5 Tool Yang Bermanfaat Untuk Memproduksi dan Menyebarkan Artikel Blog

Review Jurnal Akuntansi Lingkungan Pada Industri Farmasi di Yordania
Review Jurnal Akuntansi Lingkungan Pada Industri Farmasi di Yordania

Menulis artikel dan menyebarluaskan di internet adalah satu proses yang saling berurutan. Agar mampu menghasilkan traffic ke website, ketahui macam-macam tool bisa membantu kerja Anda.

Artikel blog adalah salah satu senjata ampuh bagi blogger dan pebisnis online untuk mendistribusikan ide pribadi, review produk dan segala sesuatu yang berhubungan dengan proses promosi web. Artikel juga yang mampu menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk mendatangi website Anda.

Sayangnya, tidak semua blogger mampu menghasilkan artikel yang berkualitas dan bisa mengundang kunjungan berulang ke website yang dikelolanya. Setidaknya terdapat 5 (lima) tool yang berperan dalam proses kreatif penciptaan artikel dan penyebarannya. Yaitu:

Situs jejaring sosial

Tidak bisa disangkal lagi, jejaring sosial telah menjadi menu wajib bagi sebagian besar manusia di dunia saat ini. Baik sebagai blogger aktif, blogger pasif, maupun pengguna internet secara umum, ketiganya terlibat dalam lalu lintas berbagi informasi dan berinteraksi dengan komunitas yang diikutinya.

Timeline jejaring sosial saat ini telah berubah menjadi buku bacaan elektronik dengan keunggulan kecepatan penyebaran berita. Ide-ide segar untuk menulis seringkali terlahir secara spontan saat kita tanpa sadar berguman dalam batin menyikapi satu peristiwa menarik. I’m flowing! Dalam kondisi otak yang mengalir inilah ide siap diubah menjadi artikel blog.

Blog pribadi

Inilah yang disebut sebagai rumah tempat tinggal blogger. Baik yang gratisan maupun berbayar, memiliki blog pribadi adalah cara paling bagus untuk menunjukkan konten kita kepada pengunjung. Dengan mengunjungi blog kita memperoleh informasi baru dan membangun jaringan blogger yang saling menguntungkan.

Bagi seorang pebisnis online, mengupdate blog secara rutin adalah satu kewajiban. Dalam seminggu, Anda harus menerbitkan 2-3 artikel baru sesuai dengan bidang yang Anda tekuni. Ini adalah upaya berkelanjutan untuk menumbuhkan kepercayaan bagi pengunjung blog. Siapa tahu mereka kelak akan menjadi prospek potensial Anda.

Situs sosial bookmark

Jangan salah memahami ya, Social Network (jejaring sosial) itu tidak sama dengan social bookmark. Contoh daftar sosial bookmark do follow silakan buka link ini. Namun secara umum keduanya memiliki kemiripan fungsi, yaitu menyebarkan link artikel Anda ke seluruh pengguna internet di dunia hanya dengan menekan tombol submit.

Salah satu keunggulan sosial bookmark adalah adanya newsletter berkala (biasanya mingguan) yang memberi rating atau peringkat kepada artikel berkualitas dan yang mendapat banyak respons dari pemilik akun lainnya. Bila url artikel Anda terpilih dalam newsletter, maka bersiaplah menghadapi lonjakan traffic dari seluruh dunia.

Artikel direktori

Artikel direktori menyediakan ribuan konten yang berkualitas, selalu ter-update, terpercaya dan bisa menjadi ide menulis yang tidak akan pernah habis digali. Terdapat banyak topik dan sub-topik yang bisa Anda pilih sesuai kategori blog Anda. Bagi yang belum menemukan topik ngeblog, saya sarankan sering main-main ke EzineArticles.Com ArticleDirectory.Com Squidoo.Com dan beberapa artikel direktori lain.

Selain itu, dalam hal optimasi web (SEO) Β pelaku bisnis online memanfaatkan backlink berkualitas yang terdapat pada paragraf terakhir yang berisi deskripsi singkat pengarang. Dapat dikatakan ini cara bagus membangun personal branding di bisnis online karena tanpa perlu susah payah pengunjung tertarget telah membaca artikel Anda dan ada kemungkinan mengunjungi web Anda.

Forum

Forum adalah tempat berkumpulnya para pengguna internet yang memiliki ketertarikan kepada satu bidang yang sama. Inilah lokasi yang tepat untuk mempromosikan konten web Anda dan mendapatkan limpahan traffic. Salah satu forum yang saya sarankan untuk diikuti adalah Kaskus, AdSense-Id dan VIVAlog.

Masing-masing forum memiliki aturan (TOS) masing-masing tentang pemberlakuan promosi web, khususnya penyertaan url artikel web. Sebaiknya Anda mematuhi aturan forum dan menghindari pelanggaran TOS forum atau keanggotaan Anda akan dicekal dan website Anda dianggap sebagai web spammer.

Itulah lima tool yang bisa Anda manfaatkan untuk menggali ide menulis dan mempromosikan artikel blog. Selain lima hal tersebut, mungkin ada yang mau menambahkan?

Bagikan artikel ini melalui:

25 Replies to “5 Tool Yang Bermanfaat Untuk Memproduksi dan Menyebarkan Artikel Blog”

  1. Dari kelima alat di atas, saya baru menggunakan situs jejaring sosial (Facebok dan Twitter), blog, dan situs sosial-bookmarking. Kalau Forum, sebenarnya pernah beberapa kali saya dapat backlink dari sana (misalnya dari kaskus). Beberapa tulisan blog saya pernah dijadikan bahan thread di situs forum tersebut. Salah satunya tulisan saya tentang acara Dua Dunia Trans 7.

  2. saya belum coba social bookmarking dan forum… kok rasanya agak ribet kalau harus klik submit ke setiap soc-book itu. Maunya otomatis aja πŸ˜€ Kalau forum, ngga deh πŸ˜€

    EM

  3. yang paling bagus memang blog pribadi mas, karena cakupan dan penyebarannya bisa sangat luas. siapa saja bisa membaca di blog. kalau jejaring sosial mungkin penyebarannya hanya sebatas teman dan kurang luas.

  4. Wew… keren mas!
    btw, tau gak gimana menghindarkan artikel kita dari pelaku AGC?
    kok tulisan saya sering banget di jadikan content oleh orang yang bandel tuh… πŸ™‚

  5. mau tanya mas agus, klo menggunakan sosial bookmark dari luar apakah ada pembacanya selain niat memperoleh backlink? maksudnya apakah ada traffic dari indonya ? karna saya hanya biasa memanfaatkan situs lokal sperti submit di infogue dan lintasberita.

  6. Contoh nyata dahsyatnya kekuatan internet sudah berkali-kali saya sudah membuktikannya. Lewat kombinasi blog dan social media sudah begitu ampuh menggoyang internet. Artikel langsung cepat sekali nyebarnya.

    Saya kalau yang forum belum aktif. Belum ada satupun forum yang pernah saya ikuti. Hanya ikutan di milis saja. Kalau social bookmarking kadang-kadang.

  7. saya belum pernah pake vorum dan social bookmark sih..
    saya kira social bookmark itu sama dengan social network πŸ˜€

  8. saya cuma menyebarkan via jejaring sosial mas.. artikel direktori ma forum kurang dioptimasi hehehe…
    jarang ada waktu online sekarang soalnya

      1. enggak mas… saya g punya dummy blog.. semua blog cm beda2 niche.. dari dot com mpe web.id
        emang cara ngukurnya dari mana mas agus?? saya malah gak tau e kalau ngukur dari artikel..
        tp dl pernah pake seoscore utk blog saya emang hasilnya ckp bagus ehehe

  9. Wah sangat berguna … walaupun sesaat mendatangkan traffic … semua tips di atas sangat berguna (saya seh sering bertandang ke forum biar pun sedikit tapi seringnya dateng deh setiap hari, apalagi kalo ada yang comeng … eh komentar) … tapi artikel direktori sekarang juga sangat bagus utk traffic … nice info lah πŸ™‚

  10. Ping-balik: air max women
  11. Ping-balik: parajumpers pas cher

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *