Belajar SEO Biar Blog Lebih Ngetob

Apa yang terlintas di pikiran Anda saat membaca tiga huruf S E O? Tiga huruf singkatan dari Search Engine Optimization. Apakah terbayang deretan rumus-rumus ngeblog dari yang mudah sampai yang sulit? Atau justru pusing duluan sebelum mempelajarinya? Hehehe…

Tidak perlu minder belajar meng-optimasi artikel blog. Asal kita mengenal unsur-unsurnya, semua bisa dipelajari. Ini dia:

1. Keyword (kata kunci)

Tidak hanya mengetahui apa yang ada dalam pikiran kita, ketahui juga apa yang kebanyan orang cari. Kita dapat memanfaatkan beberapa situs yang dapat menjadi assisten kita dalam mencari keyword yang tepat. Misalnya https://adwords.google.nl/select/KeywordToolExternal dan http://inventory.overture.com/d/searchinventory/suggestion/

2.Judul (Tittle)

Setelah menemukan keyword yang mudah ter-index oleh mesin pencari, langkah selanjutnya adalah menempatkannya dalam judul posting. Cara membuat judul artikel yang efektif dapat dilihat di http://www.copyblogger.com

3. Kualitas konten (Content Quality)

Saya tidak akan membahas terlalu dalam tentang hal ini. Karena ini dapat langsung dinilai dari posting yang bersangkutan. Tetapi hanya dapat saya katakana bahwa dalam membangun sebuah blog, perlu diisi dengan artikel-artikel yang berbobot yang mampu menarik pengunjung hingga rela berkunjung berulangkali.

Syukur-syukur kalau sudah masuk ke dalam subscriber blog kita, sehingga kita telah mendapat pengunjung tetap. Dan asyiknya lagi, mereka bisa share artikel kita melalui situs jejaring social ataupun dikirim ke teman melalui email.

4. Heading

Heading adalah kata-kata yang menjelaskan isi blog kita. Bagian ini dapat dilihat di bagian CSS blog. Misalnya:

<h1>Heading Utama</h1>

Lalu <h2>Penjelasan Heading Utama</h2>

Bisa juga di tambahkan <h3>Penjelasan Heading Utama yang kedua</h3>

Dan seterusnya …

5. Huruf Tebal dan Miring

Penggunaan huruf tebal dan miring bagi mesin pencari dapat menunjukkan bahwa kata tersebut merupakan prioritas dalam hasil pencarian. Jadi jangan heran kalau sales letter Formula Bisnis banyak diisi huruf tebal-tebal. Hehehe…

Lalu, ada satu hal lagi yang patut kita perhatikan, pengunjung cenderung melakukan fast scan atau scan secara cepat terhadap posting kita. Dengan adanya huruf miring dan tebal, mereka dapat mengetahui pokok-pokok utama tulisan kita dengan cepat pula.

Itu dulu beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada posting kali ini. Posting berikutnya adalah sambungan tulisan ini. Biar penasaran gitu….  :D

38 thoughts on “Belajar SEO Biar Blog Lebih Ngetob”

  1. thanks infonya pak. lumayan bisa bikin kita jadi (seolah2) seleb dengan blog kita, hihih.. kidding.
    tapi linknya pake englais tuh, bikin mumet batjanya :D

    nice inpoh eniwei ^^

  2. nambahin dikit mas…

    konten berkualitas menurut robot seach engine adalah konten yang mengandung keyword. Katanya sich sekitar 3% s.d. 8% dari keseluruhan jumlah kata.

    Salam Kreatif,

    Octa Dwinanda

    1. Wah, Pak Octa mendahului artikel saya nih. Padahal saya rencanakan mau bahas hal tersebut di bagian kedua posting ini. Hehehehe…

      Tapi okelah kalau sudah muncul. Komentar yang mantab pak! :)

    1. Terima kasih kunjungannya Pak Heru.

      Saya senang jika artikel saya dapat membantu Anda. Sering-sering datang kesini ya Pak…

      hehehe…

    1. Pada awalnya, saya dan kebanyakan newbie, berpikiran ilmu SEO itu ruwet dan harus menghafal simbol-simbol CSS yang banyak.

      Tetapi, setelah saya memulai belajar, ternyata nggak sesulit yang saya duga. Bisa dijadikan bahan asah otak di saat kita tidak ada kerjaan.

  3. ternyata teknik SEO yang saya tahu belum semuanya komplit, masih ada lagi ilmu lainnya yang saya dapatkan dari blog ini.

    terima kasih mas Agus

  4. Hello, an outstanding document chum. High-quality have. Still I am just trouble in the Feed. Struggle to check out the item. Does anybody else presented with the same Feed difficulty? Everyone who is able to help out generously respond to. Thank you so much.

  5. I really undoubtedly take the things you obtain talked about. In actual fact, My husband and i shopped through all your some web content i do suppose you could be entirely suitable. Winner in this online web pages.

  6. Hiya, a striking report pal. Decent reveal. Then again We’re having difficulties from the Feed. Cannot check out the application. Truly does everybody else dealing with some exact RSS feed issues? Anyone who are able to allow kindly response. Thanks a ton.

  7. Gday! That’s a truly good post. I’m sure I’ll advocate it all to make sure you my very own co-workers.If you content increased articles or blog posts if possible e-mail the property to me.

  8. Nice in-depth recommendations on this site.I’d plan to suggest a quick look at for example , such as cheeseburger. Whatrrrs your opinion?

  9. What’s up, it is my opinion we found an individual saw the web page in turn that i discovered “return the actual favor”.I’m attempting to find ways to greatly improve my favorite web-site!I’m assuming it has the fine to make most of your thinking!!

  10. Pingback: penulis lepas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>