Ada Masa, Ada Cerita

Dunia blogging makin lama makin seru saja. Selalu ada kejutan tiap harinya. Dan salah satu trend yang sedang berkembang adalah menjadi penulis tamu di blog super yang sudah mempunyai personal branding kuat di bidangnya.

Saya sendiri telah beberapa kali numpang lewat di blog Mas Arief, Mas Hengky, Mas Tri dan yang terakhir saya bikin ribut di blog Mas Fadly. Mungkin karena terinspirasi langkah saya, ge er dikit nih, akhir-akhir ini makin gencar saja aksi saling menyumbang tulisan.

Tersebutlah nama Ahmad Subandono, Bang Dje, Khalid Abdullah dan beberapa nama lain yang saat ini sedang mempersiapkan langkah ke arah sana.

Inilah realita dunia blogging Indonesia. Setiap masa mempunyai ditandai dengan peristiwa unik. Saya masih ingat hebohnya kontes SDSA yang diadakan Oom JS tahun lalu. Begitu heboh karena kontes berlangsung 6 bulan dan memperebutkan hadiah puluhan juta rupiah. Moment-nya pun tepat, seminggu sebelum Lebaran Idul Fitri.

Alhasil, selama enam bulan ribuan blogger pun berbondong-bondong memasang tagline SDSA dan menjadi motivator dadakan. Hanya sebagian kecil yang tetap eksis dengan menjaga keaslian karakter blog.

Nah, di awal tahun 2010 ini profesi menjadi co-writer tampak sedang naik daun seperti kalimat di atas. Lalu, selain hal tersebut kira-kira apa lagi yang akan menjadi hot tread. Mungkin tidak jauh beda dari ini.

1. Joint Venture (JV) antar blogger.

Kalau yang ini sudah tercium baunya sejak akhir tahun lalu. Dan tampaknya akan segera ada launching produk baru bulan depan. Sasaran marketnya tentu saja para newbie yang haus ilmu internet.

2. Kontes SEO dengan biaya mini hasilnya maksi.

Namanya saja biaya mini, hadiah kontes pastinya tidak setajir adu tagline SDSA. Yang dipentingkan dalam kontes jenis ini adalah menyambung keakraban antar blogger. Masalah semakin bertambahnya backlink blog tertarget, itu sudah hukum alam sebuah kontes.

3. It’s Newbie Time.

Para pendatang baru tidak lagi ragu menunjukkan keberadaan dirinya. Tidak peduli baru berapa lama ngeblog, usia, pendidikan, profesi dan atribut-atribut lain dalam dunia offline. Kesadaran untuk mengekspresikan “Gue Banget” semakin besar. Salah satunya dengan menjadi co-writer seleblogger.

4. Kopi darat antar blogger.

Sebenarnya tatap muka antar blogger sudah terjadi sejak bertahun-tahun lalu. Namun saya memprediksi tahun ini frekuensinya akan lebih sering. Saya sendiri belum puas jika berteman hanya lewat layar monitor saja. Sekali-kali ngakak bareng asyik juga kok. Sekalian memajang foto pertemuan lewat Facebook.

Tidak menutup kemungkinan muncul trend lain selama setahun ke depan. Mungkin akan sering ada acara bagi-bagi kaos, kirim CD tutorial, seminar online gratis atau pun semakin banyaknya pelajar yang menggeluti bisnis online. Who knows?

Tanda Tangan Agus Siswoyo

 

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

82 thoughts on “Ada Masa, Ada Cerita”

  1. Wow…Fotonya keliatan rada Alim sekarang….Hmm, Mantaaffffph…Senyumnya itu lho… :siul

    Kalo Saya Nulis diBlog orang kek ya blm PeDe nih mas, Ajarin dunk 🙂

    1. @Rafi, Hati-hati, senyum saya mengandung umpan loh. Hahaha…

      Belum pede kenapa mas? Belum cukup nekat kayaknya nih. Tidak sulit kok. Hanya menulis seperti halnya update blog mas Rafi sendiri.

      :cendol

    1. @suarakelana, waduh, kepala saya tambah besar aja nih. Hehehe…

      Nggak juga mas. Saya pikir masih banyak yang lebih baik daripada saya. Dalam hal kualitas tulisan, kemampuan transfer ilmu dan menjawab komentar, saya masih harus banyak belajar dari orang-orang yang telah berpengalaman.

    1. @hendro, hmm, saya paling sungkan kalau dimintai bimbingan. Karena saya sendiri juga masih hijau di dunia blogging. Oke deh, kita belajar bersama-sama aja ya….

  2. Wah, kayak Mama Lauren aja nih Mas (pake main prediksi setahun ke depan)

    Tapi poin ketiga sepertinya menarik banget untuk dicermati. Saya menunggu lahirnya blogger-blogger baru yang semestinya makin menambah semarak jagat blogosphere Indonesia.

  3. hahahai..

    saya juga ngerasa, sejak mas Agus menyuarakan co-writer, koq itu jadi semacam trend yah 😀

    saya sempet mau nulis tutorial tentang era ini. hehe..

    betewe, masih blom bisa nulis ni mas 😀

  4. wah pas banget neh mas kaya artikel yang mau saya kirim wat mas agus…..its newbie time…hehehehehe btw gmn ngirimnya yak?……

    1. @ghe, Really? Timing-nya pas neh. Kalau mau nyumbang artikel untuk blog ini, silakan register di bagian Meta blog ini. Letaknya di widget bagian kanan bawah blog. Saya tunggu ya…
      :rate

  5. saya juga berpikiran untuk mengundang penulis-penulis tamu untuk menyumbangkan tulisan di blog saya. Kapan nih mas Agus bersedia?

  6. Maaf mas.

    Jikalau tak keberatan tuker link donk?

    Link anda sudah terpampang di sidebar Sahabat Ngeblog Udin Hamd.

    Trims

  7. kapan ya saya bisa ketemuan sama mas agus ? :ngakak mungkin liburan idul fitri nanti mau sholat di istiqlal ? hehehe semoga kita bsa bertemu mas agus.. :cendol

  8. kalau blogger pelajar boleh kan ikutan KopDar????? hehehehehe

    saya ingin tau suasana KopDar… prediksi di atas kayaknya sudah bukan prediksi Mas… sudah terjadi… hehehehe

  9. :malu2 kayaknya mengundang blogger lain untuk menulis di blog sendiri menjadi trend belakangan ini. kapan2 boleh mas agus saya undang menulis di blog saya? trims

  10. Kopdar seru banget… cuma kita yang jauh nich gimana yach… itulah hebatnya blogger walau nggak pernah ketemua ngobrolnya spt sudah kenal lama dan pernah kopdar…. hidup blogger

  11. HOt trend yg bisa jadi model baru terutama co-writernya. Rencananya 2 bulanan ini mau nyoba model ini mas. Y moga aja diberikan ruang diblog rekan2 lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *