Berkenalan dengan 3 Sumber Aliran Traffic

gambar pelari berlari cepat
gambar pelari berlari cepat

Traffic adalah salah satu hal terpenting dalam bisnis online tidak terkecuali dalam blogging. Traffic dapat diibaratkan sebagai aliran air yang dapat menjaga kelangsungan hidup makhluk hidup. Kalau tidak ada air, cepat atau lambat akan menemui ajalnya.

Apa manfaat traffic bagi sebuah blog?

Jawabnya bisa macam-macam tergantung tujuan awal ngeblog. Tapi yang pasti, semakin banyak traffic, semakin banyak kemungkinan penjualan, semakin banyak yang nge-klik iklan, semakin banyak subscriber artikel blog dan tentu saja semakin besar peluang masuknya uang ke rekening kita.

Nah, jika sudah tahu arti penting traffic, sekarang anda pasti bertanya: Sumber traffic dari mana saja? Setidaknya ada 3 cara yang dapat kita lakukan agar traffic mengalir deras ke sebuah blog:

1. Membeli Traffic

Yang termasuk ke dalam kelompok ini adalah memasang iklan teks atau banner, pasang iklan PPC dan menyewa daftar opt-in email. Pilihan ini tergantung besarnya dana promosi yang anda sediakan. Contohnya: Semakin lama iklan kita tampil (baik yang iklan gratis maupun yang berbayar), semakin besar kemungkinan orang mengunjungi link kita.

2. Menciptakan Traffic

Ini adalah cara alami yang telah dilakukan kebanyakan blogger. Yaitu: menulis artikel, meng-optimasi SEO, submit ke directory, email list dan menampilkan link posting dalam social networking and bookmarking.

Salah satu social networking favorite saya adalah Facebook. Anda pasti sudah tahu alasannya kenapa. Di Indonesia, Facebook masih menjadi situs pertemanan terbesar dengan jumlah pemakai yang makin membludak setiap hari.

3. Menyewa Traffic

Menyewa traffic misalnya menjual ezine, bergabung dalam forum dan memasang iklan di newsletter, mengadakan joint venture dengan blogger lain, menjadi co-writer blog yang popular dan menjual artikel blog.

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menghasilkan traffic, tapi untuk kali ini cukup saya tampilkan 3 hal tersebut. Mungkin ada yang mau menambahkan?

Sumber: www.TrafficTipsReport.com

Bagikan artikel ini melalui:

41 Replies to “Berkenalan dengan 3 Sumber Aliran Traffic”

    1. Tambahan yang Bagus Pak Heru.

      Tapi dengan catatan, update artikel yang berbobot dan dalam blogwalking dapat memberi komentar yang cerdas.

  1. Aku sih mendingan menciptakan traffic sendiri,, biar kelihatan usaha dan kerja keras kita untuk lebih dikenal blog kita,,

    hehehe…

    tp klo ada Uang baru berbicara lain, maybe beli atau menyewa traffic…

    tergantung isi kantong,huhuuu

  2. Menciptakan trafik sendiri mgkn mmg agak lama ato bhkn sulit. Tapi terasa lbh mengesankan. Kl ada anggaran, blhlah ppc. Nice posting. Slm kenal.

  3. Memang tidak mudah untuk menciptakan traffic alami yang besar dan konsisten ke blog kita, jika tidak ada daya tarik dari blog itu sendiri

    Dan saya kira blog ini sudah memiliki daya tarik tersebut, tinggal mengoptimasi saja

    salam

  4. membeli traffic akan cocok untuk blog berbasis bisnis dgn tujuan makin menambah prosentasi penjualan, akan lebih terasa jika kita menciptakan traffic seperti yg sudah diulas diatas, BW dan konsisten update dengan memberikan artikel yg bermanfaat ..

    1. Hahaha…

      Nggak sampai segitunya kali mas. 😀

      Kita bisa sesuaikan budget promosi sesuai dana yang kita miliki. 3 cara di atas cuma beberapa contoh. Masih banyak cara lain yang bisa dipaktekkan.

  5. Sejak ke WP ini makin OK aja tutorialnya, Mas. Saya jadi ngiri pengen cepet2 ke WP :mrgreen: Saya juga suka manfaatkan Facebook dan beberapa media sosial lainnya untuk hal ini. Kalu cara 1 dan 3 agak rumit. Sebagai tambahan SEO juga tak kalah pentingnya menurut saya. SEO cara yang murah bahkan gratis, tapi butuh perjuangan. Cuma, soal SEO jujur saja saya masih tahap belajar ni, Mas Agus. Belum bisa memberi masukan lebih jauh. Trims atas share-nya. Sukses selalu 🙂

  6. Mas kalau kita beli domain sendiri dan sewa hosting lalu file kita transfer seluruhnya menggunakan wordpress atau blogger, apakah blog domain dan hosting sendiri yang baru ini bila dibuka kembali lewat blogger atau wordpress masih bika kebuka tidak? Denga kata sekali mendayung 2 pulau bisa dikunjungi. Lantas kalau memposting artikel baru sebaiknya lewat blogger atau wordpress?

    Terima kasih penjelasannya, aku masih awam soal html dan sudah ada niat untuk beli domain sendiri.

    1. Di WordPress ada plugin khusus yang berguna mempermudah impor data dari blogger kita. Cukup klak-klik sedikit, kita bisa memilih artikel mana saja yang akan di posting ulang di wordpress yang baru.

      Untuk detail langkah-langkahnya silakan baca di Café Bisnis

      Atau kontak ke email saya di

      agus.siswoyo@agussiswoyo.com

  7. Khusus untuk engine wordpress, dengan oprak-oprek themenya sebetulnya bisa mendatangkan trafic gratis ke blog kita, bahkan jika diterapkan secara tepat, justru kita yang akhirnya berpikir untuk membatasi trafic, karena saking membludaknya. Sy sarankan pelajari ebook Mas Cosa. Sy sudah terapkan di beberapa blog sy, dan hasilnya Maknyus! Mas.

  8. duh..lagi-lagi saya malu kalau mau tanya bagaimana dengan blogspot….pasti jawaban klasiknya…ya pindah saja ke wordpress, alias punya domain en hosting sendiri. iya kan mas Agus….???……hiks..sedih akyu

  9. Hello! I just wish to give a huge thumbs up for the great data you have got here on this post. I will probably be coming back to your blog for extra soon.

  10. Ping-balik: reverse phone call lookup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *