KTP Blogger: Kepribadian, Tanggungjawab dan Peduli

Dalam kehidupan nyata, belum resmi status kewarganegaraan seseorang bila belum memiliki KTP. KTP berperan bukan hanya sebagai kartu identitas tetapi juga pelancar sejumlah transaksi ekonomi dan pengurusan beberapa surat berharga.

Seorang pembelajar pun dituntut memiliki KTP agar proses penyerapan ilmu dapat optimal dilakukan. Inilah yang dikatakan Hariwardono Soeharno, salah satu dosen ITS yang masih aktif mengajar di usia senja. Apa itu KTP? KTP adalah singkatan dari Kepribadian, Tanggungjawab dan Peduli.

Dalam dunia blogging ketiga hal tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Kepribadian

Kepribadian yang saya maksud adalah kemampuan berkomunikasi yang baik, bertindak fair dalam sebuah kompetisi, luwes dalam pergaulan dan tidak berpikiran sempit dalam menanggapi satu perselisihan.

Mungkin Anda berpikir kenapa sih blogger harus punya kepribadian? Hidup di dunia maya aja repot banget. Sama seperti bersosialisasi dengan tetangga sebelah rumah. Masih perlu timbang rasa dan toleransi dalam menjaga hubungan baik agar tidak ada miskomunikasi.

2. Tanggungjawab

Ngeblog adalah pilihan. Tidak ada yang memaksa Anda membangun blog pribadi dan mengisinya dengan artikel-artikel berbobot. Tapi kalau sudah memilih dunia blogging, kok ya aneh saja kalau tiba-tiba kabur seperti pelaku tabrak lari.

Dalam hal ini termasuk juga bertanggungjawab atas segala efek dan resiko publikasi sebuah artikel. Manakala tulisan Anda mendapat sorotan tajam dan mengundang pro dan kontra, Anda dituntut mampu menjadi moderator bagi kedua pihak yang berseberangan.

3. Peduli

Ini nih yang sulit dilakukan. Di jaman yang serba materialis seperti saat ini, setiap orang dipusingkan urusan masing-masing. Tidak ada waktu untuk memikirkan keadaan blog sebelah yang sedang merana, kering ide, seret traffic, malas update, tidak ada upaya promosi atau sedang bimbang menentukan arah blogging ke depan.

Bentuk kepedulian bisa berupa membuat artikel penyemangat, review profil, konsultasi email, sapaan blogwalking atau kalau peduli level tinggi langsung didatang ke rumahnya.

KTP ini tidak di dapatkan di kantor kecamatan maupun instansi pemerintah lainnya. Dia ada dalam aktivitas online sehari-hari kita. Uniknya, trio sekawan ini bisa kita pelajari dan kita latih sejak dini. So, mulai sekarang setiap online jangan lupa bawa KTP ya…

Ngomong-ngomong, apakah Anda sudah punya KTP di atas?

2 Replies to “KTP Blogger: Kepribadian, Tanggungjawab dan Peduli”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *