5 Langkah Agar Ngeblog Aman Terkendali dan Tidak Kena Hack

Tempat Bekerja Seniman di Belakang Layar
Tempat Bekerja Seniman di Belakang Layar

Apa kabar teman-teman? Bagaimana kabar blog Anda? Masih semangat update artikel? Atau malah terkena bencana karena blog Anda dibajak cracker? Jika Anda baru mulai ngeblog, agar aktivitas update artikel berjalan lancar tanpa hambatan, perlu diperhatikan beberapa hal berikut.

Pertama, jaga kerahasiaan username dan password untuk log in ke blog Anda. Tidak seorangpun boleh tahu, termasuk orang tua, suami/isteri dan pacar anda. Sekali data tersebut bocor, segera ubah melalui site admin. Bahkan, jika perlu ubah username dan password Anda secara berkala. Catat data-data tersebut dalam sebuah buku tersendiri dan simpan di tempat yang aman.

Kedua, hindari menunjukkan data pribadi yang sangat personal. Misalnya, tempat favorit anda menghabiskan malam minggu. Kurang kerjaan banget ya ngasih tahu tempat nongkrong. Hal itu sebaiknya tidak Anda lakukan kecuali jika Anda merupakan seorang foodbloger yang kerapkali melakukan review terhadap beragama wisata kuliner yang sudah Anda kunjungi.

Ketiga, hati-hati menampilkan profile Anda. Termasuk nama lengkap, domisili, kode pos, alamat email dan nomor HP. Ini adalah jenis informasi yang sangat disukai para β€˜predator’. Terutama nomor HP. Jika sudah tersebar luas, siap-siap jadi artis dadakan. Akan banyak yang ngajak kenalan lewat SMS, termasuk juga penawaran produk-produk yang tidak penting bagi Anda.

Keempat, bertingkah lakulah seperti seorang β€˜predator’ saat membaca artikel blog Anda. Jika masih ditemukan adanya celah bagi mereka untuk beraksi, segera perbaiki. Ingat, Anda hanya sendirian menghadapi ribuan predator tersebut. Jika Anda sudah menemukan celah itu, maka segera perbaiki. Bagaimana caranya? Pasang plugin security yang ada di WordPress.

Kelima, jangan tinggalkan blog Anda dalam keadaan terbuka/belum log out, meskipun hanya sebentar. Terutama bagi blogger yang masih mengandalkan warnet sebagai tempat mendapatkan koneksi internet. Karena hanya butuh beberapa detik saja untuk merusak semua isi blog. Kalaupun Anda login di laptop pribadi, maka jangan pernah meminjamkan laptop tersebut kepada orang lain.

Aktifitas blogging yang aman berawal dari ketepatan seorang blogger memilih beragam tips keamanan ngeblog. Semoga tips di atas bisa bermanfaat bagi Anda.

Bagikan artikel ini melalui:

27 Replies to “5 Langkah Agar Ngeblog Aman Terkendali dan Tidak Kena Hack”

  1. "Masih semangat update artikel?"

    Rasanya saya blom pernah apdet artikel, yg ada juga curcol, hwehehe…

    dari 5 tips itu, yg masih sering sy lakukan itu yg poin trakhir. Males euy log out πŸ˜€

    tapi sy ngenetnya di rumah koq. bdw trima kasih untuk saran dan tipsnya. it's so useful πŸ™‚

  2. Saya juga meninggalkan email dan telepon di profile. Tapi yang telepon bukannya nanyain blog atau website (habis belum punya produk online sih), tapi malah mau order kabel….wkwkwkwkwk

  3. tambah satu lagi mas agus…

    gunakan verifikasi captcha di komentar. Mudah2n bisa menangkal cracker

    Salam Kreatif,

    Octa Dwinanda

  4. tambah satu lagi mas agus…

    gunakan verifikasi captcha di komentar. Sepertinya ampuh juga tuh untuk menangkal cracker.

    Salam Kreatif,

    Octa Dwinanda

  5. ohhh saya makasih banget atas artikel ini mas… point yang ke-5 mas… saya sering lakukan…. aduh untung dikasih tau sama mas Agung… ^_^

    Alhamdullillah…

    Oia…mang gimana hacker cara ngebajak lewat blog yang belum di log out mas ?

    1. Cracker itu kerjanya mirip hacker, hanya saja beda fungsi.

      Hacker = memperbaiki keamanan yang masih lubang2.

      Cracker = merusak situs yang dibobol.

  6. boleh nambin ga nih bro hehe3x. 1.pasang anti trojan,keyloger etc, mallware seperti itu jika berhasil disusupkan atacker ke pc serapih apapun acount tersimpan sdh tdk ada gunanya.

    2.jika di pc warnet sehabis logout lakukan clear privat data di browser,pada kasus tertentu passwd bisa dipanggil ulang.

    3.bedakan passwd antara acount yg satu dengan yg lainnya,bila perlu gunakan passwd manager.

  7. Hi there, an outstanding piece of writing mate. Good reveal. Still We’re having difficulty in the Feed. Unable to enroll in that. Truly does other companies experiencing same RSS feed issues? Anybody who could assist i implore you to post. Thanks a ton.

  8. My buddy indicated A totally free probably that way web site. Your puppy once were fully best. This approach write-up in reality produced your daytime. You cannot assume only the easiest way a whole lot of period I had put together paid out for this particular tips! Bless you!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *