Energi Eksternal Yang Tidak Eternal

Pada posting sebelumnya saya sedikit membahas energi internal yang turut mendukung sebagian besar aktifitas ngeblog para blogger. Energi yang berwujud motivasi diri tersebut terbukti menjadi asset penting bagi kelanjutan karir ngeblog seseorang. Namun, tak lengkap rasanya bila tidak saya tulis lawan kata internal, yaitu eksternal. Memangnya ada energi eksternal? Pasti ada dong. Sadar atau pun tidak sadar, ia ada dalam aktifitas ngeblog Anda sehari-hari. Coba kita pelajari bersama.

Kalau energi internal mengarah kepada semangat pantang menyerah yang dimiliki blogger, maka energi eksternal berupa dukungan dari pihak luar (diminta ataupun tidak diminta) yang turut memperlancar langkah-langkah Anda menapaki rimba blogosphere dengan segala tantangannya.

Contoh kasat mata misalnya: tersedia koneksi internet gratis buat ngeblog, PC gratis (numpang online di kantor), dukungan modal dan moral dari keluarga, publikasi word of mouth dari kawan-kawan sebaya, perkembangan iklim modernisasi yang melahirkan Era Informasi dan sejumlah kemudahan yang membuat Anda lebih semangat dalam aktifitas online.

Selain itu, yang termasuk energi eksternal adalah colekan maut yang namanya backlink. Sudah bukan rahasia lagi, backlink adalah multivitamin yang ampuh untuk kesehatan sebuah blog. Sebuah backlink seringkali melahirkan artikel-artikel lanjutan yang mampu mendongkrak kepercayaan diri dan kemauan untuk membuktikan kemampuan terbaik yang dimiliki.

Kombinasi Eksternal dan Internal

Namanya saja energi eksternal ya tentu berasal dari luar diri Anda, sebaiknya Anda tidak boleh berharap mendapatkannya setiap saat. Karena pada akhirnya, motivasi dan komitmen Anda tetap menjadi motor utama jalannya aktifitas ngeblog.

Saya mau share sedikit nih. Saya merasa beruntung mempunyai kawan-kawan blogger seperti Lutvi Avandi dan Arief Maulana yang ringan tangan membantu publikasi Free Ebook 3 Langkah Menjadi Seleblogger. Meski terkesan ada unsur KKN dan propinsialisme, saya tidak malu mengatakan bahwa bantuan energi eksternal yang saya dapatkan dari mereka jauh lebih besar dari nyali saya semula.

Tanpa mengurangi rasa hormat dan ucapan terima kasih kepada mereka berdua, saya juga segera tersadar bahwa saya tidak boleh terlalu lama berlarut dalam euforia ini. Saya yakin energi yang saya dapatkan dari luar bersifat sementara. Paling-paling bulan depan sudah drop lagi. Selebihnya, nasib blog tetap bergantung keseriusan saya menulis dan mengelola artikel sebagai wujud aktualisasi diri.

Pada akhirnya, langkah paling bijak adalah menggabungkan dua kekuatan ini sebagai penggerak dinamisasi blog Anda. Tetaplah mempertahankan energi internal yang Anda miliki dengan memupuk motivasi diri dan menambah referensi bidang yang Anda tekun. Sambil sekali waktu cobalah membangun peluang kemungkinan meraih energi eksternal yang terbukti efektif mendukung pembentukan personal branding seseorang.

Ngomong-ngomong, Anda pernah dicolek sama kawan blogger yang mana nih? Silakan dibagi pengalamannya disini.

6 Replies to “Energi Eksternal Yang Tidak Eternal”

  1. hey there and thank you for your info – I’ve definitely picked up something new from right here. I did however expertise several technical points using this website, since I experienced to reload the web site lots of times previous to I could get it to load correctly. I had been wondering if your web host is OK? Not that I’m complaining, but sluggish loading instances times will sometimes affect your placement in google and can damage your quality score if advertising and marketing with Adwords. Well I’m adding this RSS to my e-mail and can look out for a lot more of your respective fascinating content. Ensure that you update this again very soon..

  2. Attractive section of content. I just stumbled upon your blog and in accession capital to assert that I get actually enjoyed account your blog posts. Any way I’ll be subscribing to your feeds and even I achievement you access consistently quickly.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *