Blogging Adalah Pilihan, Kalau Tidak Cocok Silakan Ditinggalkan

Jalan-jalan ke tempat wisata sejarah Museum Bank Indonesia di Surabaya Jawa Timur
Jalan-jalan ke tempat wisata sejarah Museum Bank Indonesia di Surabaya Jawa Timur

Beraneka ragam respons pembaca artikel Update Kontes Co-Writer yang saya publikasikan kemarin. Meski jadwal tayang tetap sesuai rencana awal, ada yang merasa diuntungkan dengan diperpanjangnya waktu pendaftaran. Mereka punya waktu lebih banyak untuk edit tulisan sana sini.

Kontes ini memang hukumnya bukan wajib. Tapi sunnah. Kalau mau mengembangkan kemampuan menulis ya monggo diikuti. Kalau tidak pun ya silakan dilewatkan.

Offline Lagi, Offline Lagi…

Namun yang membuat saya miris, mengapa kebanyakan komentar justru menjadikan dunia offline sebagai alasan utama keterbatasan menekuni blogging? Disini saya memakai kata blogging, bukan update artikel.

Hidup dipenuhi dengan pilihan. Tapi kalau sudah memilih, kita dituntut untuk komitmen dan mempertanggungjawabkannya. Saat pertama kali Anda memasuki dunia blogging, saya yakin Anda semua melakukan atas keinginan sendiri. Bukan hasil paksaan siapapun.

Dalam era kebebasan berekspresi saat ini, orang tua, isteri, pacar, anak bahkan boss Anda tidak akan mampu memaksa Anda nge-klik sebuah situs kalau Anda tidak sreg di hati.

Nah, bagi yang merasa dunia offline begitu membelenggu langkah Anda, sekarang saya bertanya: Dimana semangat yang dulu pernah ada?

Pilihan-pilihan Dalam Hidup

Orang Jawa bilang isuk dele, sore tempe. Apakah Anda termasuk orang yang demikian? Terlalu mudahkah Anda berubah–ubah pikiran dalam sekejap? Saya hanya bisa tersenyum geli saat melihat seorang mengikrarkan janji mau ngeblog serius, update artikel 2-3 hari sekali dan bla-bla-bla lain.

Tapi kalau faktanya bertentangan dengan ucapannya, ya sutralah…

Berarti orang tersebut belum jodoh dengan dunia blogging. Mungkin akan menemukan kesejahteraan hidup dari bidang lain di luar sana.

Jika aktivitas blogging selama ini membuat tubuh sakit-sakitan, tidak nyenyak tidur, makan nggak enak, terlebih lagi membuat depresi pikiran, maka harus dipikir ulang kelanjutan karir ngeblog Anda.

Namun, jika Anda dengan rela bersedia sedikit ‘menderita’ di awal ngeblog, dan mempunyai mindset Blogging for Invesment, silakan menunjukkan kemampuan terbaik Anda.

Setiap hari adalah hari baru. Baik yang mengambil pilihan setia blogging maupun setia non-blogging.

Selamat memilih!

Bagikan artikel ini melalui:

175 Replies to “Blogging Adalah Pilihan, Kalau Tidak Cocok Silakan Ditinggalkan”

  1. Merasa tersindir. Haha :hammer

    Semangat itu masih ada, jenderal! :iloveindonesia Manajemen waktu aja yang masih aga-aga berantakan. (alasann lagii) :batabig

  2. isuk dele sore tempe itu tanda proses yg berhasil mas…
    tinimbang isuk dele sore dele bosok… :ngakak

    hayoooo …. blogging…
    mari berlomba dan menguji diri untuk konsisten

  3. yap betul banget mas.. kalo emang mau ngeblog harus konsisten tapi kalo ada ulangan gimana ? pilih lulus atau istirahatkan blog dulu :ngakak

    1. @Abdul Rizky, ya itu pilihan Anda, mau lanjut atau stop hak sepenuhnya di tangan Anda. Jangan karena baca artikel ini lalu membuat kesimpulan saya memprovokasi Anda untuk berhenti ngeblog.

      :siul

  4. Hidup memang mengharuskan kita untuk selalu memilih….. Aku sih ngeblog bukan untuk mencari penghasilan,…. cuma sekedar tempat mengeluarkan uneg-uneg doank… But kalau sampai bisa monetise,…. mantap juga huwkwkwkw…

    1. @patiukan, Tetap semangat menulis mas. Langkah monetisasi blog bukanlah hal mustahil.

      Anyway, saya kesulitan menulis komentar di blog Anda. Susah banget. Sudah background-nya gelap, pakai verifikasi captcha, terus nggak tampil pula.
      :cd

    1. @Arief Rizky Ramadhan, Artikel yang saya tulis sudah finish dik. Memang saya bikin gitu. Saya ingin membuat trend baru dalam penulisan artikel. Biar nggak biasa.

      Percaya deh, saya akan jawab semua komentar pengunjung blog dik Arief. Asal judulnya tetap seperti tadi. Siap-siap kebanjiran komentar…

      :rate

  5. pancingan artikelnya bagus mas,, setidaknya ada yg sebenarnya tidak ikut kontes mnjadi ikut kontes … (tapi maaf ya mas, saya blm ikut dulu –> ini pilihan saya saat ini hehehe…)

  6. memang miris sih mas, kalau kendala menulis karena urusan offline. pertanyaannya sebanrnya kembali lagi ke "tujuan".

    Saya tetap mendukung event ini mas Agus..

    nanti saya coba posting dengan tema yang bersinggungan…

  7. Kalo menurut sy, ms Agus, sibuk offline itu bisa 2 makna :

    1.beneran sibuk offline

    2. Cari alasan sibuk offline, krn idenya buntu, atau lg males/yg lainnya (intinya menjadikan offline pelarian alasan).

    Memang menjadikan offline jadi biang pelarian kesalahan = kita kurang bijak menyikapinya, namun variabel offline jadi kesibukan memang tetep terbuka pasti terjadi apalagi mereka yg mmg sblmnya sibuk dioffline lalu keonline. Termasuk sy juga….hehehehe…malu nih.

  8. Nambah lagi ms, tulisan ini sy suka, krn lebih terbuka dan sifatnya apa adanya, dan jarang orang berani melakukan ini, krn jujur dan mndobrak tradisi orang Indonesia yg suka yes-yes didepan tp nggak dibelakang. Sy dukung ms, walau kontroversi bg yg lain!! ya bagi sy juga bisa jd evaluasi jg.Nggak salah kan orang lain menilai dirikita kurang, walau sepet, pahit dan asem rasanya….. :hammer

  9. Aku lihat memang masih sedikit orang indonesia yang memandang blogging sebagai jalan karir. Seneng lihat mas Agus dan teman-teman yang sudah berkomitmen menjadikan blogging sebagai karir.

    Aku sendiri memang tidak (mungkin belum) menjadikan blogging sebagai pilihan karir. Investasi, mungkin saja. Alat bantu menunjang bisnis online, pasti.

    Sukses buat mas Agus dengan karir bloggingnya :cendol

  10. salam kenal sebelumnya.baru kali ini saya mampir kesini tapi saya menemukan sebuah investasi yang berharga bagi pengembangan blog saya.makasih buat mas agus yang sudah posting artikel ini.saya tambah semangat untuk blogging. salam sukses buat mas agus & salam kenal aja

  11. dulu saya gembor… gembor…. gak ada alansan lagi buat update blog… atau blogging…. sekarang saya bisa memaklumi…. memang sulit untuk di pungkiri… apa lagi masalah yang berat… pikiran tertuju cuma pada masalah… tidak bisa lepas dan ganti ke yang lain….

    semua harus di bagi… betul-betul… kalau keadaan memang gak bisa memungkinkan… kita bisa mengalah salah satu… toh kita bukan orang perfect… yang mengatasi kesibukan dan masalah dengan mudah….

    nice artiel mas agus… artikel ini menyentuh saya agar bisa membagi waktu lagi buat blog walking….. 😀

  12. saya setuju, mas..

    hidup adalah pilihan, termasuk dalam hal ini blogging sebagai pilihan…

    Tidak ada yg memaksa kita utk blogging, jadi bila merasa terpaksa atau tidak nyaman melakukannya, buat apa dipaksakan.. 🙂

  13. Selain faktor keterbatasan waktu, koneksi internet yang bermasalah, dan rasa jenuh, mereka yang merasa begitu mungkin masih belum menemukan feel dari aktivitas blogging itu sendiri kalo menurut saya mas.

    Feel dari blogging akan terasa kalo kita memang sudah bisa mencintai dan menjadikan aktivitas blogging sebagai kebutuhan. Kebutuhan buat aktualisasi diri, berbagi, dan juga menambah ilmu serta sahabat.

    1. @iskandaria, Semua karena Cinta. Seperti artikel saya yang kemarin, pada akhirnya cinta akan membawa seorang blogger kembali kepada habitatnya, yaitu blogosphere tempat berbagi pikiran dengan warga blogger lain.

        1. @kucrit, Ya pintar-pintarnya kita aja ngakalin keadaan. Contoh pembuktian cinta adalah: Masak kalau dilarang pacaran kita langsung nyerah begitu saja. Kan bisa backstreet, long distance atau kalau sudah mantab bgt langsung dilamar ke orang tuanya.

          Demikian pula dalam blogging. Selalu ada jalan untuk menyelesaikan masalah. berpikir kreatif dan sedikit keluar dana bisa jadi solusi.

  14. isuk dele sore tempe , mari ngono di dol…wis oleh duit mas heeeeee :ngakak

    saya pikir malah para pebisnis MLM seperti kebanyakan klien web saya…harus punya blog,

    selain sebagai interaksi dan tanya jawab member , blog menjalin silahturahmi, klo saya tetap ambil jalan ini mas…

    blog bagai buku catatan…bisa tempat belajar orang lain dan diri kita sendiri

    1. @Muhammad Arifin, Itulah salah satu kekuatan blog di banding media Public Relation lainnya. Kemudahan akses dengan pengunjung bisa menjadi nilai lebih sebuah perusahaan. Jadi, selalu tahu apa maunya konsumen.

  15. Bagus banget tulisane,kang. :pertamax Jadi semangat nulis neh. Memang blogging itu sebuah pilihan. Menulis ya silahkan..enggak ya gak apa2 🙂 Kalo blog itu investasi…saya sangat setujuuuuuuuuuuuuuu! Ibaratnya kita udah menyusun sebuah buku lah. Serbuuuuuuuu :ngakak ayo berblogging ria. Maaf terlalu semangat :))

  16. saya sih punya tujuan, mungkin bisa di share kan. Blog lah bertahap dan kosisten selama 3 tahun. Lama? tidak, karena itu sudah mendapat kan hasil yang baik untuk di capai hingga 5 tahun blogging dari awal. Nantinya setelah itu, akan terasa manfaat blog yang benar2 ngeBlog. hehe. itu pendapat saya saja.

  17. waktu terus berubah dan kondisi orang pun fleksibel. Mungkin saja yang tidak/kurang konsisten dalam ngeblog kondisinya tidak sesuai dengan angan-angannya dulu pada saat semangat….. kondisi yang bagaimanakah itu? tanya saja kepada mereka…… hehehe..

    1. @kucrit, kondisi yang terjadi bisa jadi seperti yang tersebut dalam artikel saya kemarin yang judulnya Cinta Kan Membawamu kembali Blogging.

      Cekidot…!

      :rate

  18. Really nice article mas…

    jadi inget saya sama mas tri wah dulu suka ngompor-ngompori.

    pengalaman yang luar biasa ketika bersentuhan dengan blogging, kemudian bisnis online.

    menyentuh sekali mas artkelnya, karena akhir2 ini saya jarang blogwalking ke temen2. termasuk mas tri hahahhaha….

  19. kena… kena… kena…

    berhubung saya yg kena kick ama artikel ini jadi numpang lewat aja gan :ngacir2 :ngacir2

    (cuman saya nggak mengatas namakan sibuk offline mas, saya sibuk online soalnya. :hammer )

  20. beginilah susahnya jadi manusia amphibi. Hidup di darat atau di laut. Sibuk offline dan online. Memang harus memilih!

  21. kalo kita sudah memilih, kita harus mempertanggungjawabkannya tuh . jangan karena ke paksa .

    pelan pelan saja, namun pasti 😀

    Thanks

    Imamz

  22. semangat …itulah kata yang saya dapatkan di akhir artikel ini..terima kasih mas Agus sudah mengingatkan saya pada khususnya dan semua blogger untuk terus semangat meniti karir menjadi blogger sejati …..

    sukses buat Mas Agus…

    1. @ghezy, Benar mas. Bagi yang niat ngeblognya masih samar-samar, aktivitas blogging seperti layaknya makan bakso. Kalau pengen ya beli, kalau nggak ya cari yang lain.

      Beda dengan yang benar-benar butuh ngeblog. Ibaratnya seperti makan nasi. Kalau sehari tidak ketemu, bingung setengah mati.

  23. Wah saya juga kena nich.. :hammer

    setidaknya ini mengingatkan saya untuk tetap konsisten dalam blogging.. makasih mas…

  24. Ping-balik: BERANI MENYALAHKAN DIRI SENDIRI (1) | TIPSsukseskarir.com
  25. Benar sekali mas agus.Kalau blogging itu merupakan suatu pilihan yang harus ataupun tidak wajib dilakukan.Hanya saja blogging itu merupakan soft selling yang bermanfaat bagi perkembangan bisnis kita.

  26. hey webmaster, your website page’s style can be impressive in addition to supportive the application. A talks are usually impressive. You should definitely support the favorable perform. Meets.

  27. Hey there, simply notice your own weblog thru Google, and located that it’s really educational. I’m going to look out for brussels. Ill be thankful for those who carry on this in future. Plenty of people will probably be benefited out of your composing. Cheers!

  28. Hi, i think that i saw you visited my website thus i came to “return the favor”.I’m attempting to find things to enhance my site!I suppose its ok to use some of your ideas!!

  29. I recently came across your own article and have been reading through together. I wish to express my personal admiration of your writing skill as well as capability to make readers study from the beginning towards the finish. I must read more recent articles and also to share my personal thoughts with you.

  30. I’m not sure where you are getting your info, but good topic. I needs to spend some time learning more or understanding more. Thanks for great info I was looking for this info for my mission.

  31. I just want to mention I am beginner to blogging and site-building and certainly savored you’re web blog. Probably I’m planning to bookmark your website . You certainly come with amazing stories. Thank you for sharing with us your blog site.

  32. I just want to tell you that I am just all new in order to running a blog and certainly liked you are web site. Most likely I will bookmark your site . You certainly have outstanding articles. Kudos for sharing around your site.

  33. It’s always nice when you look over a document that’s not just informative but also fun. I must bookmark Blogging Adalah Pilihan, Kalau Tidak Cocok Silakan Ditinggalkan | Catatan Motivasi Blogging Indonesia inside my personal computer. I have already been seeking information regarding this subject matter for weeks and yours is the best I have proudly located. I liked your writing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *