Bagaimana Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis Anda?

Kegiatan Belajar Santri Paket Marhalah TPQ Al-Mujahiddin Guwo Jombang
Kegiatan Belajar Santri Paket Marhalah TPQ Al-Mujahiddin Guwo Jombang

Artikel kali ini adalah penulisan ulang posting mas Jeprie yang berjudul hampir sama persis. Artikel tersebut bagus dan layak dibaca oleh siapa saja yang menginginkan karir ngeblog tahan lama. Sehingga saya tertarik dan tidak malu memboyong pemikiran tersebut ke dalam blog ini. Menulis bisa jadi hal yang sangat menjemukan. Yang di bahas kok itu-itu saja. Kalau bukan konten blog ya SEO. Kalau nggak bikin mailing list ya meningkatkan CPR. Sepertinya nggak ada bahasan lain ya. Anda pun pasti bosan datang berkunjung ke blog ini. Yang diomongin kok melulu menulis saja. Jangan salah, hal ini pun bisa terjadi pada blog Anda.

Biar pembaca nggak bosan, idealnya sih kualitas tulisan blog Anda kian hari kian bertambah baik. Selalu menawarkan pemikiran segar, topik relevan dengan keadaan dan tentu saja memberi manfaat baru dibanding tulisan sebelumnya.

Ibaratnya nih, kalau awalnya cuma bisa menyajikan artikel kerupuk (asyik di lidah tapi tidak bikin perut kenyang) maka lain kali harus ditingkatkan menjadi artikel nasi pecel Madiun (maknyus rasanya, kenyang di perut dan pedasnya membangkitkan semangat).

Apa saja langkah meningkatkan kemampuan menulis? Coba cek poin-poin di bawah ini.

1. Menambah referensi bacaan.

Tidak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi informasi sedemikian cepatnya. Anda tidak akan mampu menguasai semuanya. Anda masih butuh orang lain sebagai sumber informasi pembanding. Misalnya, mengunjungi blog favorit dan situs portal berita.

Buku cetak, majalah, tabloid dan buletin juga masih relevan untuk menjadi bacaan alternatif mengatasi internet addicted. Asal jangan menjadi katak dalam dalam tempurung ya. Terus harus pintar-pintar juga dalam menyaring yang masuk ke otak. Jangan keburu di telan mentah-mentah.

2. Praktek menulis.

Ini adalah yang utama. Kalau mau punya tulisan bagus, maka cara paling tepat tentu saja aktif latihan menulis. Tidak peduli seberapa sibuk aktivitas Anda sehari-hari. Ada yang menekuni kerja kantoran, sekolah, kuliah, wirausaha, ibu rumah tangga, agen asuransi dan lain-lain profesi (yang tidak disebut jangan marah).

Coba luangkan waktu setengah jam setiap hari untuk menulis, pasti akan membawa manfaat yang lebih baik daripada kejar setoran nulis. Tidak masalah yang bisa ditulis hanyalah satu paragraf. Yang penting adalah tangkaplah ide itu selagi tampak di pikiran. Karena kalau sudah mati ide, akan lebih susah lagi menggali dari awal.

3. Menetapkan standard tulisan.

Anda harus punya standard sendiri mengenai kualitas tulisan blog Anda. Hal ini tergantung tujuan awal ngeblog. Kalau ngeblog digunakan sebagai media curhat, salah satu standard yang berlaku adalah tulisan mewakili segala keluh kesah, konflik dan dilema yang sedang dialami.

Beda lagi kalau untuk blog marketing. Marketing di era Informasi ini memang sedang bergerak menjangkau masyarakat dengan cepat dan real time. Maksudnya, memanfaatkan media internet yang dengan cepat memudahkan komunikasi antara pelanggan, produsen dan agen menjadi pilihan utama. Jadi, paling tidak tulisan Anda harus membina kedekatan dengan calon prospek.

4. Komitmen untuk menjaga standard tulisan.

Yang sering terjadi adalah tanpa sadar Anda tergoda untuk bermain-main dalam artikel blog yang sebenarnya bukan ‘Anda banget’. Buru-buru meningkatkan kualitas tulisan, Anda malah asyik menulis artikel gossip blog sebelah yang lagi pindahan hosting. Hahaha.

Tetap fokus pada standard tulisan yang dipilih membutuhkan ketekunan dan sedikit cuek. Ketekunan berarti menjalani secara rutin dan tanpa henti. Perlu sikap cuek atau acuh? Pasti. Tentu Anda tidak mau dikatakan mencontek model penulisan orang lain kan?

5. Menambah skill lain untuk menunjang penulisan artikel blog.

Dunia menulis, tidak terbatas pada blog saja, selalu berkembang dari waktu ke waktu. Baik dalam hal topik pembicaraan, media penulisan maupun gaya penyampaian.

Tentu nggak lucu kalau update Twitter Anda tertulis mau ambil kursus mengetik 12 jari. Laptop atau PDA telah mengambil alih peran mesin yang kalau dipakai terdengar cethak-cethok seperti orang sedang memalu tersebut. Dan saya sendiri nggak bisa menebak, setelah era laptop ini mau muncul apa lagi.

Dalam hal kemampuan teknis, tidak ada salahnya kalau Anda mengikuti sejenis workshop, seminar ataupun pelatihan menulis. Dari kegiatan ini sangat mungkin menambah rerefensi wacana berpikir, memperluas ide tulisan, mengikuti topik yang relevan dengan perkembangan jaman dan tentu saja sharing dengan kawan-kawan lainnya.

Semoga artikel yang saya tulis ulang ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih buat mas Jeprie atas tulisan yang inspiratif. Saya berangkat ke Magnet Zone dulu ya. Mau nambah ilmu nih…

16 Replies to “Bagaimana Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis Anda?”

  1. Wow Great Blog! I am a Boston Taxidriver and I was doing a lookups for the keyword Boston Taxi when I found it. I must confess I revere the thoughts you have shared with us and look forward to coming back and more.Thank you so much!

  2. I added your blog to bookmarks. And i’ll read your articles more often! Before this, it would be possible for the government to arrest you just based on whatever you were saying, if they didn’t like it.

  3. Good stuff, thanks for posting. I was actually looking for something else and this site came up lol. Oh well, 2 minutes of my life gone! Totally worth it though!

  4. Excellent goods from you, man. Bagaimana Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis Anda? | Catatan Motivasi Blogging Indonesia I’ve understand your stuff previous to and you are just too fantastic. I really like what you’ve acquired here, really like what you’re saying and the way in which you say it. You make it entertaining and you still take care of to keep it smart. I can not wait to read much more from you. This is really a great Bagaimana Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis Anda? | Catatan Motivasi Blogging Indonesia informations.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *