Blog The Jombang Taste Pakai Sistem Komentar Bersarang

Contoh gambar seni pahat 3 dimensi
Contoh gambar seni pahat 3 dimensi

Setelah posting artikel selama beberapa kali, saya bersyukur ada respons yang cukup menggembirakan dari teman-teman blogger lain. Sebagai blogger pemula, hal itu cukup menyenangkan bagi saya. Minimal sudah ada blogger lain yang merespons tulisan saya. Nggak semuanya bernada baik, beberapa diantara mereka bahkan ada yang memberi kritik tajam. It’s oke.

Tapi setelah saya perhatikan, ada kelemahan yang mencolok yang sedikit mengganggu keasyikan berkomentar. Yaitu tidak bisa saling berbalas komentar. Kalau kita mau menyangkal ide komentator lain harus bikin profil baru. Nggak asyik banget…!

Maka saya mencari theme blog yang memungkinkan para komentator dapat saling membalas argumen masing-masing secara langsung dibawahnya.

Istilahnya adalah threated comment. Atau kalau di-Indonesiakan jadi Komentar Bersarang. Hihihi…  Nama fitur yang unik. Ini adalah salah satu keunggulan WordPress dibanding yang lain. Semoga adanya fitur ini bisa bikin diskusi di blog ini makin gayeng. Selamat menikmati sistem komentar bersarang yang bisa mencapai 4 level ke bawah.

Apa sih enaknya menggunakan nested comment? Sistem moderasi komentar ini memungkinkan para pengunjung untuk saling berinteraksi lebih seru dan menarik. Komentar awal bisa segera di-reply atau dibalas tepat di bawahnya. Apabila terdapat kesepakatan maupun ketidaksepakatan terhadap pemikiran seorang komentator, maka Anda bisa segera membalasnya tepat di bawah komentar tersebut.

Selain sisi interaktif yang ditimbulkan oleh nested comment, sistem komentar ini juga kadang menimbulkan permasalahan tersendiri. Permasalahan itu muncul saat komentator utama muncul sebagai sosok yang dikenal penting dalam sebuah niche bisnis online. Master bisnis online itu bisa menyerap perhatian komunitas blogger. Akibatnya, komentar balasan akan tertumpuk pada satu komentar utama sedangkan komentar lain akan terabaikan.

Overall, saya pribadi menyukai nested comment sebagai salah satu keunggulan CMS WordPress. Nested comment bukan saja hadir sebagai langkah maju dalam interaksi antar blogger di blogosphere, tetapi juga menghadirkan akraban tersendiri yang tidak bisa diganti. Jadi, kalau selama ini Anda terbiasa saling melempar jokes di Facebook maupun Twitter, kini Anda bisa berpindah tempat ke blog pribadi. Are you ready?

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

24 thoughts on “Blog The Jombang Taste Pakai Sistem Komentar Bersarang”

      1. saya masih bimbang Mas, saya masih menunggu waktu yang tepat untuk itu…
        Saya juga lagi utak-atik comment blogspot supaya bisa menjadi threaded comment.. tanpa harus memakai jasa pihak ketiga..

          1. @Agus Siswoyo, buset ini comment zaman dahulu baru dibales -_-a
            Hohoho udah pake kok mas…
            setelah pindah ke WORDPRESS benar2 jatuh cinta…
            dalam 2 hari langsung klepek2 jatuh cinta saya
            lebih "friendly user" dari blogger…
            "pluginnya itu loh kagak nahan"…
            tinggal comat comot ga perlu maenan HTML lagi ^_^
            happy blogging mas… saya baru mulai ngeblog lagi nih ^_^
            pake WP tentunya 😀

  1. It’s arduous to search out knowledgeable individuals on this matter, but you sound like you recognize what you’re speaking about! Thanks

  2. With almost everything that appears to be building within this subject matter, many of your viewpoints happen to be fairly exciting. Even so, I am sorry, but I do not subscribe to your entire strategy, all be it refreshing none the less. It seems to everyone that your commentary are actually not entirely justified and in simple fact you are yourself not wholly convinced of the argument. In any case I did appreciate looking at it.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *