Trik Mudah Agar AC Tetap Dingin

cara-merawat-ac-dengan-mudahSering kali kesabaran orang diuji ketika AC yang digunakan tidak lagi terasa dingin, apalagi saat udara sedang panas dan Anda sudah berekspektasi untuk menyejukkan diri di dalam ruangan ber AC, atau apabila Anda sudah beraktivitas seharian dan ingin memanjakan diri dengan berada di dalam ruangan yang sejuk.

Sebenarnya untuk membuat AC Anda tetap dingin tidaklah sulit, bahkan bisa dibilang mudah. Oleh karena itu, simak trik-trik di bawah ini agar AC yang Anda gunakan tetap dingin dan selalu dalam kondisi prima!

Menyetel Suhu Di Atas 22°C

Bila Anda menyetel suhu di bawah 22°C, hal ini akan membuat AC Anda boros energi dan bekerja lebih keras. Hal ini juga akan membuat AC Anda cepat rusak karena komponen di dalamnya dipaksa bekerja terus menerus. Idealnya, suhu ruangan yang tepat berkisar pada suhu 25°C, karena itu kita tidak perlu untuk menyetel suhu AC pada suhu yang terlalu rendah, apalagi sampai suhu 16-17°C.

Memilih AC dengan Kapasitas yang Tepat

Setiap AC memiliki kapasitas PK yang berbeda. Idealnya, semakin besar ruangan maka akan semakin besar pula PK yang dibutuhkan. Umumnya untuk kamar yang kecil menggunakan AC dengan kapasitas 1/2 PK atau 3/4 PK. Sedangkan untuk kamar yang besar menggunakan AC 1 PK. Bila Anda menaruh AC dengan PK yang terlalu kecil di ruangan yang besar, maka AC tidak dapat bekerja secara optimal dan ruangan tidak akan terasa dingin.

AC dengan Kapasitas Kecil Tidak Dianjurkan di Ruang Penuh Kaca

Ruangan yang penuh jendela kaca akan sulit untuk mendinginkan ruangan secara optimal bila Anda menggunakan AC dengan PK kecil. Akan lebih baik bila Anda menggantikan AC dengan ventilasi udara. Bila Anda memang ingin menggunakan AC, dianjurkan untuk menggunakan AC dengan kapasitas PK yang tinggi.

Pastikan Anda Menutup Pintu Bila Keluar Masuk Ruangan Ber AC

Bila Anda tidak menutup pintu pada ruangan ber-AC, otomatis AC harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan karena udara dingin akan keluar ruangan. Sama halnya jika Anda memiliki kamar mandi di kamar, jika Anda tidak menutup pintu, maka luas ruangan yang perlu didinginkan menjadi lebih besar. Karena itu usahakan untuk menutup pintu atau jendela untuk mencegah temperatur naik.

Lakukan Perawatan Secara Rutin

temukan-penyedia-jasa-segala-kebutuhan-anda-di-sejasa-comMungkin terdengar seperti hal yang sepele, tetapi perawatan rutin adalah salah satu cara untuk menjaga performa AC tetap optimal. Bila Anda kesulitan untuk mendapatkan service AC yang bisa dipercaya, kini sudah hadir sebuah marketplace jasa di Indonesia bernama Sejasa.com yang dapat memudahkan Anda untuk mendapatkan penyedia jasa service AC yang terpercaya sesuai budget dan lokasi Anda tinggal. Salah satu kelebihan menggunakan Sejasa.com adalah Anda dapat membandingkan penyedia jasa yang satu dengan yang lain dan membaca reviewnya sehingga Anda dapat memilih yang paling cocok!

14 Replies to “Trik Mudah Agar AC Tetap Dingin”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *