Duh, Gue Males Kerjain Proyek Yang Satu Ini!

Tantanglah diri Anda untuk menyelesaikan proyek yang sedang berjalan sesuai tenggang waktu yang ditentukan. Rayakan begitu Anda berhasil mencapainya.

Idealnya kita-kita para blogger, pebisnis online maupun freelancer online bisa selalu semangat menghadapi berbagai proyek yang sedang berjalan, baik yang bersifat rutin maupun insidetil. Tapi antara tulisan dan tindakan bisa jadi jauh berbeda kenyataannya. Mood lagi naik turun, eh ketiban klien super cerewet, follow up tidak kunjung closing, sarana dan prasarana pendukung juga menguji kesabaran. Huh! Isi kepala rasanya mau meledak.

Akan sangat bijak kalau kita bisa mengetahui secara sadar kapan harus berhenti bekerja, kapan harus tancap gas, dan kapan kecepatan bisa disetel dalam kondisi santai. Tapi sekali lagi, kalau bicara disiplin diri semuanya nggak mudah dilakukan. No way turn back! Dan akhirnya satu saat kita harus melanjutkan pekerjaan sampai selesai. Apapun resikonya.

Nah, artikel kali ini akan saya bagi sedikit ide buat membantu Anda supaya berhasil menyelesaikan pekerjaan yang akan dimulai, maupun melanjutkan yang telah ada.

1. Bangkitkan minat dan motivasi kepada pekerjaan Anda.

Dua kata kunci di atas adalah minat dan motivasi. Keduanya harus berjalan bersama layaknya si kembar Sinta dan Santi. Carilah informasi sebanyak mungkin. Semakin banyak informasi Anda dapat, semakin Anda tertarik menyelesaikan pekerjaan tersebut. Tapi awas ya, informasinya jangan terlalu melebar. Harus tahu batasannya, atau Anda akan kesasar ke situs lain yang lebih asyik dan menarik, tapi nggak ada hubungannya dengan kerjaan (kira-kira situs apaan ya?).

2. Bayangkan kepuasan yang akan diperoleh kalau pekerjaan tersebut bisa selesai tepat waktu.

Pada waktu menulis artikel ini, saya sedang membayangkan tulisan ini akan dibaca para dedengkot blogger macam mas Hengky, mas Lutvi, mas Arief, Oom JS (kali aja nyasar kemari), dan mereka-mereka para penggemar fanatik saya lainnya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Hahaha. Next, saya bayangin para pengunjung akan berlomba meninggalkan komentar karena ngarep backlink dari CommentLuv. Hayo, ngaku aja!

3. Tantanglah diri Anda dalam batas waktu penyelesaian yang ditentukan.

Dikejar-kejar deadline itu nggak enak. Ini hampir sama dengan dikejar utang. Tidur nggak nyenyak, makan nggak lahap, berjalan juga kesandung batu. Sekali lagi, tidak ada jalan kembali ke belakang. Hadapi saja meski pada awalnya setengah hati Anda jalani. Percayalah, setelah memulai sepertiga bagian foreplay, Anda akan mulai enjoy dan bersemangat menuntaskan misi. Ini hanya masalah konstruksi mental belajar menjadi seorang pioneer.

4. Ambillah bagian dalam bekerja sama dengan pihak lain yang bisa diandalkan.

Memang ada sebagian orang yang lebih suka menjadi single fighter. Namun untuk tujuan agar selalu termotivasi, ada baiknya Anda berkolaborasi dengan orang lain. Ini bukan saja untuk mempertahankan mood dalam performa terbaik, tapi juga membuat Anda selalu serius dan tanggungjawab bekerja. Coba Anda melakukan kerjasama tapi bisanya cuma main-main, bisa-bisa Anda kena damprat kawan JV.

5. Rayakan keberhasilan Anda dengan gaya “Loe Bangetz”

Setelah berhasil melewati masa-masa tegang selama beberapa hari dan deadline terselesaikan dengan sukses, itulah waktu merayakan. Let’s celebrate it! Kalau Anda hobi baca buku, manjakan diri dengan memborong buku-buku diskon di Gramedia. Bagi yang suka renang, silakan berendam seharian penuh di Plaza Marina Pass. Dengan merayakan kesuksesan kecil, ini adalah bentuk penghargaan terhadap potensi dan kerja keras diri Anda.

Sekali lagi, tantangan terberat bagi para blogger, pebisnis online, freelancer dan para pekerja kreatif yang dikejar deadline adalah mengenai manajemen waktu. Disiplin diri menjadi barang yang berharga bukan hanya di bisnis internet, namun juga dalam segala bidang pekerjaan yang Anda tekuni. Semoga sharing kali ini bermanfaat buat Anda.

4×4=16
Mohon maaf komentar belum sempat balas

Enjoy Blogging, Enjoy Writing!

18 Replies to “Duh, Gue Males Kerjain Proyek Yang Satu Ini!”

  1. Mantap…
    Ini masalah kok bisa mirip dengan yang saya alami…
    Follow up gak kunjung rampung yang satu minta cepet selesai…
    wkwkwk….
    Yang penting ada solusi…

  2. Wew… keren mas!!
    Semuanya bener dan pernah saya alami…
    Apapun itu tidak ada yang mudah dan instan, harus di lakukan perlahan dan terus-menerus…
    dan akhirnya, menikmati hasil kerja keras itu penting! biar semangat menghadapi proyek berikutnya.. πŸ˜€

  3. Marketing berlaku di lini bisnis manapun ya mas… Prospek terus, follow up berkelanjutan, tapi hasil pasti sesuai dan berbanding lurus dengan usaha kita… Makin rajin makin banyak membuka peluang, hasil pasti maksimal…

  4. Nce artikel mas. Beberapa point di atas sudah pernah saya lakukan.
    Menyenangkan sekali. Terutama di point terakhir, perayaan keberhasilan dari jerih payah kita πŸ™‚

  5. Artikel yang bagus. Saya berusaha menikmati pekerjaan, di kantor maupun belajar ngeblog. Alhamdulillah masih enjoy keduanya. Semoga konsisten.

  6. Its similar to you read my mind! You appear to know such a lot related to this, just like you wrote the book in it or something. I do believe that you could do with some pics to drive your message home a bit, but in addition to that, this is excellent blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *