Gangguan-gangguan Yang Menyenangkan

Sebuah blog mengalami kevakuman selama seminggu terakhir. Tidak ada artikel baru diterbitkan. Apakah ini artinya motivasi ngeblog sudah hilang? Belum tentu. Bisa jadi si pemilik blog sudah mati-matian mencari ide artikel tapi belum menemukan topik yang tepat.

Karena saat sedang asyik-asyiknya menulis artikel, seringkali kita dapati gangguan yang menyenangkan. Disebut gangguan karena kehadirannya tidak kita kehendaki atau kita lawan. Tapi ini juga menyenangkan. Meski gangguan, buka berarti membuat kita susah.

Apa saja gangguan-gangguan itu? Ini dia…

1. Situs Jejaring Sosial.

Ini adalah tantangan terbesar seorang blogger. Kehadiran Facebook, Twitter, Foursquare, MyPulau dan sejenisnya benar-benar mewabah. Dan kebanyakan blogger takluk pada sosmed, termasuk saya juga. Sekarang saya tanya, siapa diantara Anda semua yang tidak punya akun fesbuk atau twitter? Saya pastikan 99 persen blogger punya.

Memang mengasyikkan bisa chit chat dengan teman-teman dari berbagai belahan dunia. Saling komentar dan nge-tag foto. Kalau diturutin bisa sampai tengah malam nggak berhenti update status. Ujung-ujungnya adalah lupa waktu jadwal publikasi tulisan.

Nah, yang paling parah adalah kalau seorang blogger nggak benar-benar niat ngeblog, saat ide mengalami kebuntuan yang berkepanjangan, bisa jadi dia akan segera pensiun dini sebagai blogger. Tentu Anda pernah mendengar cerita seorang blogger yang menutup domainnya dan lebih suka tebar komentar di facebook. Nah lho…

2. Chatting.

Inilah salah satu alasan saya tidak menampilkan banner YM di blog ini. Bukannya sombong dan nggak mau bergaul, tapi keberadaannya ternyata malah tidak efektif. Saat sedang menulis draft artikel, tiba-tiba muncul sapaan dari seorang teman. Dan kalau diturutin, biasanya percakapan tidak jelas maksudnya.

Untuk saya pribadi, kalau mau membuka komunikasi intensif antar blogger, saya lebih suka memakai email daripada YM. Kesannya lebih serius dan nggak asal. Selain itu tidak ada paksaan untuk segera menjawabnya. Cocok untuk berkomunikasi dengan pebisnis online yang nggak punya banyak waktu.

3. Situs Download File Gratis.

File yang banyak dicari netter adalah lagu berformat MP3 dan video 3gp. Bisa jadi awalnya Anda berpikiran sekali-kali cari hiburan lagu-lagu terbaru kan nggak masalah. Apalagi seorang blogger, pasti nggak mau disebut blogger jadul yang nggak tahu perkembangan terkini dunia musik dan perfilman.

Saat pertama kali download mungkin nggak berpengaruh banyak. Tapi biasanya rasa penasaran kita menggiring pada satu kebiasaan unik. Anda akan selalu bertanya, lagu terbaru grup band X sudah ada file downloadnya nggak ya. Kalau HP saya bisa putar lagu itu pasti keren. Apalagi teman-teman belum ada yang punya. I’m the first…!

Dan ini akan menjadi candu yang tidak mudah dihilangkan. Anda akan terus menerus berburu lagu terbaru sampai lupa blog Anda sudah menagih tulisan baru. Kecuali kalau Anda memang bisnis jualan lagu MP3 10.000 dapat 6 lain lagi ceritanya. Hehehe…

4. Situs Dewasa.

Inilah godaan terbesar blogger pria. Saat pikiran suntuk dan nggak ada ide menulis, biasanya (kecuali yang nggak biasa…) tempat refreshingnya adalah situs 17+ yang menyajikan gambar dan video yang mengumbar nudisme.

Dalam buku Why Men Don’t Listen And Women Can’t Read Maps disebutkan bahwa hal yang paling melekat dalam otak pria normal adalah sex, kecuali yang nggak normal. Hehehe… Saya pikir hal ini tidak masalah, sepanjang masih bisa kontrol diri dan waktu.

Tapi jangan salah kira, keempat hal di atas bisa menjadi gangguan atau sebaliknya tergantung kita menyikapinya. Karena sering saya dapati bahwa ide posting bisa muncul dari sebuah update portal berita. Dan ini adalah sisi positifnya.

Menurut Anda bagaimana? Apakah proses menulis artikel selama ini merasa terganggu kehadiran 4 hal di atas?

11 Replies to “Gangguan-gangguan Yang Menyenangkan”

  1. Mohon maaf sedalam-dalamnya atas gangguan yang kadangkala saya buat lewat YM…
    Tp sejujurnya tidak ada maksud untuk mengganggu.

  2. Good post. I study something more difficult on totally different blogs everyday. It would always be stimulating to learn content material from other writers and practice just a little something from their store. I’d favor to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll offer you a hyperlink on your web blog. Thanks for sharing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *