Antara Solusi, Legitimasi dan Kemandirian Blogger

Ruang chat YM selalu memberi ide menulis. Menyapa kawan-kawan di seberang sana, meski nggak tahu wujudnya gimana, tetap asyik dijalani. Tingkah laku mereka aneh-aneh dan nggak terduga. Mirip iklan di tivi gitu, ada yang perfeksionis, opportunis, penyabar, mister instant, kadang lebay, suka mengeluh dan lain-lain. Masalah-masalah yang mereka dihadapi up to date dan real. Saya jadi tahu gambaran mendasar apa yang dihadapi blogger pemula. Termasuk dalam hal ini adalah mencari solusi atas sebuah permasalahan yang mereka hadapi.

Mencari solusi masalah ternyata nggak gampang, meski aslinya masalah tersebut mudah diselesaikan. Ada type blogger yang suka mencari second opinion untuk hal-hal yang umum dan bisa diketahui lewat googling. Misalnya kalau beli produk A apakah saya nggak akan tertipu, kalau memakai hosting B apakah terjamin 100 persen uptime dan lain-lain. Kadang saya mikir, apa tampang saya kayak kamus berjalan sehingga mereka tanya kemari. Saya kan nggak tahu jeroan masing-masing produk dan layanan. Kalau pun kasih saran itu sebatas pengetahuan umum saja.

Antara Solusi, Legitimasi dan Kemandirian Blogger (1)

Akhirnya saya mengambil kesimpulan, oh kebanyakan mereka butuh legitimasi alias bertanya untuk menguatkan keputusan yang sebenarnya sudah diambil sebelumnya. Kata-kata yang saya ucapkan tak lebih dari memantapkan langkah mereka supaya lebih pede. And It’s oke. Nggak masalah. Karena saya juga pernah menjadi pendatang baru di dunia blogger. Mungkin bedanya waktu itu saya nggak berkonsultasi pada kawan-kawan blogger, tapi langsung browsing data melalui mesin pencari. Beda cara tapi hakikatnya sama, mencari pembenaran diri.

Bila kebiasaan ini dibawa terus dalam ngeblog, maka kehidupan blogging tak ubahnya paduan suara dengan satu nada lagu Cenat-Cenut saja. Atau Pak Mars menggambarkan hal ini sebagai kebiasaan menggambar seekor bebek selalu menghadap ke arah kiri.Β Saya nggak mau muluk-muluk bermimpi blogging Indonesia seperti di negara Amerika Serikat yang berkembang menjadi Demokrasi Blogging dan mampu menyetir beberapa brand terkenal melalui artikel blog. Rasanya terlalu dini berharap ke arah sana sementara saya belum bisa berkontribusi banyak pada hal tersebut.

Paling tidak saya mengajak kawan-kawan untuk berani mengambil keputusan sendiri, berani mencoba, kreatif mengolah ide dan bertanggungjawab terhadap hasil yang dicapai. Setiap blogger itu unik dan punya cara masing-masing dalam mencapai tujuan. Satu cara tepat bagi si A belum tentu cocok bagi si B. Karena seringkali kesuksesan ditentukan banyak faktor, bukan sekedar hitungan matematis di atas kertas. Go creative and make your own way!

94 Replies to “Antara Solusi, Legitimasi dan Kemandirian Blogger”

  1. waduuuh masak menanyai macam begitu di YM? Itu bukannya malas mencari sendiri ya? Maunya enak saja, instant pencarian solusi utk masalahnya sendiri? Apakah pernah ada yang bertanya, setelah diberitahu dan terjadi masalah kemudian marah-marah ke bapak?

    EM

    1. Alhamdulillah sejauh ini saya sudah sering dikerjain orang di chat room. Hehehe. Biasalah, mereka ingin hasil instant tanpa perlu susah payah menelusuri web. Saya sih menghadapi dengan santai. Internet adalah dunia maya, marah-marahnya pun pasti ulah manusia maya alias nggak beneran. πŸ™‚

  2. Untuk saat ini kita memang masih muluk untuk memimikan blogger Indonesia akan seperti perkembangan blogger di USA. tapi melalui blogging apapun caranya, perlahan mulai membiasakan banyak orang bisa menulis. tentang apa-saja.

    nah, hal ini menurut saya sangat positif. harapannya nanti, tidak sekarang,mungkin sepuluh tahun emndatang, Indonesia akan kebanjiran penulis dan juga buku. Pasalnya saat ini jumlah karya tulis di negeri ini paling rendah untuk kawasan Asia tenggara, sakalipun.

    1. Yaah… agak sesak juga mendengar fakta tersebut diungkapkan. Untuk saat ini mungkin kita nggak terlalu banyak punya penulis. Semoga ke depan semakin banyak bermunculan penulis muda. Apalagi self publishing juga makin marak.

  3. Masalah uptime hosting, sebenarnya nggak ada yang 100%. Paling tinggi ya sekitar 99 koma sekian persen. Nggak ada juga hosting yang bener-bener sempurna atau luput dari masalah, sekalipun ia tergolong perusahaan hosting terkenal. Yang terpenting, kenali dulu kebutuhan, cari tahu info seputar hosting yang mau dipilih (track record, fitur dan harga yg ditawarkan, jumlah klien, jumlah domain terdaftar di situ, dsb).

    Malah ngomongin hosting ya mas.

    1. saya ikutan bahas hostign juga deh …

      unutk hosting, paling penting…. kenali dulu butuhnya segimana ???? kalau yang gak butuh hosting super duper… ya gak usah sok sokan make yang muahal bangettt… tapi kalo untuk kedepannya emang butuh banget yang super duper… ya baru pake yang super duper…

      begitu juga sebaliknya…. kalo emang kebutuhannnya adalah hsoting super…. ya mau ngeluaring uang buat hsoting… jangan pelit pelittt

  4. Ketika seseorang di judge menjadi master, tentu akan banyak tantangan salah satunya ya menerima konsekuensi untuk di minta keterangannya. Padahal belum tentu bisa tahu segalanya bener ga? Apapun alasannya mereka tidak mau tahu yang mereka tahu ya seorang master, hehehe.

    BTW saya belum sampai ke hal itu kan mas?

  5. butuh transformasi yang sedikit lebih lama lagi mas.
    blog indonesia memang cenderung berubah secara lambat, trendsetter nya pun terkotak2 dari tahun ke tahun. sehingga mau memunculkan brand baru dari blog atau sebuah inovasi baru dari blog rada susah, mentalnya masih mental menunggu. hehe,

  6. Ini merupakan antitesis dari pribahasa ‘malu bertanya sesat di jalan’ dan sepertinya semua blogger mengalami fase yang sama. Sekedar share, saya pada awalnya pun mengalami hal serupa. Tak peduli apa itu tips dan trik, yang penting menulis dan belajar sporadis lewat googling. Namun setelah menemukan hal baru yg saya fikir lebih mantap, mau tak mau wawasan ikut ter-setting ulang dan butuh akselerasi. Mungkin lewat sesi tanya jawab dengan yg telah berpengalaman, tapi bukan berarti itu lalu jadi kebiasaan yg lalu memperlambat proses pembelajaran. Karena bagaimanapun kita lebih tau apa yg pas untuk kita.

    Tapi sepertinya blogger seperti mas Agus masih jadi narasumber yg terus diburu deh hehe.
    Keep learning blogger!

    1. Diburu? Emang saya artis ibukota? Hehehe…

      Tanya jawab adalah hal yang wajar sepanjang kita sudah pernah action sebelumnya. Kalau belum pernah mencoba sudah keburu komplain, nah itu yang nggak bagus.

  7. Mudah-mudahan bisa sabar ya mas menghadapi kami-kami yang masih newbie ini, itu juga artinya mas udah dianggap masternya.

  8. yang penting posting dan blogging, orang mau bilang apa juga, belum tentu mereka ngasih makan buat kita kan? semangat posting mumpung posting belum dilarang πŸ™‚

  9. Kadang-kadang langkah yang kita ambil perlu pertimbangan dari sahabat atau rekan-rekan terdekat untuk sekedar memberikan penguatan. Dengan demikian kepuasan akan terasa jika pendapat kita di”amini” oleh orang yang dimintai pendapat, sebuah kehormatan tersendiri bagi mas Agus yang selalu dimintai pendapat dari orang-orang sekitarnya.

  10. hidup creative dan optimisme πŸ™‚

    wah ternyata banyak yang berkonsultasi dengan mas Agus toh. ikutan ah πŸ˜€

  11. Bertanya kepada orang yang dianggap mempuni memang menjadi jalan pintas yang paling “menarik” saat menemukan sebuah permasalahan. Walaupun sudah mengenal yang namanya “browsing” di internet, tapi kadang si “Browsing” itu terlupakan dan tidak terlintas dalam pikiran. Ya karena itulah lari mencari solusi kembali kepda orang yang dianggap ahli πŸ™‚

  12. Kayanya artikel ini ada sedikit kaitannya dengan artikel sebelumnya “Kegunaan Waktu dan Banyaknya Pilihan”, kuncinya “Mengambil Keputusan Sendiri” dengan bijak πŸ™‚

  13. Rekomendasi dari yang lebih senior memang lebih menguatkan orang yang baru masuk dalam mengambil keputusan mas… Kalau dalam blogging, mungkin yang mas Agus maksud adalah konten yg original, yg keluar dari pengalaman pribadi tidak ada campur tangan konten lain tentu akan benilai lebih dari pada artikel berkualitas namun hanya coma comot cenat cenut gitu.. πŸ˜†
    Ngeblog jg butuh karakter yg ingin ditonjolkan..

    1. Untuk konsultasi artikel blog pribadi sebenarnya nggak penting-penting amat. Setiap orang itu unik dan berpeluang sukses. Justru dengan adanya konsultasi maka bisa saja terjadi intervensi karater penulisan. πŸ™‚

  14. wah setuju sama yang ini mas…….meski kadang saya juga mash suka bertanya-tanya soal blogging hehehehehehe………….tapi kalo isi konten saya meski ada yang sama dengan konten blogger lain, tapi saya selalu mengusahakan membuat ulang dengan gaya saya!!!!!!

  15. Lebih bagus bertanya sama search engine , kita dapat banyak pandangan setelah dari browsing sana browsing sini , tapi kalo ada yang nekat nanya di YM , yah … positf thingkingnya berarti orang yang di tanya merupakan orang yang kredible …menurut si penanya πŸ˜€

    1. Google memiliki kelebihan utama sebagai kamus yang paling lengkap saat ini. Mencakup hampir semua bahasa yang ada di dunia. Beda dengan manusia yang memiliki perbendaharaan kata terbatas.

  16. hahahahahaha, kamus berjalann???masih mending mas, ga dikirain dompet berjalan, tiap kali diminta nyumbang eheheheh
    tiap blogger tentunya berbeda beda mas, jadi yang banyak nanya nanya adakalanya bukan soal jawabannya yang penting, tapi dari respon yang di dapat. Saya fikir tiap orang pasti punya problem, apalagi pemula. tapi ga semua pemula rajin nanya loh..contohnya diriku ini, hehehe
    sebenernya buat pemula asal rajin aja main main dengan mesin pencari, insya Allah nemu banyak jawaban. tapi bertanya tanya dengan senior, bukan cuma untuk dapat jawaban maupun second opinion, tapi juga untuk mendapat atensi dan juga untuk bisa membina hubungan. karena dunia online ini dunia bisu dan sepi…makanya perlu punya hubungan dengan sesama …. (maaf ya kalo ga nyambung ehehehe)

  17. dunia blogging, dunia maya tidak jauh dari dunia nyata, ada orang yang bawel banyak nanya, ada yang berkeluh kesah, ada yang narsis ada yang PD ada juga yang pesimis tidak sedikit yang optimis, serta emosional, yang penting sebagai blogger kita harus sedikit PD, nanya tidak apa lah yang penting sopan, kalau yang ditanya ga mau jawab jangan di marahi mungkin lagi sibuk, mingkin memang yang ditanya juga ga tahu jawabannya,,dunia apapun termasuk bloging harus senantiasa belajar…karena ilmu berkembang dan bertambah terus

  18. You actually make it seem so easy with your presentation but I find this topic to be really something that I think I would never understand. It seems too complicated and very broad for me. I am looking forward for your next post, I will try to get the hang of it!

  19. This particular style is actually amazing! You certainly know how to keep the readers amused. Involving the wit as well as your movies, I was nearly gone to live in start my own weblog (well, almostHaHa!) Great job. I really loved that which you needed to say, and more than that, how you offered this. Too cool!

  20. Simply desire to say your post is as astonishing. The actual clarity in your post is just nice i’m able to assume you’re an specialist about this topic. Fine together with your permission let me to apply your RSS feed to maintain updated along with forthcoming publish. Thanks a million and please carry on the truly amazing function.

  21. I am extremely inspired along with your website as wisely with the structure for your blog. Is that this the paid concept or did you customize it yourself? In either case continue the superb quality composing, it is unusual to see a great blog like this one nowadays.

  22. Very good day, this is the really outstanding web site, Ive rapidly declining in really like learning many of the articles and posts contained after the location, maintain the excellent are well as hope to learn a lot more thrilling content articles from the moment in the future.

  23. Thank that you lot! Your own focus is helpful! With no great shock presently there due to the fact your own artical is extremely brilliant. A person help make me figure out what is happening inside the creative culture of connecting by way of on the internet. Thank you for everything you perform. Incredible products. Kind connection.

  24. Excellent! it is the word that comes in my opinion when I look at your blog and when I read what you have to state. Your opinions are extremely a lot as well my own. We happy that I chose to enter your website to see what you’re thinking about.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *