justru menyalahkan pembuat virus.

Perkembangan dunia blogging begitu pesat. Setiap saat selalu ada pembaruan dari edisi sebelumnya. Misalnya, sekarang sudah ada WordPress upgrade seri 2.9.1. Lalu yang terbaru adalah serangan virus pada blog.

Seiring kemajuan tersebut, banyak cara yang ditempuh dalam memenangkan persaingan. Bukan hanya pikiran yang harus terus diasah. Seperti menambah koleksi ebook, referensi bacaan dan sejenisnya. Tetapi juga kemampuan teknis lainnya. Termasuk pengetahuan menangkal serangan virus.

Seperti kata pepatah, semakin tinggi pohon semakin kencang angin yang menerpa. Jadi, secara alami hal-hal seperti ini sudah bisa diprediksi sebelumnya. Hanya saja, kita tidak tahu kapan kejadiannya.

Jadi, harus bagaimana dong?

Nah tugas kita adalah membekali diri dengan kemampuan menghadapi tantangan tersebut. Bisa melalui blogwalking, konsultasi dengan blogger senior, mencari info di search engine ataupun membeli buku panduan. Jangan sampai kemampuan kita tertinggal langkah oleh kemajuan itu sendiri.

Semoga artikel singkat ini memberi manfaat bagi teman-teman.

82 Replies to “Semakin Tinggi Pohon, Semakin Kencang Angin Menerpa”

    1. Well… Resiko jadi org populer begitu itu mas. Harus siap dgn segala kemungkinan.

      Yg jelas ketika ada masalah, berusahalah tetap tenang dan sabar. Krn dgn begitu, kita bisa berpikir jernih tentang solusi terbaik.

      Dan memang inilah hidup. Selalu ada masalah. Satu2nya tempat yg ngga ada masalah hanya kuburan (alias kita udah mati).

      Salam

        1. coba deh membahas blog joko susilo, pasti cepet ngetop wakakakk.. makasih ya sudah mengangkat blog saya ke tempat ini.. appreciate it very much!

          1. Waduh, sudah tiga kali mas Hengky ngucap terima kasih.

            Jadi terharu nih.

            Hehehe… 😀

          2. aduh mas hengky knapa blog saya terkait masalah ini nih.. padahal saya ga tau apa-apa soal ini… soalnya saya sendiri juga baru tau karena waktu itu dapat laporan dari mas triwahyudi.. ya udah deh saya buru-buru delete blog saya n bikin baru lagi… apa mungkin karena saya upgrade ke 2.9.1 ya ?? soalnya waktu versi 2.8 ga ada apa-apa koq..

      1. maaf saya luruskan nih..di kuburan juga ada masalah mas..ada adzab kubur bagi yang berbuat kerusakan di muka bumi, so jadikan hidup ini lebih bermanfaat buat orang lain, biar disana nanti ringan adzabnya..sekali lagi maaf ya..

  1. Mau serangan apapun. . . kita kudu backup secara berkala dan update wordpress setiap kali ada updet baru. Turut simpati atas kejadian ini thpd MH. Mohon sharing -nya jg, jd ini bisa dijadikan langkah preventif buat blogger yg lain-nya

    1. Pada akhirnya memang menyerang komputer, mas. Hanya saja, media penularannya melalui attachment yang tersimpan di dalam blog tersebut.

  2. saya mala berfikir dan mengusulkan ada satu blog yang memang membahas masalah proteksi blog dari segala serangan-serangan ini..

    turut prihatin juga atas penyakit yang di derita mashengky.com kita cukup kehilangan hiburan menarik dari aksi-aksinya..

  3. trims udah mampir ketempat saya mas agus……..

    wah serangan virus ya!!?!? kalau saya cuma blog apa bisa diserang juga ya mas?????

    wih gimana cara mencari tahunya ya!?!?!?!?

    1. Virus bisa menyerang blog kita saat dalam blog kita terdapat link menuju blog penyebar virus tersebut. Untuk itu kita harus hati-hati memberi backlink kepada teman blogger.

      1. @Ya benar mas, terutama pada teman blogger antah baratah yang baru nongol sudah minta backlink. waspada..wasapada..waspadalah ..)

        1. @ mas sumartono, tapi aq meski baru nongol g usah di waspaidai lho mas!!! kasihan donk ma wong ndeso. hehehehe

  4. Apa yang dialamai blognya Mas Hengky saya turut prihatin, "Jangan patah semangat mas, terus berjuang. Hasil karya anda selalu dinanti. Yakinlah tidak ada cobaan yang tidak ada penangkalnya, cepat atau lambat."

    1. Selalu ada blessing in disguise alias hikmah tersembunyi dari sebuah 'bencana'. Semoga kejadian ini menjadi peringatan serius untuk kita semua.

  5. semoga cepat ketemu cara menangkal virusnya yah, jadi kalo misalnya suatu saat (mudah2an tidak) blog sy kena virus, bisa langsung nanya sm bapak2 hebad ini, yg komen di atas2 ini 😀

    1. Nggak hebat-hebat amat kok, iLLa. Kita semua juga sedang dalam belajar.
      Kalau berkomentar pede sajalah. Nggak ada salah benar dalam berkomentar. Justru lewat forum diskusi seperti ini kita dapat mempertemukan ide-ide yang berbeda menjadi satu.

  6. Sebaiknya akarnya di perhatikan juga supaya tidak tumbang.

    Kalau menurut saya akarnya seperti ke-Ikhlas-an kita menghadapinya. Insya Allah pasti ada jalannya.

    Untuk mas Hengky, semoga cepet sembuh blognya. amin

  7. Semakin Tinggi Pohon, Semakin Kencang Angin Menerpa…

    Saya suka kata-kata ini.

    Buat MH, ingatlah, angin kencang itu untuk menguji keperkasaan pohon yang besar, sementara angin sepoi-sepoi basa hanya untuk ilalang yang setiap hari diinjak-injak orang.

    Turut prihatin mas!

    1. Kasihan yang masih berupa ilalang. Kalau nggak dimakan gajah, pasti diinjak-injak manusia. Untuk itu kita harus bisa ber-mutasi menjadi menjadi pohon yang besar dan kokoh. Perumpamaan yang bagus mas.

  8. Ternyata ada yang senasib dengan saya…

    Hadiah taun baru yg nggak mungkin saya lupakan

    Kedatangan tamu Sastro Paijan alias TroJan bener2 menjengkelkan, dan itu benar2 saya alami…

  9. Nggak tanggung2, 4 blog saya terinveksi semua.

    Alhamdulillah semua bisa terselesaikan.

    Virus T2074N bener2 EDAN!!!

  10. disinilah salah satu manfaat ngeblog, saling mengingatkan dan kasih informasi yang bermanfaat buat yang lain..

    sukses selalu mas Agus

  11. wah wah blog yang belum terkenal seperti saya udah kena virus gimana yang udah terkenal seperti mas agus ini… pasti banyak pesaing yang bermain curang untuk mendapatkan kepopuleran… terus berjuang mas agus !

    1. Salah satunya adalah berhati-hati memberi backlink kepada blog teman. Kalau belum kenal sepak terjangnya, lebih baik tunda dulu beberapa waktu.

  12. pepatah yang baik untuk para pebisnis online saat ini mas agus.semakin sukses seseorang dalam bisnis internet pasti akan ada isu mengenai produk yang dijualnya seperti penipuan.namun hal tersebut tentunya membuat kita semakin dewasa dalam berpikir mengatasi setiap permasalahan yang kerap kali muncul menghantui kita.

  13. Pingback: Angel Pham
  14. I like Your Article about Semakin Tinggi Pohon, Semakin Kencang Angin Menerpa | Catatan Motivasi Blogging Indonesia Perfect just what I was searching for! .

  15. Outstanding job, Your communicating is an fantabulous instance of why I livelihood forthcoming back to construe your quality statement

  16. Pingback: Toni
  17. Uppercase job, Your communicating is an superior information of why I protect reaching rearmost to have your lineament commentary

  18. It is perfect time to make some plans for the future and it’s time to be happy. I have read this post and if I could I wish to suggest you few interesting things or tips. Maybe you could write next articles referring to this article. I want to read more things about it!

  19. Pingback: Free Piano

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *