Tips Menjaga Privasi di Facebook

tataplah matahari dan abaikan bayanganmu
tataplah matahari dan abaikan bayanganmu

Karena tidak berhati-hati ketika mengunakan fitur-fitur di facebook , orang lain bisa memiliki persepsi miring tentang kita . misalnya saat foto-foto kita yang tidak layak tersebar diantara rekan atau teman. Ataau terpajangnya konten takpantas di dinding yang dapat membuat kita di anggap aneh. Bisa juga ada orang lain yang secara langsung maupun tidak berniat atau telah mencemarkan nama baik kita melalui update status atau pun menandai foto yang   mereka lakukan.

Beberapa pengguna facebook mungkin tidak paham atau malas mempelajari kiat pengaturan privasi. Padahal caranya mudah. Jangan sampai karena ketidak tahuan atau kemalasan nama baik kita menjadi tercemar dan sulit untuk dipulihkan. Berikut ini tips yang dapat diikuti. Manfaatkan daftar teman Bagi kebanyakan orang fitur daftar teman mungkin tidak dianggap penting. Namun hal ini membantu kita mengatur teman facebook yang mungkin berjumlah ratusan. Fitur ini juga memudahkan kita mencari teman facebook lain yang jarang di hubungi. Bertemanlah hanya dengan orang yang dikenal. Hal ini berguna untuk mencegah hal-hal yang nggak diinginkan. Misalnya kejahatan di internet.

Daftar teman pun berfungsi memudahkan pengaturan jenis privasi antara kita dan seseorang Hilangkan nama kita di pencarian facebook Bagi yang belum menggerti kita bisa menghilangkan nama kita di pencarian facebook. Hal ini tentu untuk memjaga agar profil kita tidak mudah dicari orang. Kalau memang dia nggak kenal, nggak bakalan tahu alamat facebook kita.

Caranya cari pengaturan privasi pada opsi akun dikanan atas. Pada pengaturan privasi pilih search. Non-aktifkan hasil pencarian publik. Klik confirmasi. Semoga tips aman main di facebook ini bisa berguna untuk Anda. Harap diingat, kejahatan bisa terjadi bukan hanya karena niat buruk pelakunya, tetapi juga kesalahan kita karena lengah membekali diri dengan pengetahuan yang benar.

Cara menjaga privasi di Facebook selanjutnya adalah tentukan status, foto dan update apa saja yang dapat Anda bagi kepada kawan dan publik. Setting privasi ini terus dikembangkan oleh Facebook. Pilihlah privasi hanya teman atau friends saja yang dapat melihat update foto Anda. Ini penting diketahui agar Anda tidak menjadi korban predator online yang sering bergentangan di internet. Salah satu kelemahan pengguna Facebook asal Indonesia adalah mereka malas membaca kebijakan privasi dan TOS Facebook sehingga kalau dapat masalah tidak bisa komplain.

Nah, itu dia tips yang bisa saya bagi kepada Anda. Hati-hati menjaga privasi online di Facebook. Semoga Facebook bisa memberikan manfaat kepada Anda.

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

One thought on “Tips Menjaga Privasi di Facebook”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *