Blogger Adalah Segalanya, Karena Itu Berbanggalah Menjadi Seorang Blogger

Beberapa hari terakhir, begitu banyak hal yang terjadi di blogosphere. Satu demi satu kejadian berlangsung tanpa pernah diduga. Upgrade disk space, dapat pertamax dan backlink dari Mas Hengky, meluluskan permintaan backlink Mas Arief hingga proses penyusunan langkah monetisasi blog ini.

Semua berjalan secara alami. Termasuk embel-embel seleblogger yang teman-teman sematkan ke blog ini. Jujur saja, semua itu hal yang wajar. Tidak ada yang istimewa. Ada atau tiada sebutan tersebut, saya tetap akan ngeblog secara rutin.

Lalu, hal apa yang paling istimewa dalam proses ngeblog Agus Siswoyo?

Bagi saya, teman-teman semua adalah jawabnya. Setiap blogger adalah istimewa. Tidak peduli baru berapa hari Anda menjalani aktivitas blogging, seorang blogger adalah pusat kehidupan blogosphere. Bukan ebooks, hosting, affiliasi dan sejenisnya.

Teman-teman yang sekarang mengambil langkah menjadi seorang blogger adalah manusia kompleks. Berbagai disiplin ilmu diterapkan dalam aktivitasnya.

Diperlukan kemampuan bersosial, menuangkan pikiran ke dalam sebuah tulisan, mendesain tampilan blog agar pengunjung betah berlama-lama di depan komputer, hingga upaya mempertahankan eksistensi blognya di tengah serbuan para pendatang baru.

Apalagi bagi mereka yang sekaligus menjalani pekerjaan kantoran. Baik sebagai guru SD, dosen universitas terpandang, staff akunting, siswa SMU, manager restoran, pengusaha kaos anak-anak dan beragam profesi offline lainnya. Sungguh sangat tidak mudah ngeblog dengan rajin dan kontinyu.

Para blogger dua dunia tersebut dituntut pandai dalam manajemen diri, memiliki komitmen dan senantiasa fokus pada tujuan. Dalam hal ini, disiplin diri menjadi kata kunci penggerak semua elemen tersebut. Utamanya adalah disiplin waktu.

Tidak perlu saya ceritakan detail aktivitas blogger tersebut. Seperti halnya saya, saya yakin sebagian besar teman-teman masih berkutat dengan pekerjaan offline diluar aktivitas ngeblog.

Jadi, banggalah dengan profesi sebagai seorang blogger. Karena bila telah berhasil menjalaninya, berarti teman-teman termasuk manusia dengan kemampuan di atas rata-rata. Karena tanpa teman-teman sadari, semua ilmu-ilmu di atas telah terbentuk dalam perilaku sehari-hari.

Tetap semangat ngeblog dan maju terus blogger Indonesia!

:iloveindonesia

112 Replies to “Blogger Adalah Segalanya, Karena Itu Berbanggalah Menjadi Seorang Blogger”

    1. wah wah sepertinya mas agus merambah dunia manajemen diri sekarang… ok lah kalau beg beg begitu :cendol … kita sesama blogger harus sering bersosialisasi maka dari bisa di ibaratkan blogger yang sudah saling kenalan itu sudah termasuk di dalam sebuah kampung blog dan setiap hari selalu bersosialiasi dan ada masa dimana ada seorang blogger harus meninggalkan kampung dan nanti akan kembali :mewek

      1. Kalau memasuki full manajemen sepertinya belum mas, masih harus banyak belajar dari teman-teman lainnya. Namun inilah proses. Semua akan berjalan secara alami.

          1. bahkan blogger sebenarnya sdh merambah wilayah penulis. Ya, penulis yg enggan menyebut diri mereka penulis, namun cukup dgn sebutan blogger…

          2. Kalau saya pribadi, malah cenderung ke jurnalis dadakan. Maklum, cita-cita nggak kesampaian. Hehehe…

  1. saya juga blogger dua alam eh dua dunia…
    berusaha tetap eksis dengan segala keterbatasan yang ada…
    :recsel :recsel

  2. sebenernya gak segala2nya banget sih, masih ada ibadah n pencarian nafkah yang harus kita lakukan, tapi setuju dengan pendapat mas kalau teman2 di Blogosphore adalah yang menjadi penarik bagi kita untuk memasuki dunia ini. Tanpa usaha yang berat, kita bisa berkenalan dan berteman dengan kawan yang seideologi dengan kita walau terbatas ruang, senangnya…

    1. Tambahan yang bagus mas. Maksud saya, blogger adalah subject atau pelaku utama dalam blogosphere. Semua aktivitas orientasinya ya ke blogger.

  3. wah…setuju banget nih mas agus!!!! bangga juga jadi seorang blogger, ibarat bisa jadi seperti penulis profesional dengan surat kabar sendiri hehehehehehe…….

    plus bisa nyari “tambahan”!!!!!!

    1. Bli Jhoni benar…
      Biarpun struktur bahasa tulisan masih kacau, itu bukan yang utama. Yang penting bisa ‘mengabarkan’ dan ‘berbagi pengetahuan’ dengan teman-teman pengunjung blog. Dan, bagi saya pribadi, ngeblog adalah pelampiasan saya karena gagal jadi jurnalis beken. Hahaha…

  4. kereeeen.. salut mas
    soal newbie ato beberapa hari ngeblog hanya masalah waktu.
    nggak bisa bukan berarti nggak bisa sama sekali, yang ada belum bisa

    1. Makanya mas, saya prihatin kalau masih ada blogger yang minder dengan hasil tulisannya. Padahal bagus dan tidaknya suatu artikel sifatnya relatif. Setiap pengunjung mempunyai tolak ukur yang berbeda-beda terhadap isi tulisan.

  5. mungkin ada yg lom tahu, gara2 asyik nge-blog situs penjualanku ampe kujual dulu biar bisa konsentrasi nge-blog!:sip:mas Agus

  6. ya aktivitas belogger memang banyak bikin perubahan buat saya… saya jadi banyak teman baru, tambah ilmu dan pengetahuan, tambah semangat dari artikel2 di blog2 motivasi, tambah penghasilan, dan yg paling penting jadi pintar mengelola waktu 🙂

    :cendol

    1. Komentar super…!
      :peluk
      Seandainya semua blogger bisa berubah seperti mas Ardy, saya yakin Indonesia makin cepat melesat maju dalam hal apapun.
      :lapar

  7. saya kadang aneh dengan sebutan blogger yang diberikan kepada saya oleh teman2 pabrik,1 orang yang tau langsung nyebar ke beberapa teman yang lain,bahkan kalo sedang makan di kantin ada yang bilang “awas ada blogger lewat” awalnya sih malu,tapi lama2 saya menikmatinya ,toh profesi blogger bukanlah profesi hina .hidup blogger indonesia…. saya bangga bisa merasakan dunia blogger.
    artikel yang menarik mas agus

    1. Yang bilang gitu berarti mereka iri mas. Mereka nggak bisa merasakan senangnya berteman tanpa dibatasi sekat-sekat yang bersifat phisically. Mas Ipul juga pastinya lebih ekspresif terhadap segala kejadian yang ada di lingkungan. So, pede aja. Selama nggak merugikan mereka, ngeblog jalan terus….

      :ngacir2

  8. jadi tambah semangat saya Pak, maklum termasuk baru di dunia blog ini dan masih ingin terus belajar, dan belajar lagi. Sukses selalu.

  9. blogging memang sangat memberi manfaat mas…terutama ilmu yang bertambah…teman yang bertambah,,dan ada kepuasan bagi saya sendiri saat melakukan aktivitas blogging…

    salam hangat mas agus..

  10. Iya Mas Agus betul. Jika punya pekerjaan offline sulit mendapatkan waktu buat blogwalking atau buat posting. Kalau pas banyak kerjaan pasti ga sempat online. Sekali online serasa sudah ketinggalan jaman…

  11. Setuju dengan Mas Agus… saya juga Blogger dua dunia yang mencoba mempertahankan konsistensi dan komitmennya. sulit memang menjalaninya tapi tidak mungkin untuk meninggalkan salah satunya… ibarat makan buah si malakama… yang jelas saya berusaha untuk disiplin waktu dan fokus

    1. Ngeblog mengajarkan kita belajar disiplin waktu dan fokus pada tujuan. Termasuk menentukan prioritas yang harus dilakukan terlebih dulu.

    1. Dalam tataran religi, ngeblog bisa jadi sarana berbagi ilmu. Mengutip terjemah salah satu ayat: "katakanlah, walau hanya satu ayat"

  12. sangat setuju sekali .. Blogger merupakan status yang special. pastinya membutuhkan sikap yang special juga seperti manajemen waktu.

    Sebagai blogger kan semakin banyak waktu di rumah. Membuat ibadah dan aktivitas kita semakin baik.

    1. …Sebagai blogger kan semakin banyak waktu di rumah. Membuat ibadah dan aktivitas kita semakin baik…

      Saya suka kalimat ini…

  13. mantap mas Agus!

    saya suka dengan istilah blogger sebagai individu yang kompleks. benar adanya, makanya tidak perlu mengkotak-kotakan karakteristik masing-masing blogger. walau secara tidak langsung, tema-tema yg di angkat memberikan label untuk berbeda.

    1. Tidak perlu diperdebatkan status bloger kambing, blogger 5 menit ataupun preman blogger. Semua berkreasi dalam tataran masing-masing dan saling memberi warna dalam blogosphere.

  14. Sy bangga ms jadi blogger, walau msh newbie tp seneng rasanya. 2 dunia, sprti ms agus ktkan diatas,sy pun jg mengalaminya. Yg penting managemen diri ms.

  15. jadi bangga nih jadi blogger. Apalagi waktu ikutan PB2009 kemarin saat si Panji berucap, "blogger adalah penulis yang membuat bangsa ini senantiasa membaca. Mereka adalah guru-guru bangsa. hormat saya bagi para blogger!"

  16. Pingback: Bagaimana Menjadi Blogger Yang Hidup Di Dua Sisi
  17. Berbanggalah menjadi seorang Blogger …haha. Sebetulnya hakikat diri setiap manusia adalah blogger, dia harus menjadi pemimpin untuk dirinya sendiri, nge blog utk dirinya lah, nasihatin dirinya sendiri, diskusi kalo perlu debat dengan dirinya sendiri, saat dihadapkan pada 2 pilihan yang rancu. Lalu kepemimpinan blogger meluas pada keluarga nya, lalu pada lingkungannya, semakin luas dan luas.

    Adapun media nya, ya wong selama ini di dunia maya masih menggunakan TULISAN, ya 'menulis' lah alat blogger melakukan tugas kepemimpinannya, mungkin 10 tahun kemudian bisa terjadi blogger menggunakan media audio, dan komen nya juga menggunakan audio :D.

    Dan setiap orang memang harus menjadi pemimpin yang menyampaikan nilai2 kebenaran bagi dirinya, keluarga dan lingkungannya. Dan blogger adalah aksidensi dari hal tersebut. Karena itu, berbanggalah blogger – selamat menjalankan tugas kepemimpinannya berdasarkan 4 sifat wajib kepemimpinan yaitu the truth (shiddiq), the trust (amanah), the controler (fathonah) dan the deliverer (tabligh)

  18. Kalo Menjadi Seorang Blogger dengan mengutip disertai linkback sumber mungkin ndak masalah dan bolehlah berbangga…. namun kalo blogger itu kerjaannya copas tuntas artikel orang lain maka tidak pantas berbangga menjadi blogger!

    Seorang blogger boleh bangga kalo membuat konten original sendiri bro….

    Salam kenal Broo.

  19. Pingback: E-BOOK MANFAAT DAN CARA PEMBUATANNYA « Artikel Keren dan Kaya Kandungan Teknologi
  20. Pingback: E-BOOK MANFAAT DAN CARA PEMBUATANNYA « Septianwelly's Blog
  21. setuju bos,meskipun saya adalah orang baru didunia bloging,tapi saya dapat merasakan manfaatnya.
    Memang bukan dalam bentuk materi,ada hal yang lebih berharga dari itu yaitu,bisa mengamalkan ilmu sekaligus bisa belajar dan dapat ilmu pengetahuan baru.

  22. interesting order and if you have hundreds of websites I would be definitley interested. tell me what you think when this gig is completed and that we may definitley work out something

  23. After research a few of the blogs in your website now, and that i really like your method of running a blog. We bookmarked this in order to my personal bookmark website itemizing and can be looking at once again quickly. Please take a look at my web page because nicely as well as tell me what you believe.

  24. I got what you specify, thanks for putting up. Woh I am happy to experience this website finished google. Thanks For Share Blogger Adalah Segalanya, Karena Itu Berbanggalah Menjadi Seorang Blogger | Catatan Motivasi Blogging Indonesia.

  25. Blogger Adalah Segalanya, Karena Itu Berbanggalah Menjadi Seorang Blogger | Catatan Motivasi Blogging Indonesia I was recommended this web site by my cousin. I’m not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my problem. You’re amazing! Thanks! your article about Blogger Adalah Segalanya, Karena Itu Berbanggalah Menjadi Seorang Blogger | Catatan Motivasi Blogging Indonesia Best Regards Nick Craig

  26. Blogger Adalah Segalanya, Karena Itu Berbanggalah Menjadi Seorang Blogger | Catatan Motivasi Blogging Indonesia I was recommended this web site by my cousin. I’m not sure whether this post is written by him as no one else know such detailed about my trouble. You’re wonderful! Thanks! your article about Blogger Adalah Segalanya, Karena Itu Berbanggalah Menjadi Seorang Blogger | Catatan Motivasi Blogging IndonesiaBest Regards Cassetta

  27. Blogger Adalah Segalanya, Karena Itu Berbanggalah Menjadi Seorang Blogger | Catatan Motivasi Blogging Indonesia I was suggested this web site by my cousin. I am not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my trouble. You’re incredible! Thanks! your article about Blogger Adalah Segalanya, Karena Itu Berbanggalah Menjadi Seorang Blogger | Catatan Motivasi Blogging Indonesia Best Regards Schaad Veronica

  28. Wow, superb blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look easy. The overall look of your website is excellent, as well as the content!. Thanks For Your article about Blogger Adalah Segalanya, Karena Itu Berbanggalah Menjadi Seorang Blogger | Catatan Motivasi Blogging Indonesia .

  29. hi!,I love your writing so much! percentage we keep in touch more approximately your article on AOL? I require a specialist on this house to solve my problem. Maybe that is you! Looking ahead to see you.

  30. Blogger Adalah Segalanya, Karena Itu Berbanggalah Menjadi Seorang Blogger | Catatan Motivasi Blogging Indonesia I was recommended this website by my cousin. I am not sure whether this post is written by him as no one else know such detailed about my difficulty. You are incredible! Thanks! your article about Blogger Adalah Segalanya, Karena Itu Berbanggalah Menjadi Seorang Blogger | Catatan Motivasi Blogging IndonesiaBest Regards Cindy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *