Anda Yang Menenun Diri Anda Sendiri

Foto seru di Liburan ke Bale Tani, Wahana Edukasi dan Wisata Tani Terbaru di Kabupaten Jombang
Inspirasi berbisnis dari Foto seru di Liburan ke Bale Tani, Wahana Edukasi dan Wisata Tani Terbaru di Kabupaten Jombang

Kalimat di atas saya temukan dalam buku Change Your Life! Change Your Self! yang sempat saya bahas kemarin. Yup, Anda sendiri yang membentuk karakter Anda. Memang masih ada faktor eksternal yang memberi kontribusi bagi pembentukan sifat seseorang. Misalnya dukungan peralatan canggih, asupan makanan dan minuman, tingkat pendidikan dan dukungan orang-orang di sekitar. Namun semua itu tidak ada gunanya bila Anda tidak memiliki kemauan diri sendiri.

Dalam chat dengan beberapa blogger pemula seringkali saya tekankan jangan mengandalkan orang lain untuk menjamin kesuksesan di masa mendatang. Menurut pengalaman saya, peran dukungan dari luar memberi kontribusi tidak lebih dari 20 persen. Yang lebih banyak adalah kerja keras dan cerdas, kemauan untuk terus belajar, keberanian mengambil tindakan dan kreatifitas melihat peluang yang ada. Tidak masalah apapun tujuan ngeblog Anda, baik yang untuk cari duit ataupun sekedar sharing.

Saya pernah menuliskan beberapa artikel tentang hal ini. Baik tentang energi internal, energi eksternal maupun kombinasi keduanya dalam blogging. Di situ saya menekankan pentingnya memiliki ciri khas, keunikan dan karakter hasil pengolahan berbagai pengalaman hidup dan penyesuaian kebutuhan jaman. Kalau ada waktu, silakan jalan-jalan menelusuri arsip blog ini.

Bagaimana dengan pengalaman Anda, seberapa besar peranan orang lain dalam perkembangan ngeblog? Atau selama ini nggak pernah cari mentor dan asyik membangun ciri khas sendiri?

Bagikan artikel ini melalui:

30 Replies to “Anda Yang Menenun Diri Anda Sendiri”

  1. Saya sedang mencari mentor yang cocok buat genre blog saya, tapi belum nemu yang bisa diajak sharing.
    Genre blog ringan menghibur jarang yang make kali ya..

  2. otomatis otodidak akan berjalan seiring berjalannya waktu dengan keinginan untuk lebih profesional disatu bidang atau lebih. Sebagai blogger, tingkat kepenulisan akan terus dituntut, tingkat design blog akan terus ada keinginan lebih berwarna, dari segi komontar ingin selalu adanya diskusi 2 arah, dari segi traffic ingin sekali adanya kenaikan, dari keinginan itu semua sudah jelas karakter diri sangat tergantung dari niat dan tekad diri sendiri.

  3. Peranan orang lain terutama sesama narablog sangat saya rasakan pada kolom komentar.. Komentar berupa masukan yang membangun, saling memberi motivasi maupun saling bersilaturahmi sangat berarti bagi semangat ngeblog saya….
    Saya sangat setuju dengan semua bukan apa2 karena tergantung dengan kemauan masing2..

  4. saya banyak belajar dari peranan orang lain untuk memacu motivasi saya. kalo engga gitu keseimbangan antara kemauan diri dan kemalasan atau istilah kata hambatan yang diinginkan hehe :p

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *