3 Jurus Ampuh Menulis Artikel

Menulis artikel yang mampu menarik perhatian pengunjung blog memang gampang-gampang susah. Kalau boleh saya bilang, inilah seninya menulis artikel blog. Punya tantangan tersendiri dibanding media bacaan lainnya seperti koran, tabloid, buletin dan majalah.

Ada kalanya kita sudah muter otak sampai pusing tujuh keliling, tapi respons yang di dapat cuma masuk telinga kanan lalu keluar telinga kiri. Bablas angine! Atau bisa juga Anda alami menulis artikel ala kadarnya tapi toh tetap bisa jadi best reader.

Itulah karakter dunia blogging yang tidak pernah pasti. Namun, Anda tidak perlu belajar ilmu pelet apalagi pasang susuk jika tujuannya menarik perhatian pengunjung blog. Cukup perhatikan 3 hal berikut ini: 

1. Judul yang menarik.

Memang benar apa kata iklan: kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda. Kalau judul tulisan sudah nggak bisa memancing rasa penasaran pembaca, besar kemungkinan mereka segera kabur dari blog Anda (kecuali visitor blog adalah para kerabat yang memang menjadi fans berat blog Anda).

Oleh karena itu, cara memilih judul wajib dipelajari. Kalau perlu buatlah judul yang heboh dan mengundang kontroversi yang sekiranya membuat mata pembaca terbelalak seketika. Untuk hal ini, silakan perhatikan blog Fadly Muin, Andrean Saputro dan Budhi K. Wardhana. Tapi ingat ya, boleh heboh tapi jangan hoax. Nanti dapat kiriman hujan batabig lagi. Hahaha.

2. Kesegaran informasi.

Akibat kemajuan teknologi, pengguna internet dijejali info terkini setiap detiknya. Yang basi sudah nggak laku lagi. Dan karena perilaku masyarakat telah mengalami pergeseran nilai-nilai sosial, maka dibutuhkan trik baru yang lebih adaptif dan memantik rasa ingin tahu pembaca.

Boleh saja kalau Anda tetap kekeuh pada prinsip penulisan artikel konvensional, tapi saran saya harus tetap diberi bumbu modern supaya tetap menarik dibaca.

Misalnya, blog Anda tentang marketing dan sedang membahas rumus AIDA. Meskipun tuh rumus sudah jadul, tapi tidak menutup kemungkinan menjadi best reader kalau ditulis ulang oleh blogger bergaya muda.

3. Bahasa mudah dipahami.

Pemakaian bahasa yang hiperbolis, allay apalagi lebay memang tengah menjadi trend saat ini. Tapi harap dipertimbangkan fakta berikut ini. Mobilitas pengguna internet itu sangat tinggi. Mereka dengan mudah dapat berpindah halaman pencarian dengan sekali klik.

Jika tulisan Anda sukses membuat pusing di awal-awal paragraf, jangan harap kalimat berikutnya akan dibaca. Tidak dijuluki blogger nggak jelas saja sudah untung. Hehehe.

Termasuk juga pilihan memakai kosakata yang sesuai EYD. Bahasa baku tidak menjamin tulisan Anda akan mudah dipahami. Yang banyak terjadi justru gaya bahasa bercakap-cakap lebih mudah disukai pembaca karena kemudahan bertutur layaknya sedang berhadap-hadapan.

Sekarang silakan periksa tulisan blog Anda. Sudah menjalankan 3 Jurus Ampuh di atas atau belum? Atau jangan-jangan sudah curi start praktek 3 Jurus Ampuh ala SMUO?

3 Replies to “3 Jurus Ampuh Menulis Artikel”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *