(Bukan) Tips Sukses Blogging Dunia dan Akherat

Review Jurnal Manajemen Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Hotel di Malaysia
Review Jurnal Manajemen Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Hotel di Malaysia

Rejeki itu rahasia Tuhan, nggak ada satupun manusia yang bisa memastikan kehadirannya. Termasuk dalam hal ngeblog yang bisa memberi makan bagi si blogger. Di luar sana ada banyak artikel yang teroptimasi untuk menjadi referensi terbaik di bidangnya. Entahlah, akhir-akhir ini saya kok malah malas nulis di blog ini. Sepertinya arus informasi menjejali pikiran saya sampai over load. Hasilnya ya tulisan ini. Sori sori sori jek kalau bahasanya agak kacau. Hehehe. Kalau menurut pengalaman dan berbagai referensi yang saya dapat, ngeblog yang oke punya biasanya…

Memiliki topik spesifik.

Blog gado-gado memang mengasyikkan. Kita bisa nulis apapun yang kita mau tanpa takut keluar dari benar merah artikel. Tapi beraneka ragam topik ini juga bisa bikin Anda kesulitan menentukan pilihan mana yang mau diangkat. Logika umum yang berlaku adalah kenapa tarif konsultasi dokter spesialis kulit dan kelamin lebih mahal daripada dokter umum? Jawabnya ya tadi, karena keahlian. Semakin Anda fokus pada satu keahlian, semakin bagus citra di mata pembaca.

Berani berinvestasi dalam blogging.

Internet penuh dengan barang gratisan. Tapi ini bukan berarti Anda harus menggantungkan diri pada hal-hal gratis. Ingat, salah satu pertanda keseriusan Anda adalah berani berkorban. Ibarat orang pacaran, kalau waktu nge-date si cowok nggak pernah mau keluar modal, jangan harap bisa punya hubungan lama dengan cewek. Meski tidak semuanya, cewek biasanya ngetes seberapa besar sayang cowok dari pengorbanan yang diberikan. Investasi juga menjadi pembeda antara blogger opportunis dan idealis.

Belajar menulis dari blogger sukses.

Ada banyak blogger senior yang masih rajin publish artikel. Dekat-dekat aja sama mereka. Kalau perlu, minta bocoran rahasianya secara bertahap, tapi mainnya halus aja biar nggak ketahuan. Hehehe. Bedakan antara penulis buku cetak dan penulis blog (narablog). Mereka memiliki kebiasaan yang berbeda dalam mengasah kemampuan menulis. Bisa jadi profesi keduanya saling tumpang tindih, namun tetap ada ciri khas narablog yang tidak dimiliki penulis, yaitu high level narsis. Hahaha.

Punya pengalaman dalam hal Penulis Tamu.

Setiap blog yang umurnya tahan lama memiliki satu ciri khusus, yaitu adanya penulis tamu atau pernah menjadi penulis tamu untuk blog lain. Kenapa kita butuh penulis tamu? Memangnya nggak bisa nulis sendiri? Bukan itu masalahnya. Titik beratnya adalah kontribusi yang diberikan dan interaksi yang terjadi saat publikasi artikel penulis tamu. Nggak perlu minder buat nulis di blog orang lain. Nggak perlu juga takut tersaingi hanya karena orang lain coba-coba tebar pesona di rumah Anda. Feel free! Akan ada banyak kejutan yang menanti Anda di kesempatan mendatang. Percaya deh.

Ada yang mau menambahkan tips ngeblog lainnya?

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

18 thoughts on “(Bukan) Tips Sukses Blogging Dunia dan Akherat”

  1. Namun tetap ada ciri khas narablog yang tidak dimiliki penulis, yaitu high level narsis.

    Wah, itu bener banget mas 🙂

  2. Oh ya, untuk blog dengan topik beragam, sebenarnya tidak ada masalah jika pengkategoriannya jelas dan setiap kategori diisi dengan konten yang berimbang satu sama lain. Jadi, pengunjung bisa punya banyak pilihan artikel/posting pada satu kategori tertentu yang lebih diminatinya. Selain itu, navigasi ‘related post’ (posting terkait) di bawah setiap artikel sangat penting untuk blog dengan topik beragam. Ini guna mempermudah pengunjung menelusuri topik tertentu yang lebih disukainya.

    Di sisi lain, topik blog yang terlalu campur aduk kadang membuat saya malas menelusuri lebih lama saat berkunjung di situ. Satu posting dengan yang lain terkesan sangat tidak nyambung. Itu diperparah lagi dengan judul yang kurang menarik dan pengkategorian yang kurang jelas.

  3. sudah semua dijalani mas agus, kurang experience dan jam terbang aja. hehe, kurang banyak waktu dan lamanya blogging kembali.

  4. Buat blog yang specialized memang ga gampang, kadang kita kesulitan materi artikel yang sesuai dengan spesialisasinya …

  5. I beloved as much as you’ll obtain carried out proper here. The caricature is tasteful, your authored material stylish. however, you command get bought an edginess over that you would like be turning in the following. unwell indisputably come further before once more as precisely the same nearly very ceaselessly inside case you protect this hike.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *