Aktualisasi Potensi dan Kompetensi Diri Lewat Blogging

terapi menulis untuk kesehatan mental
terapi menulis untuk kesehatan mental

Ada seorang teman saya yang iseng-iseng bertanya: ”Setelah lama ngeblog, berapa duit yang bisa kamu dapat?”

Saya hanya bisa tertawa mendengar pertanyaan itu. Dalam hati saya mengatakan: “Ada yang harus diluruskan nih, terutama pemikiran yang kayak gitu…!”

Begini lho cak, blogging itu bukan untuk dapat uang. Setiap artikel yang dipublikasikan tidak serta-merta mendatangkan pundi-pundi rupi’i ataupun dollar. Artikel yang Anda tulis akan menghasilkan duit kalau Anda lakukan monetasi. Jika tidak, artikel Anda akan menjadi perwakilan Anda di dunia blogging.

Bagi saya, aktivitas blogging adalah media show off identitas diri, gagasan dan pandangan terhadap satu topik tertentu. Mungkin kata ‘show off’ alias pamer terdengar agak narsis juga. Tapi tak apalah. Daripada nggak bisa mikir sama sekali. Hehehe…

Dalam bahasa yang lebih keren, blogging adalah wujud aktualisai diri terhadap komunitas bisnis online yang setiap saat in a hurry. Disini saya katakan komunitas, yaitu kumpulan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama terhadap satu hal.

Kalau masih ada yang berpikiran mau cepat kaya dari blogging ya silahkan saja. Asal jangan kecewa kalau niat itu nggak kesampaian dalam waktu dekat.

Jika mau kaya dari internet, jalan terbaik adalah menjual produk informasi. Aktivitas ngeblog hanya jalan untuk mengalirkan setiap rejeki yang anda miliki.

Setiap orang memiliki motivasi yang berbeda-beda saat ngeblog. Motivasi itu bisa dibagi dua, komersil dan non-komersil. Motivasi komersil adalah untuk mendapatkan keuntungan secara finansial. Sedangkan tujuan non-komersil misalnya untuk tujuan publikasi perusahaan, berbagi informasi pendidikan, membangun citra publik, dan lain-lain.

Apapun tujuan Anda ngeblog sah-sah saja sepanjang Anda lakukan dengan cara yang sesuai dengan etika. Kebebasan berekspresi di internet memungkin Anda melakukan apapun yang Anda mau. Tanggung jawab dan resiko ngeblog diambil oleh masing-masing blogger.

Ketika ngeblog sudah menjadi kebutuhan untuk aktualisasi diri maka Anda tidak akan merasa berat untuk menjalaninya. Anda akan selalu merasa butuh untuk menulis dan berbagi pikiran, entah ada orang yang membaca ataupun tidak. Artikel Anda akan rutin tampil di halaman Google. Ini adalah aktifitas optimasi website secara alami dan bagus Anda lakukan.

Mungkin anda punya pemikiran lain terhadap aktualisasi diri dalam proses blogging?

36 Replies to “Aktualisasi Potensi dan Kompetensi Diri Lewat Blogging”

  1. Yap, saya setuju, Mas Agus. Blogging juga merupakan wadah untuk sharing ide, mempertajam pemikiran. Tujuan awal blog dibuat kan memang sebagai diari online? Ya, kalau setelah itu, ada pengembangan tujuan ke arah yang lebih positif, why not? 😀

    1. “…Ya, kalau setelah itu, ada pengembangan tujuan ke arah yang lebih positif…”

      Maksudnya untuk cari duit gitu mas Khery…? 😛

  2. saya punya pendapat yang beda…Bagi saya blogging lebih ke arah personal branding dari sana akan terjadi interaksi dan tentu trust.

    Kalau masalah menghasilkan uang (materi) saya jadi teringat kata-kata dari CEO WordPress “”You can make more money because of your blog, not from your blog!” (Matt Mullenweg)
    Terlepas dari setuju atau tidak, kembali ke masing2 saja 😉

    Saya juga terimakasih sudah berkunjung ke blog saya (mahadaya.com)

    Keep Blogging!

    1. Proses pembentukan Personal branding adalah dari posting juga khan mas? Terutama artikel-artikel yang memberikan manfaat bagi pembacanya. Semua itu akan terwujud kalau kita bisa menunjukkan eksistensi diri alias nongol di belantara blogosphere. 😀

  3. tergantung tujuan awal membuat blog. Saya sendiri, untuk blog saya yang ini memang untuk di monetize. Tapi prinsip yang saya pakai adalah memberi manfaat dulu sebanyak-banyaknya dan seluas-luasnya dan menerima hasilnya kemudian.

    Intinya, selain untuk aktualisasi diri, tidak masalah blog kita jadikan ladang untuk cari uang. Asal kita bisa memberikan yang terbaik untuk pengunjung.

    Penentuan tujuan awal ini penting juga loh mas agus. Agar kita tahu mo dibawa kemana blog ini. Kalau sekedar aktualisasi diri, saya punya juga satu blog untuk itu.

    Salam Kreatif,

    Octa Dwinanda

    1. “…….Penentuan tujuan awal ini penting juga loh mas agus. Agar kita tahu mo dibawa kemana blog ini. Kalau sekedar aktualisasi diri, saya punya juga satu blog untuk itu…..”

      Nah itulah pentingnya kita menetapkan tujuan ngeblog sejak awal. Sah-sah saja kalau mas Octa berpikir begitu. Tambahan yang mantab. 😀

  4. salam super,,

    memang semua butuh proses panjang mas,

    tidak ada yang membangun kerajaan bisnisnya hanya dalam waktu satu malam.

    betul pendapat anda, kalauimau kaya dari internet ya menjual produk informasi.

    blogging hanyalah sarana kita mengaktualisasikan diri, berbagi pengetahuan dan pastinya menjalin persahabatan sesama blogger, soal rejeki biarlah menjadi hak Prerogatif Tuhan semata.

  5. Sambil menyelam minum air, sambil ngeblog dapat uang. Itu idealnya, tapi ini bukan hal yang mutlak. Tapi kalau menurut saya pribadi, dengan ngeblog setidaknya kita bisa berbagi dengan sesama walau hanya berupa informasi, dan ini mngandung kepuasan tersendiri.

    1. "…ngeblog setidaknya kita bisa berbagi dengan sesama walau hanya berupa informasi, dan ini mngandung kepuasan tersendiri…"

      Ini nih yang saya suka dari Pak Sum.

      Siip Pak 😛

  6. Mampir lagi mas Agus, terimakasih dah mampir, selamat mencoba dan semoga sukses dan terimakasih atas uraian di atas karena saya juga punya pengalaman yang hampir sama tentang itu, sebenarnya ngeblog itu hampir bisa di bilang kayak sosial media gitu lebih untuk bersosialisasi dengan teman, walau tidak menutup kemungkinan juga untuk mensosialisasi bisnis, he…he…maaf klo ga pas ya mas, salam sukses selalu

    1. Media sosial dan blog punya kemiripan dalam hal personal branding. Namun, tentu saja kita lebih leluasa kelola blog pribadi dibanding memanfaatkan media sosial yang gratisan. Hehehe… 😀

  7. hahahaha…

    setuju tuh mas

    semua tergantung kita, niat dari awal pengen ngeblog.

    kalo saya sih, hehehehe..pengen nyoba adsense

  8. bener mas, aktualisasi diri

    hari gini masi fesbukan…

    seruan blogging, bisa dibaca ama banyak orang, secara ga langsung memberikan informasi

    1. Meski banyak manfaatnya untuk media sosial, punya blog sendiri terlihat lebih profesional sharing ide. Itulah yang membedakan Fesbuker dan blogger.

  9. jujur, sampe skarang sayah masih bingung gimana cara mendapatkan uang lewat blog. karena yg ada juga sayah yg ngeluarin do-it, waktu mo beli domain, hwhehe…

    sayah mah ngeblog cuman wat curhat2 aja 😀

    1. Itu artinya Illa belum memanfaatkan seluruh potensi yang Illa punyai. Internet juga bisa menghasilkan uang. Asal tahu caranya…

  10. It immediately provides your audience with something new to consider and you can follow up the first paragraph or two with some further information to flesh out the topic some more.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *